Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Cegah Karang Gigi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Cegah Karang Gigi

Halodoc, Jakarta - Menyikat gigi setiap hari dapat mencegah kamu dari berbagai macam gangguan pada gigi. Di samping itu, menyikat gigi juga dapat mencegah munculnya karang gigi. Mencegah karang gigi penting untuk dilakukan karena jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada gigi dan mulut.

Meski sudah rajin merawat gigi, ternyata bakteri masih tetap dapat muncul pada gigi dan mulut seseorang. Ketika jumlah bakteri terlalu banyak dan bercampur dengan protein dari sisa makanan, karang gigi pun akan terbentuk. Hal ini dapat merusak gigi dan membuatnya berlubang. Cara apakah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya? Simak ulasan berikut!

Baca juga: Ini Alasan Karang Gigi Harus Dihilangkan

Cara Mencegah Karang Gigi

Tartar adalah mineral keras yang dapat menumpuk ketika plak tidak dibersihkan dengan baik dari gigi. Hal tersebut terbentuk ketika protein dari produk sampingan makanan membentuk tumpukan lengket yang disebut plak gigi. Walau begitu, pelindung gigi dapat mencegah pembentukan plak berlebihan.

Meski begitu, seseorang yang jarang menjaga kebersihan gigi akan mengalami penumpukan plak. Gigi kamu akan sulit untuk membendung hal tersebut, sehingga plak tersebut terus menempel. Plak tersebut membawa bakteri yang dapat merusak email gigi dan membuat gigi berlubang.

Masalah yang lebih besar terjadi ketika plak yang menempel pada gigi terus bertumpuk dan mengeras. Ketika mengeras, maka kamu akan mengalami pembentukan karang gigi. Saat terbentuk, kamu tidak dapat menghilangkannya hanya dengan menyikat gigi atau berkumur dengan pembersih mulut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, kamu juga bisa bertanya pada dokter di Halodoc, lho! Kamu bisa melakukan tanya jawab kapan dan di mana saja melalui smartphone-mu.

Saat karang gigi terbentuk, kamu juga dapat mengalami gigi keropos dan penyakit gusi permanen. Maka dari itu, pencegahan harus dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan tersebut. Berikut adalah beberapa cara mencegah karang gigi:

  1. Sikat Gigi Teratur

Salah satu cara untuk mencegah karang gigi adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Kamu harus menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit lamanya. Jika kamu melakukannya selama 30 detik, maka plak tidak akan hilang dari gigi. Pastikan kamu menyikat permukaan yang sulit dijangkau, seperti belakang gigi dan molar.

  1. Gunakan Sikat Gigi Elektronik

Menggunakan sikat gigi elektronik disebut juga sebagai cara untuk mencegah karang gigi. Dengan sikat gigi elektrik, kamu dapat menghilangkan plak dengan lebih baik dibandingkan cara manual. Walau begitu, gunakan sikat gigi elektrik yang sudah sesuai dengan standar dokter gigi.

Baca juga: Karang Gigi Bisa Buat Gigi Keropos, Benarkah?

  1. Pasta Gigi Berfluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat digunakan untuk mencegah pembentukan karang gigi. Kandungan fluoride pada pasta gigi dapat membantu memperbaiki kerusakan email yang dapat berkembang menjadi karang gigi. Selain itu, produk dengan zat triclosan dapat melawan bakteri pembentuk plak.

  1. Maksimalkan Benang Gigi

Cara yang paling baik untuk mencegah pembentukan karang gigi adalah dengan menggunakan benang gigi. Hal ini adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan plak antar gigi dan menjauhkan pembentukan karang gigi dari area yang sulit untuk dijangkau. 

  1. Obat Kumur

Setelah menyikat gigi, kamu dapat menggunakan obat kumur untuk hasil yang lebih maksimal. Hal ini dapat berguna untuk membunuh bakteri yang dapat membentuk plak. Jika tumpukan plak dibiarkan, karang gigi dapat terbentuk.

Baca juga: 4 Hal yang Terjadi Jika Karang Gigi Tidak Dibersihkan

Referensi:
WikiHow.Diakses pada 2019.How to Prevent Tartar
WebMD.Diakses pada 2019.What is Tartar? 6 Tips to Control Buildup