• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Omega 3, Ini Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Omega 3, Ini Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Kaya Omega 3, Ini Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 November 2022

“Di balik ukurannya yang kecil, terkandung berbagai nutrisi baik dalam ikan teri. Berkat nutrisi tersebut, ada banyak manfaat ikan teri untuk kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan tiroid, mata, dan lain-lain.”

Kaya Omega 3, Ini Manfaat Ikan Teri untuk KesehatanKaya Omega 3, Ini Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang populer dan disukai banyak orang di Indonesia. Meskipun ukurannya kecil, ikan ini kaya akan berbagai nutrisi sehingga ada banyak manfaat ikan teri untuk kesehatan. Selain itu, ikan teri juga memiliki rasa yang enak dan sering diolah menjadi sambal yang nikmat dimakan, bahkan hanya dengan sepiring nasi hangat. 

Nah, bila kamu juga termasuk salah satu penyuka ikan teri, ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh bila mengonsumsi ikan tersebut secara tepat.

Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Tahukah kamu bahwa ikan teri memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan? Ikan yang memiliki aroma kuat ini mengandung vitamin B3 yang tinggi atau niasin, vitamin yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Mereka juga mengandung selenium dalam jumlah besar, mineral yang berperan dalam kesehatan jantung, tiroid, kekebalan tubuh, dan kesehatan tulang.

Ikan teri juga merupakan sumber mineral besi dan kalsium. Zat besi diperlukan tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru, sementara kalsium penting untuk tulang yang kuat.

Terlebih lagi, ikan teri kaya akan asam lemak omega-3. Faktanya, mereka juga dianggap sebagai ikan berminyak atau berlemak, seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel.

Nah, berkat kandungan nutrisinya tersebut, berikut manfaat ikan teri untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega 3 dan selenium pada ikan teri bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Asam lemak omega-3 bisa membantu memperbaiki tekanan darah, kolesterol, peradangan dan kadar trigliserida, serta fungsi pembuluh darah, dan aliran darah ke jantung yang akan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Sedangkan selenium memiliki kapasitas antioksidan yang bisa menurunkan stres oksidatif dan peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

2. Mencegah penyakit tiroid

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, kandungan selenium dalam ikan teri juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar yang ada di leher ini berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid untuk mengatur metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan selenium bisa menyebabkan masalah tiroid. 

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan selenium setiap hari, salah satunya dengan mengonsumsi ikan teri. Anak remaja dan orang dewasa membutuhkan 55 mikrogram selenium setiap hari. Satu porsi (1 ons) ikan teri mengandung 31 mikrogram selenium.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat ikan teri lainnya untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan mata.  Para ahli merekomendasikan agar pria mendapatkan 1,6 gram asam lemak omega-3 per hari, sedangkan wanita harus mendapatkan 1,1 gram. Nah, satu porsi ikan teri mengandung 0,45 gram omega-3 yang dikenal sebagai asam eicosapentaenoic (EPA) dan 0,77 gram asam docosahexaenoic (DHA). Studi sudah menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan omega-3 tersebut bisa mengurangi risiko kamu untuk mengalami degenerasi makula yang bisa merusak penglihatan.

4. Mencegah Alzheimer

Selain baik untuk jantung dan mata, asam lemak omega-3 juga penting untuk meningkatkan kesehatan otak. Dalam studi Harvard Medical School, para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak asam lemak omega-3 memiliki kadar protein beta-amyloid yang lebih rendah, daripada orang yang tidak mendapatkan cukup nutrisi tersebut. Protein beta-amyloid adalah penanda penyakit alzheimer. 

5. Kaya akan protein

Ikan teri juga kaya akan protein, yaitu sebanyak 13 gram dalam satu porsi. Nah, mengonsumsi makanan yang kaya akan protein bisa membantu kamu menurunkan berat badan, karena nutrisi tersebut membuat kamu merasa kenyang. Manfaat ikan teri juga bisa membantu mempertahankan massa tubuh tanpa lemak.

Itulah beberapa manfaat ikan teri untuk kesehatan. Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kamu dengan mengonsumsi suplemen vitamin. 

Nah, kamu bisa cek obat dan vitamin yang kamu inginkan dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Anchovies: Nutrients, Benefits, Downsides, and More.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Anchovies.