• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Mei 2022

“Kadar kolesterol tinggi dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kondisi tersebut lebih umum dialami oleh wanita ketimbang pria dengan gejala kesemutan, lelah, nyeri pada rahang, dan lain-lain.”

Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Halodoc, Jakarta – Wanita memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi karena hormon estrogen di dalam tubuh. HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik bertugas untuk menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati. 

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Menurut jurnal Women’s cholesterol levels vary with phase of menstrual cycle, penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol pada wanita bervariasi tergantung pada fase siklus menstruasi karena perubahan kadar estrogen. 

Jika kadarnya terlalu tinggi, berikut ini sejumlah gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diwaspadai:

1. Kesemutan pada Kaki dan Tangan

kesemutan di kaki dan tangan

Tingginya kadar kolesterol pada tubuh dapat membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah pada saraf. Gangguan aliran darah tersebut akan menimbulkan sensasi kesemutan pada tangan dan kaki.

2. Mudah Merasa Lelah

mudah lelah

Gejala kolesterol tinggi pada wanita selanjutnya adalah mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan oleh munculnya plak di pembuluh darah yang menghambat aliran darah ke sel dan jaringan tubuh.

3. Sakit pada Rahang

sakit pada rahang

Sakit pada rahang muncul akibat terhambatnya suplai darah ke jantung atau otak. Hambatan tersebut terjadi karena munculnya plak pada pembuluh darah jantung atau otak.

4. Nyeri di Bagian Dada

nyeri dada

Nyeri ini terjadi akibat kolesterol mengendap pada aterosklerosis atau dinding arteri. Akibatnya, endapan atau plak tersebut akan mengurangi aliran darah melalui arteri, sehingga menimbulkan keluhan seperti nyeri dada.

5. Timbulnya Xanthoma

xanthoma

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang terakhir adalah munculnya xanthoma. Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan lemak yang berkembang di bawah kulit atau organ dalam tubuh.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diwaspadai. Jika mengalaminya, tanya dokter lewat aplikasi Halodoc, ya! Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, silahkan download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Why Cholesterol Matters for Women.
WebMD. Diakses pada 2022. Understanding Cholesterol Problems: Symptoms.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. High cholesterol.
National Institute of Health. Diakses pada 2022. Women’s cholesterol levels vary with phase of menstrual cycle.