• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 3 Jenis Kolesterol dan Fungsinya untuk tubuh

Kenali 3 Jenis Kolesterol dan Fungsinya untuk tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kolesterol adalah kandungan yang identik menimbulkan gangguan saat memasuki tubuh. Kandungan tersebut kerap dihubungkan dengan beberapa makanan yang berlemak. Faktanya, tidak semua kandungan kolesterol dapat mengganggu kesehatan. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh dan fungsinya. Berikut pembahasan lebih jelasnya!

Beberapa Jenis Kolesterol pada Tubuh

Kolesterol merupakan salah satu jenis zat yang ditemukan pada semua sel di dalam tubuh. Komponen ini penting untuk melindungi setiap sel di dalam tubuh manusia. Tanpa adanya kolesterol, membran sel di dalam tubuh dapat dengan mudah untuk pecah. Kandungan ini juga dibutuhkan untuk pembuatan hormon berbasis steroid, terutama hormon seks, seperti testosteron dan progesteron.

Baca juga: Ini Perbedaan Jenis Kolesterol yang Harus Diketahui

Kolesterol juga memungkinkan tubuh untuk membentuk asam empedu. Hal ini berguna untuk membantu tubuh memecah lemak di saluran pencernaan agar dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, trigliserida juga dapat menjadi sumber energi yang penting bagi tubuh, terutama jika kadar glukosa sedang menurun.

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh, entah kandungan tersebut memberi dampak baik atau buruk. Berikut semua penjelasan yang dapat kamu ketahui:

1. Kolesterol LDL

Jenis kolesterol ini biasanya dianggap sebagai kolesterol yang "jahat" karena dapat berkontribusi terhadap penumpukan lemak di arteri (aterosklerosis). Seseorang yang memiliki kadar kolesterol ini terlalu banyak dapat mempersempit arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. 

Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan agar jenis kolesterol ini dapat dibatasi. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki kebiasaan makan dan berolahraga secara teratur.

2. Kolesterol HDL

Kolesterol HDL merupakan jenis kolesterol yang kerap dianggap sebagai kolesterol yang "baik". Hal ini disebabkan kandungan ini dapat membawa kolesterol LDL dari arteri dan kembali ke hati untuk dipecah dan dibuang dari tubuh. Meski begitu, jenis kolesterol ini tidak sepenuhnya dapat membuang kolesterol LDL. Diperkirakan paling maksimal hanya sepertiga dari total kolesterol buruk tersebut yang ada di tubuh.

Kadar kolesterol yang sehat dapat melindungi seseorang dari serangan jantung dan stroke. Sebuah penelitian menyatakan jika kadar kolesterol baik yang terlalu sedikit di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung. Dengan begitu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang sehat, layaknya sayur dan buah-buahan.

Baca juga: Ini 3 Jenis Kolesterol yang Mesti Diwaspadai

3. Trigliserida

Trigliserida juga termasuk jenis kolesterol yang paling umum berada di dalam tubuh. Kandungan ini dapat menyimpan energi yang berlebih dari makanan ketika masuk ke tubuh. Tingkat trigliserida yang tinggi dikombinasikan dengan kolesterol LDL terlalu banyak atau kolesterol HDL yang rendah dapat menyebabkan penumpukan lemak pada dinding arteri. Jika dibiarkan, risiko untuk mengalami serangan jantung dan stroke dapat meningkat.

Cara untuk menangani trigliserida yang terlalu tinggi mungkin sama seperti cara untuk mengurangi jenis kolesterol LDL, yaitu perubahan gaya hidup dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, menjaga berat badan tetap ideal, menghindari konsumsi alkohol berlebih, hingga rutin berolahraga.

Itulah pembahasan mengenai berbagai jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kamu harus benar-benar membatasi kolesterol LDL dan trigliserida pada tubuh di ambang minimal agar tidak menimbulkan gangguan yang berbahaya. Pastikan untuk lebih sering memeriksa kadar kolesterol di dalam tubuh secara rutin.

Baca juga: Ini Kadar Kolesterol yang Sehat Secara Medis

Selain itu, jika kamu ingin mengetahui jenis kolesterol yang sehat untuk tubuh dan jenis lainnya yang dapat menimbulkan dampak buruk, dokter dari Halodoc dapat menjawab semua hal yang kamu bingungkan. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari!

Referensi:
Heart. Diakses pada 2020. HDL (Good), LDL (Bad) Cholesterol and Triglycerides.
Kirby Medical Center. Diakses pada 2020. The Different Types of Cholesterol.