• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sebabkan Gangguan Lambung

Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sebabkan Gangguan Lambung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sebabkan Gangguan Lambung

Halodoc, Jakarta – Kamu pasti sadar bahwa saat gangguan lambung terjadi, ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, menjaga sistem pencernaan terutama lambung adalah hal yang perlu kamu perhatikan. Apalagi banyak juga pengidap gangguan lambung seperti dispepsia, asam lambung, atau tukak lambung. Jika kamu mengidap penyakit ini, kamu harus benar-benar menjalankan pola hidup sehat. 

Namun, ada juga beberapa hal yang tanpa disadari juga bisa menyebabkan gangguan lambung. Apa saja kah kebiasaan tersebut, berikut ulasannya!

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Lambung

Kebiasaan Penyebab Gangguan Lambung

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang ternyata bisa picu gangguan lambung: 

Pola Makan Tidak Sehat

Kebiasaan mengonsumsi makanan olahan, junk food, atau pola makan tinggi karbohidrat, gula, garam, makanan pedas, dan makanan penuh lemak nyatanya juga bisa menyebabkan sistem pencernaan tidak sehat. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut rendah nutrisi, serat, dan kandungan air, sehingga mereka bisa memperlambat proses pencernaan dan membuat perut jadi kembung dan menghasilkan banyak gas.

Gangguan Lambung Akibat Makan Berlebihan

Saat lapar atau usai berpuasa, banyak yang tidak sadar bahwa mereka telah banyak makan. Padahal makan berlebihan dapat memperlambat proses pencernaan. Artinya makanan tetap berada di perut untuk jangka waktu yang lebih lama dan cenderung berubah menjadi lemak. Alhasil, ini membuat makanan rusak dan tidak bisa dicerna dengan baik. Kemudian kondisi ini bisa memicu banyak masalah seperti mulas, refluks asam, muntah, dan mual. 

Berbaring Setelah Makan

Apakah kamu masih sering makan saat larut malam? Atau apakah kamu suka berbaring setelah makan? Kalau iya, mungkin ini yang bisa memicu asam lambung naik. Saat kamu berbaring, tubuh jadi tidak lagi memiliki manfaat gravitasi untuk membantu menjaga isi perut tetap ada di perut. Jadi saat kamu berbaring, makanan yang dikonsumsi berisiko bocor melalui sfingter esofagus. 

Jadi, hindari makan sebelum tidur apalagi langsung berbaring setelah kamu makan. Jika kamu terpaksa harus berbaring, usahakan berbaring ke sisi kiri atau mengangkat tubuh bagian atas supaya membantu menjaga isi perut tetap berada di tempatnya.

Baca juga: Jangan Sepelekan 3 Bahaya Akibat Asam Lambung

Kurang Minum Air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama gangguan sistem pencernaan karena ia bisa memicu sembelit, gastritis, dan refluks asam. Kondisi ini membuat lambung tidak memiliki cukup air untuk memproduksi asam pencernaan. Penelitian menunjukkan, minum 8 hingga 10 gelas air per hari dapat membantu membatasi gejala serius akibat refluks asam.

Tidak Ada Jeda antara Makan dengan Olahraga

Saat melakukan olahraga rutin, kamu akan mendapatkan manfaat pada sistem pencernaan. Namun, jika kamu melakukannya dengan cara yang salah, ia bisa memicu masalah baru. Jika kamu tidak memiliki jeda waktu antara makan dengan olahraga, maka ini bisa menyebabkan sakit maag, sakit perut, muntah, dan kelelahan.

Kurang Tidur Juga Sebabkan Gangguan Lambung

Kurang tidur nyatanya bisa menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux, sindrom iritasi usus besar, dan dispepsia fungsional. Penyakit ini berkaitan dengan sistem pencernaan yang tidak sehat. Tidur yang buruk akan sangat berdampak negatif pada mikrobioma usus yang pada gilirannya akan  menyebabkan masalah pencernaan dan kesehatan secara umum.

Baca juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Itulah beberapa hal sepele yang bisa menjadi penyebab gangguan lambung. Jadi, pastikan agar kamu menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas. Namun, jika kamu masih ingin dapat saran dokter mengenai kondisi lambung yang kamu alami, kamu bisa tanyakan dokter di Halodoc, kapan dan di mana saja. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter hanya melalui genggaman!

Referensi:
Gastroenterology Consultants. Diakses pada 2021. 7 Bad Eating Habits That Cause Indigestion, Acid Reflux and Stomach Bloating.
Health. Diakses pada 2021. 7 Daily Habits That Can Halt Heartburn.
Healthline. Diakses pada 2021. Stomach Conditions.