• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kedinginan saat Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

Kedinginan saat Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu terbangun dari tidur karena menggigil? Atau suhu tubuh terasa sangat dingin saat bagun tidur pada pagi hari? Jangan panik! Hal itu nyatanya wajar dan terjadi secara alami. Saat tidur, tubuh manusia melakukan penyesuaian dengan cara menurunkan suhu agar membantu tidur lebih nyenyak. Suhu tubuh terus turun selama tidur, sampai beberapa jam sebelum bangun. Tingkat paling rendah suhu tubuh ada di sekitar jam 4–5 pagi. 

Nah, menjelang waktu bangun tidur, suhu tubuh akan kembali naik dengan sendirinya. Namun, proses pengembalian suhu tubuh menjadi normal biasanya tidak terjadi dalam waktu cepat. Hal itu yang menjadi penyebab kamu mungkin masih merasa kedinginan pada saat bangun tidur. Ada faktor yang memengaruhi proses pengaturan suhu dalam tubuh, yaitu ritme sirkadian. Biar lebih jelas, simak pembahasannya di bawah ini! 

Baca juga: Sering Kedinginan? Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Penyebab Suhu Tubuh Lebih Dingin

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kedinginan saat bangun tidur, padahal cuaca tidak sedang hujan atau temperatur AC tidak terlalu rendah. Ternyata, hal itu bisa terjadi karena pengaturan suhu alami di dalam tubuh. Suhu tubuh akan turun untuk membantu tidur nyenyak dan kembali naik menjelang waktu bangun tidur. 

Proses pengaturan suhu tubuh ini bekerja sesuai dengan ritme sirkadian, yaitu sistem di dalam tubuh yang mengatur siklus tidur dan bangun. Ada kondisi yang menyebabkan ritme sirkadian terganggu, dan hal itu bisa memicu masalah pada kualitas tidur. Salah satu faktor yang memengaruhi ritme sirkadian adalah paparan cahaya biru pada tubuh yang jumlahnya menurun pada waktu malam hari atau menjelang tidur. 

Jumlah paparan cahaya pada tubuh memang akan lebih sedikit di malam hari, jika dibandingkan pada pagi hari atau siang hari. Hal itu kemudian menyebabkan ritme sirkadian memicu proses pelepasan hormon dan penurunan suhu tubuh. Kondisi ini memicu rasa kantuk, dan saat kamu tertidur suhu tubuh akan mulai menurun dan menjadi lebih dingin. Selain proses ini, ada berbagai kondisi lain yang bisa menyebabkan tubuh terasa dingin, di antaranya: 

1.Kurang Tidur

Durasi tidur yang kurang ternyata juga bisa menjadi salah satu pemicu badan terasa dingin. Sebab, kondisi ini bisa mengacaukan hipotalamus, yaitu bagian di otak yang berfungsi mengatur suhu tubuh. 

2.Dehidrasi

Dehidrasi juga mungkin terjadi pada saat tidur, sebab tubuh tidak minum dalam jangka waktu panjang. Ternyata, hal ini juga bisa memengaruhi suhu tubuh menjadi lebih dingin. Saat kurang asupan cairan, tubuh menjadi lebih sensitif terhadap suhu ekstrem. 

Baca juga: Berada di Suhu Panas Bikin Mimisan, Benarkah?

3.Gangguan Peredaran Darah

Rasa dingin pada tubuh juga bisa disebabkan oleh gangguan pada peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar bisa mengakibatkan rasa dingin pada area kaki dan tangan atau bahkan pada seluruh tubuh. 

Meski kondisi ini normal dan bisa terjadi secara alami, tetapi kedinginan sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Apalagi, jika kondisi ini terlalu sering muncul dan mengganggu. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika sering mengalami kedinginan ekstrem yang disertai dengan gejala lain. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Bisa Jadi Penyebab Tangan Dingin

Atau kamu bisa menghubungi dokter di aplikasi Halodoc untuk membicarakan seputar masalah kesehatan. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah Sampaikan keluhan yang dialami untuk mendapat rekomendasi terbaik dari dokter. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Terry Cralle. Diakses pada 2020. Why do We Feel Cold When we Wake up?
Sleep.org. Diakses pada 2020. Does Your Body Temperature Change While You Sleep?
Web MD. Diakses pada 2020. Why Am I Cold? 
Health. Diakses pada 2020. 10 Reasons You Feel Cold All The Time.