• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Anak

Kenali 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Anak

“Tak hanya manis dan lezat, manfaat madu bagi kesehatan tubuh anak juga sangat banyak. Mulai dari mengatasi sakit tenggorokan, sakit perut, sakit gigi, kulit kering, hingga sariawan, bisa diatasi oleh madu sebagai pengobatan rumahan.”

Halodoc, Jakarta – Diekstrak dari nektar, madu bisa dibilang merupakan salah satu “hadiah alam” terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan anak dengan banyak cara. Untuk mendapatkan manfaat madu, ibu bisa menambahkan cairan manis dan kental ini ke dalam berbagai hidangan di menu makan anak.

Namun, perlu diingat bahwa madu tidak boleh diberikan pada Si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun, karena dapat menyebabkan infeksi bakteri Botulisme clostridium

Baca juga: Inilah Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Madu untuk Kesehatan Anak

Seperti dikatakan tadi, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anak. Berikut ini di antaranya:

  1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Madu adalah salah satu obat alami yang paling umum digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini karena madu mengandung vitamin dan mineral, serta memiliki sifat antibakteri, sehingga ampuh melawan infeksi bakteri penyebab sakit tenggorokan.

  1. Mengatasi Sakit Perut

Jangan dulu panik saat Si Kecil mengeluh sakit perut. Cobalah beri madu yang dicampur dengan air hangat. Sebab, madu dapat membantu meredakan rasa sakit dan meningkatkan metabolisme tubuh anak.

  1. Mengurangi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa diatasi dengan beberapa perawatan rumahan, salah satunya adalah dengan madu. Campurkan 5 sendok teh madu dengan satu sendok teh kayu manis bubuk, lalu oleskan ke area gigi yang sakit. Ini adalah pereda nyeri yang mungkin bisa membantu saat mengalami sakit gigi yang parah.

Baca juga: Benarkah Madu Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat?

  1. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat madu lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah mengatasi kulit kering. Caranya, campur madu dengan lemon atau lidah buaya, dan oleskan pada kulit anak yang kering. Oleskan campuran tersebut pada kulit secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Mengobati Sariawan

Sariawan dapat membuat anak rewel dan malas makan. Ibu bisa mengatasi masalah ini dengan mengoleskan madu yang dicampur sedikit kunyit bubuk ke area sariawan secara rutin. 

Itulah beberapa manfaat madu bagi kesehatan anak yang perlu diketahui. Dapat disimpulkan bahwa madu dapat dijadikan sebagai penanganan rumahan pertama ketika Si Kecil sakit.

Baca juga: Cara Membuat Masker Putih Telur dan Madu di Rumah

Namun, sebaiknya jangan hanya andalkan madu, atau menjadikannya sebagai pengganti pengobatan medis. Jika sakit anak berlanjut, segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter anak di rumah sakit, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2021. Honey for Kids – Health Benefits and Precautions.