Kenalan dengan Olahraga TRX dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenalan dengan Olahraga TRX dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar tentang olahraga TRX? Atau apakah kamu pernah mencobanya? Olahraga TRX memang sedang populer karena terbilang masih baru di Indonesia. TRX atau total body resistance adalah jenis olahraga untuk melatih kekuatan otot. Pada awalnya TRX dirancang untuk tentara militer Amerika Serikat yang membutuhkan olahraga dalam ruangan sempit. 

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Dengan regime olahraga ini, kamu memanfaatkan berat tubuh sendiri untuk membangun massa otot. Alat yang dibutuhkan untuk sesi latihan ini yaitu menggunakan seutas tali khusus. Berikut ini manfaat kesehatan yang bisa diperoleh melalui olahraga TRX.

Manfaat TRX untuk Kesehatan

Menurut para ahli, melakukan latihan TRX selama satu jam bisa membakar kalori kurang lebih 350-550 kalori, tergantung dengan masing-masing performa olahraga. Jadi, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, olahraga TRX membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini sudah terbukti mampu mengecilkan ukuran lingkar pinggang. Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh dari TRX, yaitu:

  1. Menurunkan Berat Badan

TRX menjadi pilihan latihan yang populer untuk menurunkan berat badan. Pada umumnya dalam 1 sesi latihan TRX yakni selama 60 menit membakar hingga 400 kalori, tetapi itu tergantung pada jenis latihan dan kondisi tubuh. Selain bisa menurunkan berat badan, TRX juga dapat menurunkan lingkar pinggang serta persentase lemak tubuh.

Selain melakukan olahraga, kamu perlu memerhatikan pola makan saat ingin menjalankan diet. Nah, agar diet yang kamu lakukan berjalan efektif, diskusikan dengan ahli gizi Halodoc untuk mencari tahu informasi seputar diet serta jenis-jenis makanan sehat yang bisa dipilih. Melalui aplikasi, kamu bisa bicara dengan ahli gizi kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

  1. Membentuk Otot

Bagi kamu, terutama laki-laki yang ingin membentuk otot, latihan TRX bisa menjadi pilihan yang tepat. Latihan TRX mengaplikasikan beban pada otot untuk memberikan sejumlah reaksi seperti penebalan massa otot, sehingga jumlah serat otot akan terbentuk. Kunci utama dari pembentukan otot adalah beban yang diberikan harus cukup signifikan agar otot dapat beradaptasi.

Bila latihan ini dilakukan dengan benar, TRX meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot, dan ketahanan otot bila dibandingkan dengan latihan otot biasa. Bukan cuma itu, latihan otot bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori, memperkuat tulang dan sendi, sampai memperbaiki laju tekanan darah.

  1. Bisa Dilakukan Oleh Semua Level

Kelebihan lain dari latihan TRX dibanding jenis latihan lainnya adalah kamu bisa memodifikasi intensitas sesi latihan hanya dengan mengubah posisi tubuh. Mengingat latihan TRX  mengandalkan bobot tubuh dan gaya gravitasi, pengubahan posisi tubuh tersebut dapat menambah atau mengurangi resistensi otot. Hal itu yang menjadikan latihan TRX dapat dilakukan mulai dari level amatir sampai atlet profesional.

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

Itulah manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh melalui latihan TRX. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Sebelum mencobanya, pastikan latihan yang kamu lakukan diawasi oleh profesional agar manfaat yang kamu peroleh maksimal dan terhindar dari cedera, ya!

Referensi :
Shape. Diakses pada 2019. New Study Shows TRX Is an Effective Total-Body Workout.
American Council on Exercise. Diakses pada 2019. Investigating the Acute and Chronic Health Benefits of TRX