• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Jenis Makanan yang Tinggi Kolesterol

Kenali 5 Jenis Makanan yang Tinggi Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Gaya hidup, terutama makanan yang dikonsumsi sehari-hari, sangat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Itulah sebabnya penting untuk memilih mana makanan yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan mana yang tidak. 

Kamu dikatakan memiliki kolesterol tinggi jika kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi dari 200 mg/dL. Meski punya fungsi penting dalam tubuh, kadar kolesterol yang berlebihan dapat memicu berbagai penyakit serius, terutama penyakit kardiovaskular. 

Baca juga: Inilah Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

Hindari Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi Ini

Pada dasarnya, lemak ada banyak jenisnya. Ada yang baik dan aman dikonsumsi, tetapi ada pula lemak yang jahat dan perlu dibatasi konsumsinya. Jadi, menghindari makanan pemicu kolesterol tinggi tak sekadar menghindari makanan yang mengandung lemak saja. 

Lemak baik umumnya berasal dari jenis asam lemak omega-3, monounsaturated fat, dan polyunsaturated fat. Berbagai lemak baik tersebut dapat didapatkan dari ikan salmon, ikan kembung, tahu, alpukat, dan minyak kanola.

Sementara itu, makanan yang perlu dihindari karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi adalah:

1.Makanan yang Mengandung Saturated Fat

Saturated fat adalah lemak yang banyak ditemukan di makanan hewani, seperti daging dan susu, serta gorengan, dan makanan kemasan. Beberapa contoh makanan yang mengandung saturated fat adalah adalah daging lemak, keju, susu tinggi lemak, mentega, es krim, dan minyak kelapa. 

Meski begitu, kamu tidak harus benar-benar menghindari makanan yang mengandung saturated fat. Kamu hanya perlu membatasi konsumsinya, agar kadar kolesterol dalam darah tidak meningkat.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Normal Saat Liburan

2.Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Makanan yang mengandung lemak trans sebisa mungkin harus dihindari, karena dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, dan di saat bersamaan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak trans adalah gorengan, pastry, biskuit, donat, burger, dan pizza.

3.Makanan Tinggi Garam

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi garam dapat berimbas buruk pada kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan garam yang tinggi biasanya ditemukan pada makanan olahan, makanan kemasan, makanan cepat saji, dan makanan ringan. 

4.Makanan Tinggi Gula

Jika tidak ingin kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, penting juga untuk membatasi asupan makanan tinggi gula. Makanan jenis ini juga bisa menyebabkan diabetes, obesitas, serta meningkatkan risiko serangan jantung. 

5.Minuman Beralkohol

Sering mengonsumsi minuman beralkohol? Hati-hati, kebiasaan ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan, yang secara tidak langsung meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Agar terhindar dari berbagai risiko tersebut, sebaiknya batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 2 gelas dalam sehari untuk pria, dan tidak lebih dari 1 gelas untuk wanita. 

Baca juga: Turunkan Kolesterol atau Berat Badan, Mana yang Lebih Penting?

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat memicu kolesterol tinggi. Selain dari makanan, penting juga untuk memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat. Misalnya, dengan melakukan olahraga rutin setiap harinya minimal 30 menit, menjaga berat badan ideal, hindari kebiasaan merokok, dan konsumsi minuman beralkohol.

Selain itu, penting juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin, termasuk menjalani cek kolesterol. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit untuk menjalani cek kolesterol, atau pesan layanan pemeriksaan laboratorium di rumah.

Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius di kemudian hari. Jadi, penting untuk senantiasa mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh dan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. 

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Lifestyle Coach Facilitation Guide: Post-Core - Fats - Saturated, Unsaturated, and Trans Fat.
Healthline. Diakses pada 2021. 11 High-Cholesterol Foods — Which to Eat, Which to Avoid.
Medline Plus. Diakses pada 2021. Cholesterol.
WebMD. Diakses pada 2021. Foods to Eat and Avoid for High Cholesterol.