• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Anak

Kenali 4 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 September 2021
Kenali 4 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Anak

“Sawi putih sering dihidangkan dengan cara direbus atau dijadikan capcay. Tahukah kamu, ternyata jenis sayuran ini memiliki segudang kandungan nutrisi. Jika dikonsumsi, sayuran berwarna putih ini bisa memberi banyak manfaat kesehatan, terutama untuk anak. Sayuran ini bisa membantu mencegah konstipasi hingga menjaga kesehatan mata Si Kecil.

Halodoc, Jakarta – Sawi putih adalah jenis sayuran yang umum ditemui di pasar. Jenis sayuran ini sering dihidangkan dengan cara direbus atau dimasak bersama sayur-sayuran lain menjadi capcai. Selain memiliki rasa yang khas, sari berwarna putih ini ternyata juga kaya akan kandungan nutrisi, sehingga bisa memberi manfaat kesehatan jika dikonsumsi. 

Sebenarnya, semua orang bisa mendapatkan manfaat sehat dari jenis sayur yang satu ini. Namun, sawi putih mungkin akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, sebab memiliki beragam kandungan nutrisi. Tidak hanya itu, jenis makanan ini juga disebut memiliki kandungan kalori yang rendah, tetapi padat nutrisi. 

Baca juga: Perlukah Asupan Kalsium Tambahan untuk Anak?

Manfaat Sehat Sawi Putih yang Perlu Diketahui

Sawi putih bisa dimasukkan ke dalam menu makan sehat harian. Selain rendah kandungan kalori dan lemak, nyatanya makanan ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Sawi putih memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, serta beragam jenis vitamin. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin K, Vitamin E, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, serta zinc. 

Dengan segudang kandungan nutrisi yang dimiliki, jenis sayuran ini bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari konsumsi sawi putih? 

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Terjaga 

Salah satu kunci untuk tetap sehat adalah memiliki sistem kekebalan tubuh alias imunitas yang terjaga. Nah, konsumsi sawi putih bisa menjadi jawaban. Kandungan vitamin C dalam makanan ini disebut bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Kekebalan tubuh yang terjaga adalah bekal untuk menjalani hidup sehat, terutama pada anak-anak.

Baca juga: Mau Sehat & Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini!

  1. Kesehatan Mata Terjaga 

Bagi anak-anak, kesehatan mata yang terjaga adalah investasi penting. Pasalnya, banyak hal yang harus dipelajari dan dilakukan, tentu saja mata yang sehat adalah kunci. Nah, ibu bisa menambahkan sawi putih ke dalam menu makanan sehat anak untuk membantu menjaga kondisi matanya. Sebab, sayuran putih ini memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata.

  1. Mencegah Konstipasi 

Konstipasi alias susah buang air besar adalah hal yang sangat mengganggu, terutama bagi anak-anak. Maka dari itu, tindakan pencegahan adalah hal yang perlu dilakukan. Mengonsumsi sawi putih secara rutin bisa menjadi salah satu cara mencegah konstipasi atau sembelit. Hal ini berkat kandungan serat yang ada dalam sayur. Serat bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus, sehingga risiko sembelit menjadi lebih kecil. 

  1. Tulang Lebih Sehat 

Kandungan kalsium dan vitamin K juga bisa ditemukan dalam sawi putih. Hal itu membuat jenis sayuran ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Salah satu manfaat yang bisa didapat dari kedua kandungan nutrisi itu adalah menjaga kesehatan tulang, kepadatan tulang terjaga, serta mencegah risiko osteoporosis. 

Baca juga: Bukan Instan, Ini Makanan Sehat yang Tahan Lama

Selain mengonsumsi sawi putih atau makanan sehat lainnya, lengkapi usaha menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Biar lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc untuk membeli multivitamin atau produk kesehatan lain. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim ke rumah segera. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
United States Department of Agriculture. Diakses pada 2021. Cabbage, Chinese (Pak-choi), Raw.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Impressive Health Benefits of Cabbage.