• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Biji Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Biji Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali 5 Manfaat Biji Alpukat bagi Kesehatan Tubuh

“Bukan hanya daging buahnya saja yang kaya akan kandungan baik, bijinya pun memiliki banyak manfaat guna menunjang kesehatan tubuh. Lantas, apa saja yang menjadi manfaat biji alpukat?”

Halodoc, Jakarta – Daging alpukat yang lembut dan rasa yang nikmat membuat buah ini banyak disukai orang. Buah ini dinilai memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh. Namun, bagaimana dengan bijinya?

Faktanya, biji alpukat juga baik dikonsumsi, lo. Jadi, mulai sekarang jangan membuang biji alpukat setelah mengonsumsi dagingnya, ya. Berikut ini beberapa manfaat biji alpukat yang tidak boleh kamu lewati:

Baca juga: Alpukat Mentega Lebih Baik dari Alpukat Biasa, Benarkah?

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat yang satu ini terjadi karena antioksidan dari senyawa fenol di dalam biji alpukat. Bukan hanya menurunkan kolesterol jahat saja, biji alpukat juga berperan dalam meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

2. Membantu Mengontrol Gula Darah

Manfaat biji alpukat selanjutnya adalah membantu mengontrol gula darah. Manfaat tersebut dirasakan karena kandungan phytochemical bioaktif dalam biji alpukat yang mampu menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: Alasan Lansia Dianjurkan Makan Alpukat

3. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat biji alpukat selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Biji alpukat bekerja dengan mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah pun dapat mengalir dengan lancar.

4. Membantu Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat biji alpukat yang satu ini bisa dirasakan karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan sudah dikenal dapat mencegah peradangan dalam tubuh, hingga penyakit kronis seperti kanker.

5. Membantu Mencegah Alzheimer

Manfaat yang satu ini dapat dirasakan karena kandungan antioksidan dalam biji salak yang mampu menunjang kesehatan otak. Caranya dengan mencegah paparan radikal bebas pada otak, sehingga kerusakan oksidatif dapat dicegah.

Baca juga: Manfaat Alpukat untuk Pertumbuhan Anak

Begitu banyak manfaat kesehatan yang dapat kamu ambil jika rutin mengonsumsinya. Bagi pengidap alergi makanan tersebut, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Di samping itu, jika kamu ingin mengonsumsi suplemen atau vitamin guna menunjang kesehatan tubuh, silahkan download aplikasi Halodoc di sini terlebih dulu. Kemudian, cek kebutuhan suplemen atau vitamin di sini. Sangat praktis, bukan?

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Surfside Guardian. Diakses pada 2021. 10 Benefits of Avocado Seeds.

Healthline. Diakses pada 2021. Is It Safe and Healthy to Eat the Seed of an Avocado?