• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Serat, Ini 6 Manfaat Wijen bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Serat, Ini 6 Manfaat Wijen bagi Kesehatan Tubuh

Kaya Serat, Ini 6 Manfaat Wijen bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Agustus 2022

“Wijen merupakan salah satu biji-bijian yang sarat nutrisi, sehingga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, biji kecil ini perlu dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak dan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal.”

Kaya Serat, Ini 6 Manfaat Wijen bagi Kesehatan TubuhKaya Serat, Ini 6 Manfaat Wijen bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Wijen adalah biji kecil berwarna coklat keemasan yang sering digunakan sebagai pelengkap dalam beberapa menu makanan. Meskipun ukurannya kecil, tapi siapa sangka, biji yang memiliki nama latin Sesamum indicum L. ini ternyata penuh nutrisi, lho.

Biji wijen kaya akan protein, vitamin, mineral dan antioksidan, serta bisa memberikan asupan serat dan lemak sehat. Berkat kandungan nutrisinya yang kaya tersebut,  biji yang juga bisa diolah menjadi minyak ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahkan, sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat biji wijen yang optimal, kamu perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan secara rutin.

Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Berikut manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi wijen:

1. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi wijen secara teratur bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Sebab biji wijen kaya akan lemak tak jenuh ganda (sebanyak 41 persen), dan lemak tak jenuh tunggal (sebanyak 39 persen). 

Penelitian menunjukkan bahwa memperbanyak konsumsi jenis lemak sehat tersebut bisa membantu menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menariknya lagi, wijen juga mengandung dua jenis senyawa tanaman, lignan dan pitosterol, yang juga diduga bisa menurunkan kolesterol. 

2. Membantu Mengatasi Peradangan

Meskipun dalam tingkat yang rendah, peradangan yang berlangsung dalam jangka panjang berperan dalam banyak kondisi kronis, seperti obesitas dan kanker, serta penyakit jantung dan ginjal. 

Nah, dalam sebuah penelitian, orang dengan penyakit ginjal yang makan campuran biji rami, wijen, dan labu setiap hari selama 3 bulan, mengalami penurunan peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa wijen memiliki efek antiinflamasi. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat wijen tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Wijen, baik yang sudah dikuliti maupun yang tidak, kaya akan beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah kalsium yang banyak terdapat di kulit wijen. 

Namun, biji renyah ini juga mengandung senyawa alami, yaitu oksalat dan fitat, yang bisa mengurangi penyerapan mineral tersebut dalam tubuh. Nah, untuk menyiasati dampak dari senyawa tersebut, cobalah merendam atau memanggang wijen.

4. Kaya Antioksidan

Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa biji wijen dan minyaknya bisa memberikan dampak positif pada stres oksidatif, dan berpotensi untuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

Hal itu karena wijen mengandung senyawa fenolik, seperti lignan, yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Dengan mengurangi stres oksidatif, fenolik bisa membantu mencegah berbagai penyakit. Contohnya seperti penyakit kardiovaskular, kanker, dan penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

5. Membantu Mengobati Diabetes

Menurut penelitian, minyak biji wijen juga bisa meningkatkan efektivitas obat diabetes tipe 2 ketika dikonsumsi secara bersamaan. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit seumur hidup yang tidak memungkinkan tubuh untuk membuat insulin dengan cara yang seharusnya. 

Salah satu penyebab dari kondisi ini adalah kadar gula darah tinggi, yang disebut hiperglikemia. Nah, makan makanan sehat seperti wijen dapat membantu pengidap diabetes tipe 2, untuk mencapai target kadar gula darah mereka. Selain itu, antioksidan dalam minyak wijen juga mengurangi jumlah gula dalam darah tubuh.

6. Kaya akan Vitamin B

Tubuh kita tidak bisa menyimpan sebagian besar vitamin B, sehingga kita perlu mendapatkan asupan vitamin tersebut secara teratur dari makanan. Wijen merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin B. Dalam 30 gram wijen yang tidak dikupas mengandung B1 sebanyak 17 persen dari rekomendasi harian, B3 sebanyak 11 persen dari rekomendasi harian, dan vitamin B6 sebanyak 5 persen dari rekomendasi harian.

Vitamin B sangat berperan penting untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi yang bisa digunakan tubuh. Nutrisi tersebut juga mendukung pertumbuhan sel dan produksi sel darah merah. 

Nah, mengingat ada banyak manfaat wijen untuk kesehatan, kamu bisa mulai memasukkan biji kecil ini ke dalam makanan kamu sehari-hari. Bila kamu ingin memeriksakan kesehatan kamu,  tinggal buat janji di rumah sakit pilihan kamu saja melalui aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022.15 Health and Nutrition Benefits of Sesame Seeds.
WebMD. Diakses pada 2022.  Health Benefits of Sesame Seeds.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything to know about sesame seeds