• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Kemampuan Fisik Balita 2-4 Tahun

Ini Kemampuan Fisik Balita 2-4 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Perkembangan fisik anak akan memberi mereka kemampuan untuk mengeksplorasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Perkembangan fisik balita dimulai dari otot tubuh yang bertambah kuat, dan gerakan yang terkoordinasi secara bertahap. Hal tersebut merupakan proses awal tumbuh kembang anak. Seiring dengan pertumbuhannya, jumlah dan jenis aktivitas fisik akan berubah.

Saat bayi, mereka akan cenderung menghabiskan waktu dengan tidur. Saat anak beranjak balita, mereka mulai belajar merangkak, berjalan, hingga mengeksplorasi lingkungan sekitar secara mandiri. Perkembangan fisik balita dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu cara mendidik, jenis mainan dan lingkungan sekitar. Hal-hal tersebut akan berujung pada terasahnya perkembangan keterampilan fisik mereka.

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Perkembangan Fisik Usia 2-4 Tahun

Fisik secara bahasa adalah jasmani, badan, atau tubuh. Sedangkan perkembangan fisik merupakan perubahan bentuk tubuh pada anak usia dini yang berpengaruh terhadap keterampilan gerak tubuh. Berikut perkembangan fisik balita di usia 2-4 tahun

Perkembangan Fisik Usia 2 Tahun

Di usia yang menginjak 2 tahun, anak akan semakin kreatif dan mulai mengeksplorasi berbagai hal. Mereka sudah sudah melewati tahapan berguling dan merangkak, serta mulai melancarkan berjalan dan berlari. Meskipun masih sering terjatuh, keseimbangan anak menjadi lebih konsisten dari sebelumnya. Berikut kegiatan yang mampu melatih perkembangan fisik balita di tahun ke duanya:

  • Bermain kejar-kejaran dan berpura-pura untuk menangkapnya.

  • Menceritakan tentang bagaimana binatang-binatang bergerak atau bersuara. Ibu dapat memberi contoh, kemudian Si Kecil akan mengikuti.

  • Bermain menggelindingkan bola dengan anak.

  • Membuat gelembung sabun dan minta Si Kecil untuk menangkapnya.

Baca juga: Ingin Si Kecil Sehat dan Pintar, Berikan 9 Makanan Ini

Perkembangan Fisik Usia 3 Tahun

Anak yang menginjak usia 3 tahun sudah memiliki koordinasi gerak tubuh yang lebih seimbang dari sebelumnya. Selain sudah mampu berjalan dengan baik, gerak tubuh mereka juga sudah lebih terkoordinasi dengan baik saat berlari, memanjat, serta aktivitas lain yang melibatkan otot besar pada tubuh. Mereka juga sudah bisa berjalan dalam satu garis lurus dan bergerak cepat melewati rintangan. Berikut kegiatan yang dapat membantu perkembangan fisik balita usia 3 tahun:

  • Letakkan hula hoop dan bola. Kemudian suruh anak untuk melempar bola ke dalam hula hoop tersebut.

  • Buat permainan berburu harta karun, dan ajak anak untuk menemukan benda-benda yang ibu sembunyikan.

  • Bermain lompat tali. Ibu bisa mengayunkan tali perlahan ke lantai dan minta anak untuk melompatinya.

Perkembangan Fisik Usia 4 Tahun

Anak berusia 4 tahun sudah mampu terlibat dalam permainan dan aktivitas jangka panjang. Si Kecil sudah terampil dalam berjalan, memanjat, melompat, bahkan berlari kencang. Mereka juga mampu melempar, menangkap, menendang, serta memantulkan bola dengan baik. Anak sudah mampu bergerak dalam ruangan tanpa menabrak benda di sekitarnya. Sudah mampu berdiri dengan satu kaki selama lebih dari 5 detik. Berikut kegiatan yang dapat membantu perkembangan fisik balita usia 4 tahun:

  • Ajak anak berolahraga dengan variasikan gerakan, seperti berjalan, berlari, jogging, atau berbaris.

  • Ajak anak bermain air di halaman belakang untuk menstimulasi anak menjadi lebih aktif.

  • Ajak anak bermain rintangan yang terdiri dari kotak kardus, mainan, atau benda-benda lain.

  • Ajak anak bermain bola dengan menendang, melempar, atau menangkap bola.

Baca juga: Ini Dampak Perselingkuhan Orangtua bagi Psikologis Anak

Saat anak mengalami tumbuh kembang yang lebih lambat dari anak sebayanya, diskusikan segera dengan dokter di aplikasi Halodoc guna menentukan langkah perawatan yang tepat ya, bu!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. 2-Year-Old Growth and Development Milestones.
Very Well Family. Diakses pada 2020. 3-Year-Old Growth and Development Milestones.
Very Well Family. Diakses pada 2020. 4-Year-Old Growth and Development Milestones.