Kena Asam Urat? Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kena Asam Urat? Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi

Halodoc, Jakarta – Untuk meringankan atau mencegah kambuhnya gejala, pengidap asam urat perlu benar-benar memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Sebab, ketika salah makan, asam urat bisa kambuh dan membuat pengidapnya sulit beraktivitas. 

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa asam urat atau gout merupakan penyakit sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan. Penyakit ini biasanya kambuh ketika pengidapnya mengonsumsi makanan tertentu, tepatnya yang kandungan purinnya tinggi, seperti jeroan dan makanan laut

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Asam Urat

Oleh karena itu, pengidap asam urat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang rendah purin. Batas aman kandungan purin yang bisa dikonsumsi pengidap asam urat adalah tidak lebih dari 100 miligram. Beberapa jenis makanan rendah purin yang aman dikonsumsi pengidap asam urat adalah:

  1. Buah-buahan. Semua jenis buah baik untuk dikonsumsi pengidap asam urat. Namun, buah yang paling disarankan adalah ceri. Sebab, buah ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

  2. Sayur-sayuran. Jenis sayuran yang paling aman bagi pengidap asam urat adalah kentang, kacang polong, jamur, terong, dan sayuran berdaun hijau gelap.

  3. Kacang-kacangan. Umumnya, semua kacang-kacangan baik disantap oleh pengidap asam urat.

  4. Biji-bijian utuh. Beras merah dan gandum merupakan jenis biji-bijian yang baik dan aman dikonsumsi pengidap asam urat.

  5. Produk susu. Jenis susu yang aman dikonsumsi pengidap asam urat adalah susu sapi atau susu protein hewani lainnya. Sementara susu yang berbahan kedelai sebaiknya dihindari. 

  6. Minyak nabati, seperti minyak kanola, kelapa, zaitun, dan rami.

Selain berbagai jenis makanan tadi, pengidap asam urat juga boleh mengonsumsi telur, teh hijau, dan rempah-rempah. Asupan vitamin C bagi pengidap asam urat juga perlu diperhatikan, karena vitamin ini dapat membantu turunkan kadar asam urat. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter di aplikasi Halodoc terlebih dahulu, tentang suplemen vitamin C apa yang cocok dengan diet dan rencana pengobatan asam urat kamu, ya.

Baca juga: Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Aturan Makan Lainnya yang Perlu Diperhatikan Pengidap Asam Urat

Di awal disebutkan bahwa pengidap asam urat sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti jeroan dan makanan laut. Namun, bagaimana dengan daging atau ikan tertentu? Pengidap asam urat boleh saja mengonsumsinya, kok. Asalkan dalam jumlah kecil dan tidak berlebihan. 

Untuk daging, pengidap asam urat hanya boleh mengonsumsi sebanyak 115-170 gram per minggu. Jenis daging yang boleh dikonsumsi adalah daging ayam, sapi, dan domba. Untuk ikan, pengidap asam urat bisa mengonsumsi ikan salmon segar. Sebab, salmon umumnya mengandung purin yang lebih rendah ketimbang jenis ikan lainnya. 

Penting juga untuk memperhatikan asupan cairan tubuh per harinya. Minumlah air putih secara cukup, untuk membantu cegah kambuhnya asam urat. Hindari konsumsi minuman manis, seperti soda, sirup, atau jus kemasan. Batasi juga konsumsi alkohol, bahkan kalau perlu hindari sama sekali. 

Baca juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Pria

Itulah beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam urat, dan aturan makan lainnya. Perlu diketahui bahwa memperhatikan asupan makanan sangat penting bagi pengidap asam urat, karena penyakit ini juga berkaitan dengan penyakit serius lainnya, seperti penyakit ginjal

Dengan menjaga kadar asam urat dalam batas normal akan membuat pengidap terhindar dari berbagai risiko komplikasi serius. Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga rutin dan tidur yang cukup.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Gout diet: What's allowed, what's not.