• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Manfaat Lele sebagai Menu MPASI Bayi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Manfaat Lele sebagai Menu MPASI Bayi

Kenali 4 Manfaat Lele sebagai Menu MPASI Bayi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 November 2022

“Ikan lele merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik sebagai menu MPASI bayi. Selain itu, ikan lele juga mengandung vitamin B12 dan hanya sedikit terkontaminasi merkuri.”

Kenali 4 Manfaat Lele sebagai Menu MPASI BayiKenali 4 Manfaat Lele sebagai Menu MPASI Bayi

Halodoc, Jakarta – Lele adalah jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan di pasaran. Ikan ini diketahui memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang menjadikannya bermanfaat untuk dikonsumsi. Asam lemak omega-3 pada ikan lele dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

Karena kandungan dan manfaat lele, banyak orang tua yang menjadikannya sebagai menu MPASI (makanan pendamping air susu ibu) untuk bayi. Ikan lele juga diketahui sebagai sumber protein yang bergizi. Lantas, apa saja manfaat lele sebagai menu MPASI bayi?

Manfaat Lele sebagai Menu MPASI Bayi

Berikut ini manfaat lele sebagai menu MPASI bayi yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Sebagai sumber asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat potensial dalam menjaga kesehatan jantung dan membantu fungsi otak yang baik. Manfaat tersebut tentunya juga diperlukan untuk bayi, demi perkembang jantung dan fungsi otaknya. Omega-3 dalam ikan lele ada dalam bentuk EPA (asam eikosapentanoa) dan DHA (Asam dokosaheksaenoat ), yang tersedia secara hayati, serta mudah diserap oleh sistem tubuh.

  1. Tidak atau sedikit kontaminasi merkuri

Kontaminasi merkuri pada ikan dan makanan laut bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan. Merkuri diketahui mudah menumpuk di dalam tubuh dan dapat menyebabkan neurotoksisitas dan gangguan perkembangan pada anak-anak. Jika ikan laut memiliki konsentrasi merkuri yang lebih banyak, maka tidak dengan ikan lele. 

Menurut penelitian Food and Drugs Administration (FDA), ikan lele hanya mengandung 0,024 PPM. Rata-rata kandungan merkuri pada Ikan lele bahkan lebih sedikit, dibandingkan pilihan ikan populer rendah merkuri seperti ikan makarel.

  1. Sumber protein yang baik

Protein sangat penting dan diperlukan untuk pertumbuhan bayi. Terlebih protein merupakan senyawa yang bertanggung jawab untuk produksi enzim dan hormon yang memengaruhi setiap fungsi tubuh. Nah, ikan lele diketahui memiliki pada protein yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi.

  1. Mengandung banyak vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin penting dan berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan otak, dan sintesis DNA. Perlu diwaspadai, bayi merupakan kelompok yang rentan terhadap defisiensi B12. Maka dari itu, ikan lele direkomendasikan sebagai menu MPASI bayi untuk membantu menyeimbangan kekurangan nutrisi lainnya.

Kapan dan Bagaimana Memperkenalkan Ikan pada Bayi 

Ikan mirip dengan makanan padat lainnya yang akan ibu berikan saat bayi MPASI. Menu ikan dapat dimasukkan ke dalam makanan setelah bayi berusia di atas 6 bulan. Namun, penting untuk memeriksa apakah bayi memiliki alergi ikan atau tidak. 

Dalam kasus alergi, sebaiknya ibu menunggu sampai usia Si Kecil delapan bulan, sehingga risiko alergi dapat diminimalisasi. Jika bayi sudah sering mengonsumsi menu buatan sendiri dan tidak ada reaksi apa pun dari tubuhnya, maka ibu bisa mencoba memasukkan ikan lele sedikit demi sedikit.

Setiap makanan baru harus diperkenalkan secara hati-hati. Hindari memberi makan bayi dengan berbagai jenis ikan secara bersamaan. Sebaiknya perkenalkan satu jenis ikan, kemudian perhatikan respon bayi atau kemungkinan efek samping pada dirinya.  

Penting juga untuk memastikan ikan bersih dari tulang sebelum menghaluskannya, dan memasukkannya ke makanan bayi. Jika ibu ingin tahu lebih banyak terkait MPASI bayi, tanyakan pada dokter spesialis anak di Halodoc untuk mendapatkan informasi yang tepat.  Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Introducing Your Baby to Fish
Style Craze. Diakses pada 2022. Catfish Nutrition Facts, Health Benefits, Recipes, And More
Very Well Family. Diakses pada 2022. When Can Babies Eat Fish?
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Fish for Babies – When to Introduce, Benefits and Recipes