• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kena Flu Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bipolar, Mitos atau Fakta?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kena Flu Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bipolar, Mitos atau Fakta?

Kena Flu Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bipolar, Mitos atau Fakta?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Juni 2022

“Penelitian menemukan bahwa flu saat hamil bisa meningkatkan risiko bipolar pada anak. Oleh karena itu, penting untuk tidak menyepelekan penyakit ini.”

Kena Flu Saat Hamil Bisa Sebabkan Anak Bipolar, Mitos atau Fakta?

Halodoc, Jakarta – Flu saat hamil dapat membuat ibu merasa tidak nyaman. Terlebih, ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat. Namun, ternyata ada risiko serius lain yang mengintai jika mengalami kondisi ini, yaitu peningkatan risiko bipolar pada anak di kemudian hari.

Lantas, bagaimana bisa penyakit flu menjadi penyebab bipolar pada anak, ya? Hal ini ternyata pernah diteliti dalam sebuah penelitian. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Flu Saat Hamil dan Risiko Bipolar Anak

Setiap masalah kesehatan pada ibu hamil bisa berdampak pada janin. Bahkan untuk flu sekali pun, konon ia bisa memengaruhi kondisi psikologis anak di masa depan, lho. 

Sebuah penelitian yang didanai oleh National Institutes of Health dan dipublikasikan di jurnal JAMA Psychiatry pada 2013 mencoba membuktikan hal ini. 

Tim psikiater Alan Brown dari Columbia University menyatakan bahwa ibu hamil yang terkena flu akan berisiko memiliki bayi bipolar empat kali lebih besar. Hal ini jika dibandingkan dengan ibu yang tidak terkena flu saat hamil. 

Melansir laman Science Daily, peserta penelitian yang terlibat ini adalah ibu yang melahirkan antara tahun 1959 dan 1966 dan anak-anak mereka. Para peneliti menemukan 92 kasus gangguan bipolar dan membandingkannya dengan 722 orang yang cocok dalam hal terjadinya influenza ibu selama kehamilan.

Risiko ini sedikit lebih tinggi jika flu terjadi selama trimester kedua atau ketiga. Selain itu, para peneliti juga mengaitkan paparan flu dengan peningkatan hampir enam kali lipat pada subtipe gangguan bipolar dengan fitur psikotik.

Umumnya anak yang terkena bipolar ini akan didiagnosis pada saat usianya menginjak remaja hingga rentang usia awal 20-an. Ganggaun psikologis ini bisa menyebabkan seseorang mengalami perubahan suasana hati yang drastis. Misalnya dari perasaan bahagia tiba-tiba menjadi marah hingga sedih.

Namun, meski menemukan adanya peningkatan risiko bipolar akibat flu pada ibu hamil, hubungan sebab-akibat di antara keduanya masih belum bisa dipastikan. Penelitian lebih lanjut mengenai hal ini pun masih diperlukan.

Tips Perawatan Rumahan saat Flu

Meski ada temuan bahwa flu saat hamil bisa meningkatkan risiko bipolar pada anak, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, angka kasusnya cukup kecil, yang artinya hal ini tidak selalu terjadi.

Namun, bukan berarti ibu bisa meremehkan flu yang terjadi selama kehamilan, ya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penting untuk segera melakukan tindakan saat mengalami flu selama hamil.

Karena tidak boleh sembarangan minum obat, berikut ini beberapa tips perawatan rumahan yang bisa dicoba jika mengalami flu saat hamil:

  1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Flu biasanya terjadi karena pengaruh udara dingin atau pergantian musim. Nah, biasanya ketika udara udara dingin, ibu jadi lebih sering buang air kecil. Jadi sebaiknya tambah asupan cairan selama flu, terutama cairan hangat.

  1. Konsumsi Sup Hangat

Konsumsi makanan sehat membantu ibu untuk menjaga kondisi kesehatannya. Pilih sup hangat untuk memberikan kehangatan ke sekujur tubuh dan membantu mengurangi gejala flu dan batuk.

  1. Hirup Uap Panas

Cara ini dilakukan untuk mengurangi sakit kepala dan juga membersihkan hidung dari lendir. Kamu bisa menampung air panas dalam wadah lalu ambil handuk dan hirup uap panasnya. Sambil meletakkan kepala di atas uap panas dan menutupi bagian kepala.

  1. Minum Teh Masala

Teh asal India ini berisi rempah-rempah seperti cengkeh dan daun herbal lainnya. Teh masala merupakan bagian dari pengobatan tradisional di India untuk mengatasi rasa dingin pada wanita yang sedang hamil.

  1. Minum Teh Lemon dan Madu

Selain teh masala, ibu juga bisa mengonsumsi teh lemon dan madu hangat saat mengalami flu. 

Jika perawatan rumahan tidak membantu, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut yang tepat. Ibu juga bisa download Halodoc untuk berbicara pada dokter melalui chat kapan saja.

Referensi:
National Institute of Health. Diakses pada 2022. Flu In Pregnancy May Quadruple Child’s Risk For Bipolar Disorder.
WebMD. Diakses pada 2022. Study Sees Link Between Mom’s Flu, Bipolar Risk for Children.
The Bump. Diakses pada 2022.  How to Handle the Flu During Pregnancy.