01 April 2019

Alami Kebotakan di Usia Muda, Inilah Penyebabnya

penyebab kebotakan

Halodoc, Jakarta - Rambut adalah mahkota, terutama bagi wanita. Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun, jika kerontokan tersebut terjadi sebanyak 50-100 helai rambut per harinya, bisa jadi ini merupakan tanda kalau ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Selain itu, kerontokan juga jadi pemicu kebotakan pada seseorang.

Kebotakan menjadi masalah kesehatan rambut yang sering dikeluhkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang berusia 40 tahun. Namun saat ini, kebotakan bahkan bisa dialami oleh orang-orang di usia muda, dan kebanyakan kebotakan ini terjadi pada laki-laki.

Baca juga: 6 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Apa yang jadi penyebab kebotakan di usia muda ini?

  • Kurang Nutrisi

Kurangnya asupan protein pada tubuh akan membuat protein yang tersedia berusaha untuk memenuhi keperluan lain pada tubuh, sehingga membuat rambut kehilangan nutrisinya. Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Karena rambut terdiri dari protein yang disebut keratin.

  • Stres

Stres bisa menyebabkan kebotakan di usia muda. Pasalnya, stres akan mengacaukan dan menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Mengonsumsi Alkohol

Alkohol akan menyerap zat besi dalam tubuh dan menghambat penyerapan zinc. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi dan menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting. Karena seperempat rambut mengandung air, alkohol yang berlebihan akan membuatnya rapuh dan gampang rontok.

  • Merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut dan mengurangi nutrisi untuk rambut.

Selain beberapa hal di atas, kebotakan bisa terjadi karena gejala suatu penyakit. Salah satunya ALS, yaitu penyakit pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan otot.

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Untuk merawat rambut, cara yang paling mudah hanya dengan keramas menggunakan sampo yang cocok. Namun, jika hanya menggunakan sampo saja tidak cukup, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai upaya pencegahan kebotakan di usia muda.

  • Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Pada kulit kepala terdapat minyak alami yang dihasilkan untuk menjaga kelembapan alami rambut dan kulit kepala. Nah, minyak ini dihasilkan dari makanan yang kamu konsumsi.

  • Jangan keramas setiap hari, karena minyak alami rambut yang akan menjaga rambut dari kerontokan akan terjebak di dalam kepala dan membuat rambut jadi kering. Nah, agar rambut tetap sehat dan enggak kering, kamu cukup keramas tiga kali dalam seminggu.

  • Mandi dengan air hangat juga bisa mencegah rambut rontok. Jangan terlalu sering mandi dengan air hangat, ya! Karena kalau terlalu sering membersihkan kepala pakai air hangat akan membuat pori-pori di kulit kepala terbuka, sehingga mudah dimasuki oleh kotoran.

  • Jangan lupa pakai pelembap rambut setelah keramas. Pelembap rambut akan mengembalikan kelembapan rambut dan kulit kepala. Pelembap juga membuat rambut gampang diatur dan enggak kusut.

Baca juga: Rambut Banyak Rontok? Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok

Kamu ingin tahu tips-tips kecantikan dan kesehatan lainnya? Halodoc bisa jadi solusinya. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!