• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kebiasaan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Kebiasaan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Penyakit asam urat atau artritis gout (gout) adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang sendi-sendi tubuh, akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada dasarnya, bila dalam keadaan normal asam urat dapat larut dalam darah dan keluar melalui urine.

Namun, dalam kondisi tertentu tubuh dapat menghasilkan asam ini dalam jumlah berlebih, atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat. Nah, kondisi ini yang akan membuat asam urat akan menumpuk dalam tubuh. 

Pertanyaanya, apa saja makanan atau minuman pantangan asam urat yang mesti dihindari oleh pengidapnya? 

Baca juga: Sambiloto sebagai Obat Alami Atasi Asam Urat

1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Minuman dan makanan manis merupakan pantangan asam urat yang perlu dihindari pengidapnya. Meski tidak mengandung purin, minuman atau makanan tinggi fruktosa (gula dari sirup jagung) bisa menimbulkan masalah.

Tubuh dapat memecah fruktosa dan menghasilkan purin. Menurut studi, minuman bersoda yang dibuat dari fruktosa bisa berisiko tinggi memicu asam urat. Risiko asam urat bisa meningkat sekitar 85 persen, pada mereka yang mengonsumsi minuman bersoda lebih dari dua porsi per hari. 

2. Bayam

Sayur bayam adalah pantangan kedua yang mesti dihindari. Meski mengandung banyak serat dan nutrisi, tapi sayuran ini mengandung banyak purin yang bisa memicu keluhan asam urat pada pengidapnya. 

3. Jeroan

Beberapa jenis jeroan, seperti organ hati pada hewan memiliki kandungan purin yang tinggi. Selain hati, jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal juga menjadi pantangan asam urat yang perlu dihindari.

Baca juga: Cara Tepat Mencegah Asam Urat Kambuh

4. Makanan Berlemak 

Makanan pantangan asam urat lainnya, yaitu makanan berlemak. Hati-hati, makanan jenis ini bisa memicu kenaikan berat badan. Ketika berat badan meningkat, maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak insulin. Peningkatan kadar insulin ini bisa mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat. Alhasil, asam urat pun akan menumpuk dan mengendap dalam tubuh. 

5. Asparagus

Asparagus juga menjadi makanan pantangan asam urat. Meski mengandung tinggi folat dan kalium yang baik bagi tubuh, tapi asparagus harus dihindari para pengidap asam urat. Alasannya, asparagus memiliki kandungan purin tinggi, sebanyak 23 gram per 100 gram asparagu

6. Seafood

Makanan laut atau seafood seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi merupakan pantangan asam urat lainnya. Makanan jenis ini mengandung purin yang tinggi. Namun, ada beberapa jenis makanan laut yang masih bisa dikonsumsi. Contohnya ikan yang mengandung rendah purin seperti salmon. 

7. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan kadar asam urat. Akibatnya, daerah yang mengalami asam urat akan terasa nyeri dan tubuh akan dehidrasi.

Selain tujuh makanan atau minuman di atas, masih terdapat beragam pantangan asam urat yang mesti dihindari pengidapnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Baca juga: Buah Tomat Dapat Picu Penyakit Asam Urat, Ini Fakta Medisnya

Kenali Gejala Asam Urat

Sudah tahu gejala utama dari asam urat? Ketika menyerang seseorang, asam urat bakal menimbulkan rasa nyeri pada sendi-sendi tubuh. Namun, ada pula beberapa gejala penyakit asam urat lainnya yang mungkin dialami oleh pengidapnya, antara lain: 

  • Umumnya hanya satu atau beberapa sendi yang terpengaruh. Sendi yang sering terdampak umum jempol kaki, lutut, atau pergelangan kaki. Terkadang banyak persendian menjadi bengkak dan nyeri.
  • Sendi tampak merah dan terasa hangat, atau lembut dan membengkak.
  • Serangan pada sendi ini dapat hilang dalam beberapa hari, namun dapat kembali lagi dari waktu ke waktu. Serangan berikutnya sering kali bertahan lebih lama.
  • Rasa sakit mulai secara tiba-tiba, sering terjadi pada malam hari. Nyerinya sering kali menjadi parah, seperti berdenyut, terasa remuk, atau menyiksa.
  • Demam (tidak selalu).

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman pantangan asam yang perlu dihindari oleh pengidapnya. Yuk, terapkan pola makan yang sehat dan tepat agar gejala asam urat tidak sering kambuh.



Referensi:
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2021. Soft drinks, fructose consumption, and the risk of gout in men: prospective cohort study
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021.Gout
Arthritis Foundation. Diakses pada 2021. Gout Diet: Dos and Don’ts
WebMd. Diakses pada 2021. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid