• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kelebihan Anjing sebagai Hewan Peliharaan

Kelebihan Anjing sebagai Hewan Peliharaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebelum memilih untuk memelihara anjing atau kucing, kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sejauh ini, anjing masih menjadi hewan favorit pertama di dunia yang dipilih untuk dipelihara. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan anjing lebih mudah untuk diajari dan dilatih ketimbang kucing. Sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ketahui alasan anjing mudah dilatih:

Baca juga: Inilah Bagian Tubuh Anjing yang Rentan Terkena Kutu

1. Anjing Lebih Mudah Memahami Perintah

Salah satu alasan anjing mudah dipelihara adalah lebih gampang dilatih ketimbang kucing. Anjing bisa diajari trik, sopan santun, perilaku, dan perintah. Hal-hal tersebut dilakukan untuk perlindungan dan keselamatan, kepatuhan, bahkan hiburan. Kucing dapat dilatih, tetapi saat mereka bosan, mereka akan melarikan diri.

2. Anjing Mampu Melindungi Pemilik

Alasan anjing mudah dipelihara selanjutnya adalah mampu melindungi pemilik. Anjing bukan hanya mampu melindungi pemilik saja, tetapi juga mampu menjaga rumahnya. Kucing tidak dapat melakukan hal yang sama. Kucing cenderung akan kabur saat ada orang yang tidak dikenali masuk ke dalam rumah. Sedangkan anjing, akan menggonggong untuk membangunkan pemilik rumah.

3. Anjing Penuh Loyalitas

Terkadang anjing lebih baik daripada kucing. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa anjing disebut sahabat manusia. Saat diajak berbicara, mereka akan memiringkan kepala, mencoba memahami setiap perkataan sembari mencoba membuat kamu merasa lebih baik saat sedang sedih. Sedangkan kucing, akan mengabaikan pemilik dan melanjutkan aktivitasnya.

Baca juga: Kucing Tidur Mendengkur, Awas Gangguan Pernapasan

4. Anjing Bisa Diajak Berolahraga Bersama

Alasan anjing mudah dipelihara selanjutnya adalah bisa diajak berolahraga bersama. Berbeda dengan kucing, anjing bisa diajak berolahraga seperti jogging di pagi atau sore hari. Hal tersebut merupakan salah satu latihan kardio yang bermanfaat bagi kesehatan dan kekuatan kaki, punggung bawah, dan bagian tengah tubuh. Kamu bisa mengajak anjing berjalan rata-rata sejauh satu mil per hari.

5. Anjing Memiliki Banyak Ukuran

Anjing memiliki banyak ukuran. Ini menjadi alasan anjing mudah dipelihara. Jika hanya memiliki tempat tinggal yang kecil, kamu bisa memelihara anjing ras mini. Namun jika halaman rumah kamu luas, silahkan memilih anjing ras besar. Besar kecilnya ukuran anjing dapat disesuaikan dengan tempat tinggal kamu.

6. Anjing Tidak Buang Air Sembarangan

Berbeda dengan kucing, anjing tidak suka buang air sembarangan. Ini menjadi alasan anjing mudah dipelihara selanjutnya. Kamu tidak memerlukan litter box sebagai tempat membuang kotoran. Anjing biasanya akan mengikuti jadwal buang air yang sama setiap hari. Biasanya mereka akan buang air di luar rumah saat diajak berjalan-jalan. Jika memilih memelihara kucing, ia cenderung suka buang air sembarangan jika tidak diajari toilet training sejak kecil.

Baca juga: 5 Tips Agar Aman Memelihara Anjing Bersama Balita

Itulah sejumlah alasan anjing mudah dilatih ketimbang kucing. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan hewan peliharaan, silahkan diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Hillspet.com. Diakses pada 2021. Cat vs. Dog: Which Is the Best Pet for Me?
Mylittleandlarge.com. Diakses pada 2021. Solid Reasons Dogs Are Better Than Cats.
Scmp.com. Diakses pada 2021. 13 Reasons Why Dogs are Better Than Cats.