11 October 2018

Kenalan dengan Diet Slim Fast untuk Raih Berat Badan Ideal

Kenalan dengan Diet Slim Fast untuk Raih Berat Badan Ideal

Halodoc, Jakarta - Banyak orang ingin mendapatkan tubuh ideal namun terkadang mereka enggan untuk melakukan olahraga. Diet menjadi salah satu cara untuk dapat menurunkan berat badan menuju angka yang ideal. Menurunkan berat badan bukan hanya untuk masalah penampilan, tapi juga untuk kesehatan.

Alasannya karena kebanyakan orang mengalami obesitas akan mengalami gangguan saat melakukan aktivitas seperti tubuh mudah lelah dan semacamnya. Nah, terdapat salah satu diet yang dikenal cukup ampuh untuk mendapatkan tubuh ideal. Diet tersebut adalah diet Slim Fast.

Apa itu Diet Slim Fast?

Diet Slim Fast berfokus dengan mengganti jenis makanan yang kamu konsumsi sehingga tubuh membakar cadangan lemak dalam tubuh dan kemudian berefek pada penurunan berat badan. Keri Gans, seorang juru bicara American Dietetic Association menyampaikan bahwa untuk melakukan diet ini, kamu mengonsumsi makanan ringan sebanyak tiga kali, kemudian diikuti dengan minuman shake atau camilan dalam bentuk bar sebanyak dua kali, dan satu lagi makanan normal.

Bagaimana Diet Slim Fast Bekerja?

Diet ini berlandaskan pada konsumsi kalori harian yang lebih rendah. Artinya, kamu harus siap untuk mengganti sarapan dan makan siang dengan minuman shake atau camilan berbentuk bar. Dengan begitu, asupan kalori akan berkurang tapi jangan takut kelaparan karena dasarnya makanan pengganti tersebut mengandung kalori meski sedikit jumlahnya.

Contoh Rencana Makanan yang akan Dikonsumsi saat Diet Slim Fast:

Jika kamu berminat dengan cara diet ini, sebaiknya perhatikan dulu rencana menu diet tersebut berikut ini:

  • Sarapan: Camilan dalam bentuk bar atau minuman shake

  • Camilan: Setengah buah pisang

  • Makan Siang: Camilan dalam bentuk bar atau minuman shake

  • Camilan: Apel berukuran sedang

  • Makan Malam: Salad dengan tambahan daging sapi

  • Camilan: Camilan dalam bentuk bar

Keuntungan dari Metode Diet Slim Fast

Keuntungan yang dapat diperoleh dari metode diet ini antara lain:

  • Membantu seseorang untuk melacak makanan dan camilan yang masuk ke dalam tubuhnya. Mereka menjadi lebih mudah untuk memilih makanan yang rendah kalori. Tidak ada batasan atau pilihan porsi pada menu, karena hal ini kembali lagi kepada target yang hendak kamu penuhi. Apabila kamu memiliki target untuk menurunkan berat badan dengan cepat, maka pilihan camilan dan makanannya wajib yang rendah kalori.

  • Selain itu, diet ini memaksa kamu untuk kreatif dalam memilih camilan dan makanan pendukung. Kamu merasa ditantang untuk mencari jenis camilan dan makanan sehat sehingga di kemudian hari kamu tetap bisa membuatnya lagi.

Kekurangan dari Metode Diet Slim Fast

Harus diakui diet ini belum tentu cocok untuk semua orang. Berikut ini beberapa kekurangan dari diet jenis ini:

  • Diet Ini Tidak Memiliki Cukup Makanan yang Nyata. Jika kamu telisik lagi, makanan yang akan dikonsumsi saat menjalankan diet ini kebanyakan adalah camilan bar, minuman shake atau buah, dan jarang makanan yang tinggi protein, mineral, vitamin, atau lemak. Meski sedang diet, kamu tidak boleh melupakan nutrisi lain dalam makanan utuh yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan supaya tidak gampang sakit.

  • Diet Ini Tidak Bikin Kenyang. Tidak semua orang akan merasa kenyang saat menjalani diet ini. Mereka yang masih masuk dalam tahap permulaan menjadi lebih sering melakukan pelanggaran sehingga diet ini kemungkinan gagal.

  • Membosankan. Kebanyakan orang menginginkan makanan utuh dan bukan makanan pengganti yang diusung metode diet ini. Hal itu dapat menimbulkan rasa bosan.

  • Biayanya Cukup Mahal. Membeli makanan pengganti seperti camilan bar atau minuman shake memiliki harga yang tidak murah. Bahkan biaya makanan pengganti ini dapat lebih mahal dari makanan utuh, sehingga kemungkinan orang tidak melakukan diet ini lagi.

  • Hanya Dapat Dilakukan untuk Jangka Pendek. Diet ini terbukti ampuh menurunkan berat badan, tapi diet ini terlihat sulit untuk dijadikan diet jangka panjang. Hal ini dipicu oleh biaya dari diet ini yang tidak murah, membosankan, dan berisiko terhadap kesehatan karena nutrisi yang masuk ke tubuh menjadi tidak optimal.

Kini semua tergantung kamu, jika dirasa berat badan harus dipangkas untuk alasan kesehatan ada baiknya metode diet Slim Fast ini dicoba terlebih dahulu. Kamu bisa bertanya langsung ke dokter ahli untuk merancang diet sehat demi menurunkan berat badan. Gampang caranya, kamu bisa berdiskusi melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: