• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Manfaat Masker Timun untuk Kesehatan Kulit

Kenali 4 Manfaat Masker Timun untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali 4 Manfaat Masker Timun untuk Kesehatan Kulit

“Timun menjadi salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Penggunaan masker timun dikenal dapat mengatasi jerawat, iritasi, mata bengkak, mata panda, hingga menghidrasi area wajah dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi air putih, berolahraga, dan mengelola stres dengan baik bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai buah dan sayuran yang ada di sekitarmu menjadi bahan alami untuk meningkatkan kesehatan kulit, salah satunya adalah timun.

Timun memiliki rasa yang tawar dengan kandungan air yang sangat tinggi. Hal ini membuat timun banyak dijadikan masker agar kesehatan kulit terjaga dengan baik. Yuk, simak lebih banyak manfaat masker timun dalam artikel ini!

Baca juga: Sering Ditemukan pada Acar, Apa Sebenarnya Manfaat Timun?

Manfaat Masker Timun untuk Kesehatan Kulit

Timun merupakan salah satu jenis buah yang kaya air, nutrisi dan rendah kalori. Dalam 300 gram timun mentah yang tidak dikupas, ada berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti serat, protein, vitamin K, C, magnesium, dan kalium. 

Untuk mendapatkan semua nutrisi yang terdapat dalam timun, sebaiknya jangan mengupas kulit timun saat akan mengonsumsinya. Namun, pastikan kamu mencuci timun dengan air mengalir yang bersih.

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam timun membuat timun menjadi salah satu bahan alami yang efektif untuk digunakan sebagai masker. Berikut ini manfaat masker timun untuk kesehatan kulit:

  1. Menghidrasi Kulit

Air menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Kamu wajib mengonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Selain mengonsumsi air putih, kamu juga bisa menggunakan masker timun pada wajah agar kulit tetap terhidrasi. Hal ini disebabkan timun memiliki kandungan air sebanyak 96 persen.

  1. Mengatasi Jerawat

Munculnya jerawat pada wajah membuat sebagian pengidapnya merasa tidak nyaman. Apalagi jika jerawat sedang meradang dan menyebabkan kemerahan pada wajah. Kamu bisa gunakan masker timun untuk membuat kulit wajah yang meradang lebih nyaman.

Kamu juga bisa menggunakan masker timun pada wajah untuk mengencangkan kulit dan membersihkan pori-pori. Dengan begitu, sebum, sel kulit mati, atau kotoran yang menumpuk pada pori-pori dapat dibersihkan sehingga mencegah munculnya jerawat.

Baca juga: Banyak Makan Timun Bisa Bantu Turunkan Darah Tinggi

  1. Mengatasi Mata Bengkak dan Mata Panda

Menggunakan masker timun pada area mata membantu kamu meredakan pembengkakan mata dan mengatasi mata panda, lho. 

Hal ini terjadi karena timun memiliki kandungan vitamin C dan tinggi antioksidan sehingga bisa mengurangi pembengkakan mata dan mengatasi efek kelelahan pada mata.

Kandungan air pada timun juga membuat mata terlihat lebih segar dan melembapkan. Kondisi ini membuat mata terhindar dari munculnya garis-garis halus.

  1. Mengatasi Iritasi

Kandungan air pada timun dinilai mampu mengatasi iritasi pada kulit akibat sunburn atau gigitan serangga. Efek dingin yang terdapat dalam timun membuat iritasi menjadi lebih nyaman, menurunkan nyeri, dan mengatasi kemerahan.

Baca juga: Timun Bisa Mengatasi Tukak Lambung, Benarkah?

Itulah manfaat masker timun yang perlu diketahui. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan cari tahu penyebab gangguan kesehatan pada kulit yang kamu alami pada dokter kulit. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Eating Cucumber.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Health Benefits of Cucumber.

Healthline. Diakses pada 2021. Benefits of a Cucumber Face Mask and How to Make One.

Healthline. Diakses pada 2021. Do Cucumbers Improve Undereye Skin?