• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 3 Jenis dan Manfaat Suplemen Fitness
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 3 Jenis dan Manfaat Suplemen Fitness

Kenali 3 Jenis dan Manfaat Suplemen Fitness

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Oktober 2022

“Ada berbagai macam jenis suplemen fitness yang bisa dipilih dengan manfaat yang berbeda-beda. Maka dari itu, perlu tahu jenis yang cocok untuk kamu konsumsi agar memberikan manfaat yang maksimal.”

Kenali 3 Jenis dan Manfaat Suplemen FitnessKenali 3 Jenis dan Manfaat Suplemen Fitness

Halodoc, Jakarta – Fitness adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan atau menambah massa otot. Untuk mendukung kesuksesan dari tujuan yang ingin dicapai, kamu perlu rutin untuk datang ke gym, mengonsumsi makanan yang sehat, serta jangan lupakan suplemen fitness.

Nah, ada banyak jenis suplemen fitness yang bisa dipilih, tergantung dari tujuan yang diinginkan. Maka dari itu, perlu tahu jenis yang cocok untuk dipilih untuk menyukseskan aktivitas ini.

Pilihan Suplemen Fitness untuk Mendukung Tujuan yang Diinginkan

Memang ada banyak sekali suplemen fitness yang bisa dipilih di pasaran saat ini dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Agar tidak salah pilih jika ingin fitness yang dilakukan sukses. Berikut beberapa daftar suplemen tersebut:

1. Beta-Alanin

Faktanya, beta-alanin adalah kandungan asam amino alami yang diproduksi di hati. Nah, nutrisi ini berguna untuk memproduksi carnosine, molekul yang berguna membantu tubuh dalam mengatur keasaman sel otot. 

Hal ini sangat penting untuk kinerja olahraga, serta melawan kelelahan. Selain itu, suplemen fitness ini juga dapat membantu protein pada sel otot untuk menggunakan kalsium, agar dapat berkontraksi dengan kuat dan efisien.

Batas konsumsi suplemen fitness ini antara 3,2-6,4 gram per hari untuk efektivitas. Pada seseorang dengan tubuh besar, disarankan mengonsumsi 4 x 1,6 gram untuk menjaga kestabilan tubuh. Konsumsi pada pagi hari, sebelum dan sesudah latihan, serta di malam hari.

2. Kreatin

Suplemen fitness lainnya adalah kreatin, bahkan telah terbukti efektif untuk mendukung kekuatan, ukuran, dan ketangguhan otot. Tubuh menggunakan kreatin untuk menghasilkan energi kimia ATP yang digunakan untuk menggerakkan otot saat berolahraga. 

Diketahui, cara ini dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa saat fitness. Nah, kreatin bisa dikonsumsi 20 gram per hari di fase awal untuk meningkatkan kadar kreatin pada otot. Namun, untuk jangka panjang, hal ini mungkin tidak dibutuhkan.

3. Protein Whey

Suplemen fitness yang paling terkenal untuk mendukung pembentukan otot adalah protein whey. Jenis protein ini kaya akan kandungan asam amino (BCAA), bermanfaat untuk meningkatkan sintesis protein pada otot, mengurangi pemecahan protein, serta mendukung pemulihan dari olahraga yang intens.

Meskipun kebutuhan protein bergantung pada intensitas latihan, tingkat kebugaran, dan massa tubuh, ternyata rekomendasi konsumsi suplemen fitness ini sekitar 20-40 gram untuk memaksimalkan sintesis protein.

Itulah beberapa suplemen fitness yang sangat baik dalam meningkatkan kebugaran dan pemulihan saat rutin berolahraga. Hal ini sangat baik untuk mempercepat tujuan yang ingin dicapai, terutama untuk memperbesar otot tubuh. Namun, kamu perlu menyiapkan ‘budget’ lebih untuk suplemen ini karena memang tidak murah.

Apabila masih memiliki kebingungan dalam memilih suplemen fitness, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
The Vitamin Shoppe. Diakses pada 2022. The 4 Types Of Fitness Supplements ‘The Muscle Ph.D.’ Recommends.
12 Keys Rehab. Diakses pada 2022. Fitness Supplements — The Types, Benefits and Dangers.