• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Juli 2022

“Lada hitam banyak digunakan untuk penyedap rasa masakan. Bahan rempah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan baik untuk kesehatan otak.”

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Lada Hitam bagi KesehatanKaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Lada hitam yang punya nama latin Piper nigrum adalah buah yang banyak dijumpai di kawasan hutan tropis India. Rempah dengan warna hitam ini banyak digunakan sebagai penyedap rasa dan pengawet makanan. Namun, masyarakat zaman dahulu juga menggunakan lada hitam sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Lada hitam memiliki kandungan alkaloid alami yang dikenal dengan piperin. Senyawa ini memiliki peran penting untuk memberikan rasa pedas. Namun, manfaat piperin tidak hanya itu. Dengan bantuan banyak nutrisi lain, lada hitam menjadi salah satu jenis rempah yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Lada hitam mengandung sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang memberikan perlindungan pada sel di saluran pencernaan. Selain itu, ketiga sifat tersebut juga membantu menjaga kesehatan pada saluran cerna. Bahkan, tak sedikit orang yang menggunakan lada hitam sebagai obat diare tradisional berkat kandungan antibakterinya. 

Selain itu, lada hitam juga diyakini bisa membantu pelemasan dinding otot pada usus. Ini membuat rempah tersebut banyak digunakan sebagai obat perut kembung dan nyeri perut karena gas yang menumpuk pada usus. Sedangkan di organ lambung, lada hitam juga memiliki khasiat untuk memberikan stimulasi produksi asam lambung yang sangat penting dalam proses pencernaan makanan. 

  1. Mencegah Terjadinya Peradangan

Seperti dituliskan dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Science and Technology, lada hitam juga memiliki berbagai senyawa antiperadangan lain selain piperin. Sebut saja beta-caryophyllene dan limonene esensial yang membantu mencegah terjadinya peradangan kronis pada tubuh. 

Peradangan kronis menjadi masalah kesehatan yang harus segera mendapatkan penanganan. Sebab, gangguan ini juga menjadi faktor pemicu banyak kondisi lain, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan peradangan pada sendi.

  1. Baik untuk Otak

Kandungan piperin pada lada hitam ternyata punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan, termasuk menjaga kesehatan otak. Senyawa ini bahkan dikaitkan sebagai obat herbal untuk gejala masalah degeneratif, termasuk penyakit Parkinson dan Alzheimer. 

Beberapa studi yang dilakukan pada hewan dengan kondisi Alzheimer menunjukkan efektivitas senyawa piperin dalam peningkatan memori. Selain itu, efek senyawa ini juga ditemukan mengurangi terbentuknya plak amiloid yang berupa gumpalan dengan konsistensi padat dalam otak yang memiliki sifat merusak. Meski begitu, tetap perlu dilakukan studi lanjut pada manusia terkait manfaat tersebut.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat lada hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengendalikan kadar gula darah. Senyawa piperin yang bekerja sama dengan antioksidan pada rempah satu ini, diyakini dapat meningkatkan kapabilitas hormon insulin dalam mengendalikan kadar gula darah. Tentunya, ini menjadi kabar baik untuk pengidap diabetes tipe 2. 

Tak hanya itu, lada hitam juga disebutkan dapat mencegah kondisi resistensi insulin. Ini terjadi saat sel maupun jaringan tubuh mengalami kesulitan dalam memakai gula darah untuk energi. Manfaat ini juga membuat lada hitam menjadi jenis rempah yang baik untuk mengurangi risiko diabetes. 

  1. Melawan Pembentukan Sel Kanker

Manfaat lada hitam juga disebutkan baik untuk melawan pembentukan sel kanker. Ini berkat kandungan senyawa piperin dalam lada hitam yang disebut memiliki sifat antikanker. 

Memang belum dilakukan penelitian terhadap manusia terkait hal tersebut. Akan tetapi, studi kecil yang dilakukan pada tabung reaksi menunjukkan efektivitas senyawa piperin dalam memperlambat proses penggandaan sel kanker prostat, usus besar, dan payudara. Bahkan berujung pada kematian dari sel kanker tersebut 

Itulah tadi beberapa manfaat lada hitam untuk kesehatan. Meski begitu, konsumsinya juga tidak boleh berlebihan, dan harus dibarengi dengan menu makanan sehat dan pola hidup sehat yang konsisten. 

Konsumsi suplemen jika memang dibutuhkan, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen di Toko Kesehatan aplikasi Halodoc. Segera download aplikasi Halodoc di ponselmu, gratis lewat App Store maupun Play Store. 

Referensi:
National Library of Medicine. Journal of Food Science and Technology. Diakses pada 2022. Could essential oils of green and black pepper be used as food preservatives?
WebMD. Diakses pada 2022. Black Pepper: Health Benefits, Nutrition, and Uses.
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Science-Backed Health Benefits of Black Pepper.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Black Pepper?