• Home
  • /
  • Kebiasaan untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Kebiasaan untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kebiasaan untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Halodoc, Jakarta - Sebenarnya, ada banyak sekali kelenjar keringat di dalam tubuh. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan keringat sebagai salah satu cara tubuh membuang zat sisa yang tidak lagi dibutuhkan. Namun, tahukah kamu kalau keringat itu seharusnya tidak berbau. Lalu, mengapa ada orang-orang, mungkin kamu salah satunya, yang memiliki masalah dengan bau ketiak? 

Sebenarnya, bau badan atau bau ketiak muncul karena bakteri yang ada di tubuh bertemu dan bercampur dengan keringat yang tidak berbau, lalu melakukan perkembangbiakan. Bau yang muncul adalah hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri yang ada di permukaan kulit tubuh. Munculnya masalah bau ketiak ini terjadi pada usia pubertas, ketika produksi hormon androgen mengalami peningkatan. 

Berbagai Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Menggunakan deodoran selalu cara menghilangkan bau ketiak yang dilakukan ketika dihadapkan pada masalah bau badan. Namun, kamu perlu mencukur bulu ketiak secara teratur, karena akan membuat keringat lebih cepat menguap dan pemecahan protein oleh bakteri menjadi sedikit lebih lama, sehingga bau ketiak tidak muncul. 

Baca juga: Bukan dengan Parfum, Ini Cara Jitu Hilangkan Bau Badan

Selain itu, masih ada lagi beberapa kebiasaan yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau ketiak? Apa saja? Berikut di antaranya:

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Jangan malas mandi, karena hal ini membantu tubuh menjadi lebih bersih dan bebas dari bau ketiak yang mengganggu. Ketika mandi, air dingin membantu membasuh keringat yang menempel pada tubuh dan mengurangi populasi bakteri yang ada pada kulit. Setidaknya, mandilah secara teratur, terlebih ketika cuaca sedang panas.

  • Pastikan Badan Kering 

Setelah mandi, keringkan badan dengan benar, sampai badan benar-benar kering. Gunakan handuk yang terbuat dari bahan yang mampu mengeringkan tubuh dengan sempurna, terlebih pada daerah yang rawan berkeringat seperti ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak ini harus diketahui, karena bakteri akan sulit berkembang biak pada kondisi kulit yang kering. 

  • Kenakan Pakaian yang Bersih

Jangan memakai pakaian lebih dari dua kali. Cuci pakaian dengan benar, pastikan pakaian berada dalam kondisi kering ketika kamu kenakan, dan sesuaikan pakaian yang kamu gunakan dengan aktivitas yang kamu jalani. Bahan pakaian dari wol, katun, dan sutra disarankan untuk digunakan pada aktivitas harian. Sementara ketika berolahraga, kenakan pakaian dengan bahan yang bersifat sintetis.

Baca juga: Hilangkan Bau Badan dengan Makanan Ini

  • Jaga Asupan Makanan

Tahukah kamu jika makanan pun turut berperan dalam menimbulkan bau tidak sedap pada tubuh dan ketiakmu? Terlebih untuk kamu yang gemar mengonsumsi makanan pedas, bawang putih, atau kari. Bawang putih, makanan pedas, dan kari bisa membuat keringat mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

  • Relaksasi

Keringat juga bisa terjadi sebagai dampak dari stres yang kamu alami. Jadi, cobalah kontrol stres dengan melakukan aktivitas relaksasi, seperti yoga atau meditasi. Dengan mengontrol stres, keluarnya keringat dari tubuh kamu pun bisa dikendalikan.

Baca juga: 6 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Kalau cara menghilangkan bau ketiak tadi masih belum mengusir aroma tidak sedap pada area ketiakmu, sudah saatnya kamu bertanya pada dokter cara tepat untuk mengatasinya. Kalau tidak sempat bertatap muka, kamu bisa tanya jawab lewat ponsel, tentu saja kamu harus punya aplikasi Halodoc, untuk berbicara dengan dokter yang akan memudahkan kamu bertanya jawab kapan saja. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Preventing Body Odor.
NHS Choices UK. Diakses pada 2019. Body Odor.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Sweating and Body Odor.