• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kelompok Usia yang Rentan Terkena Penyakit Asam Urat

Kelompok Usia yang Rentan Terkena Penyakit Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernahkah persendian kamu terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan? Bisa jadi itu gejala penyakit asam urat. Penyebabnya adalah tingginya kadar asam urat dalam tubuh, yaitu 6,0 mg/dL pada wanita dan 7,0 mg/dL pada pria. Namun, penyakit asam urat lebih sering terjadi pada pria, daripada wanita, dan usia rentan terkena penyakit asam urat pun umumnya 30-50 tahun. 

Meski begitu, orang yang berusia lebih muda juga bisa terkena penyakit asam urat. Misalnya, mereka memiliki faktor genetik. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Pria

Tidak Ada Patokan Usia untuk Terkena Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat sering dianggap sebagai penyakit orang berusia lanjut. Padahal, sebenarnya penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, lho. Termasuk usia dewasa muda, hingga remaja. Namun, kasus penyakit asam urat pada remaja biasanya terjadi karena adanya faktor keturunan atau genetik. 

Awalnya, penyakit asam urat mungkin tidak menimbulkan gejala yang khas. Namun, jika kadar asam urat dalam tubuh terus meningkat, rasa nyeri dan bengkak di persendian akan terasa.

Seperti disebutkan di awal, pria lebih rentan terkena penyakit asam urat, ketimbang wanita. Terutama pria pada usia 30-50 tahun. Namun, wanita juga bisa mengalami peningkatan risiko penyakit asam urat setelah melewati fase menopause. 

Baca juga: Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Berbagai Hal yang Tingkatkan Risiko Penyakit Asam Urat

Bukan hanya usia yang jadi penentu seseorang bisa terkena penyakit asam urat. Melainkan gaya hidup yang tidak sehat, terutama mengonsumsi terlalu banyak makanan tinggi purin. Selain itu, ada juga beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi.

Berikut ini hal yang meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat:

1.Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tinggi Purin

Pemicu utama kambuhnya serangan penyakit asam urat adalah makanan dan minuman yang tinggi purin. Sebab, asupan purin dapat membuat kadar asam urat di tubuh meningkat. 

Adapun makanan dan minuman yang tinggi purin adalah:

  • Jeroan.
  • Makanan laut, seperti tuna, sarden, teri, dan kerang.
  • Sayuran tinggi purin, seperti bayam dan asparagus.
  • Daging merah.
  • Alkohol.
  • Minuman dan minuman tinggi gula.

2.Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Tubuh orang dengan berat badan berlebih cenderung menghasilkan lebih banyak insulin. 

Jika kadar insulin dalam tubuh terlalu banyak, kerja ginjal dalam membuang asam urat jadi terhambat. Pada akhirnya, asam urat yang tidak bisa terbuang itu akan menumpuk dan membentuk kristal di persendian. 

3.Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit asam urat. Pasalnya, asupan air yang cukup dapat membantu proses pembuangan asam urat berlebih dalam tubuh. Nah, jika kamu dehidrasi atau kekurangan cairan, pembuangan asam urat melalui urine jadi terhambat. 

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Asam Urat

4.Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Misalnya saja obat diuretik jenis thiazide dan beberapa obat lain yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi, seperti beta blockers dan ACE inhibitors, serta aspirin dalam dosis rendah.

Mengonsumsi obat diuretik jenis thiazide dalam jangka panjang dapat membuat kadar asam urat dalam tubuh semakin tinggi. Obat ini ini bisa membuat kamu lebih sering buang air sehingga mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Padahal, kekurangan cairan dapat menghambat proses pembuangan asam urat oleh ginjal. 

5.Mengidap Penyakit Tertentu

Ada beberapa penyakit yang bisa memengaruhi cara ginjal dalam menyaring asam urat, atau menyebabkan asam urat diproduksi lebih banyak, sehingga risiko terkena penyakit asam urat pun meningkat. Berikut ini di antaranya:

  • Penyakit ginjal kronis.
  • Diabetes. 
  • Psoriasis.

6.Faktor Genetik atau Keturunan

Faktor genetik atau keturunan juga berperan dalam peningkatan risiko penyakit asam urat. Jadi, jika orangtua, kakek, atau nenek kamu ada yang memiliki riwayat penyakit asam urat, ada kemungkinan kamu juga mengalami penyakit ini. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai kelompok usia yang rentan terkena penyakit asam urat dan berbagai hal yang meningkatkan risiko penyakit ini. Selalu jaga gaya hidup sehat, agar risiko penyakit asam urat bisa diminimalkan. Jika perlu beli obat dan vitamin, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mempermudah mendapatkan layanan kesehatan.

Referensi:
American Kidney Fund. Diakses pada 2021. Who is at risk for gout?
CDC. Diakses pada 2021. Gout. 
Creaky Joints. Diakses pada 2021. Gout Risk Factors and Causes You Need to Know About.