• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Pernapasan Perut untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Pernapasan Perut untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali 5 Manfaat Pernapasan Perut untuk Kesehatan Tubuh

“Pernapasan perut adalah jenis pernapasan yang dilakukan dengan memanfaatkan otot perut atau diafragma. Jenis pernapasan ini merupakan dasar untuk melakukan meditasi. Tidak hanya itu, melakukan teknik pernapasan ini ternyata bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Halodoc, Jakarta – Pernapasan perut mungkin bukanlah jenis pernapasan yang biasa digunakan. Namun tahukah kamu, jenis pernapasan yang satu ini ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Secara umum, pernapasan yang juga disebut dengan pernapasan diafragma ini ternyata bisa membantu memperkuat otot diafragma. 

Saat melakukan pernapasan perut, otot yang digunakan adalah otot diafragma. Ada sejumlah manfaat yang disebut bisa didapat dari rutin melakukan latihan pernapasan ini, terutama untuk membantu proses meditasi atau olahraga yang berkaitan dengan pernapasan. Pernapasan perut disebut bisa membantu menurunkan stres, mengatur tekanan darah, serta baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Organ Pernapasan Manusia

Tips Melakukan Latihan Pernapasan Perut 

Melakukan latihan pernapasan perut disebut bisa memberi manfaat hampir ke seluruh bagian tubuh. Teknik ini merupakan dasar dalam praktek meditasi yang disebut bisa membantu mengelola gejala dan kondisi tertentu, termasuk depresi. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan pernapasan ini: 

  1.  Membantu Rileks 

Rutin melakukan latihan pernapasan ini disebut bisa membantu tubuh lebih rileks. Pernapasan perut disebut bisa membantu menurunkan efek berbahaya dari hormon stres yang disebut kortisol. 

  1. Menstabilkan Tekanan Darah 

Jenis pernapasan ini ternyata juga bisa membantu menstabilkan bahkan menurunkan tekanan darah. Selain itu, teknik ini juga bisa membantu menurunkan detak jantung. 

  1. Mengatasi Masalah Mental 

Jika memiliki masalah pada kesehatan mental, melakukan teknik pernapasan ini ternyata bisa membantu. Kabarnya, melakukan pernapasan perut bisa membantu mengatasi gejala gangguan stres pasca-trauma (PTSD). 

  1. Hemat Energi 

Orang yang melakukan teknik pernapasan ini disebut akan memiliki laju pernapasan yang lebih lambat. Hal ini bisa membantu menghabiskan lebih sedikit energi. 

  1. Tubuh Lebih Sehat 

Melakukan teknik pernapasan perut bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tentu saja, manfaat ini bisa didapat jika cara pernapasan ini dilakukan dengan benar.

Baca juga: 3 Jenis Latihan Pernapasan untuk Hilangkan Stres

Membantu Penyakit Tertentu 

Teknik pernapasan perut juga bisa membantu orang dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Kondisi ini menyebabkan pengidapnya memiliki gangguan pada diafragma sehingga kinerjanya menjadi kurang efektif. Karena itu, melakukan teknik pernapasan ini bisa membantu memperkuat dan meningkatkan kondisi kesehatan otot diafragma. 

Lantas, bagaimana bagaimana cara melakukan pernapasan ini? 

Mula-mula, perlu diketahui bahwa jenis pernapasan ini dilakukan dengan menghirup udara melalui hidung, dan mengeluarkannya melalui mulut. Sebelum melakukannya, pastikan tubuh duduk dalam posisi yang nyaman. Bisa juga dilakukan dengan berbaring terlentang pada permukaan yang nyaman dan rata. Setelah itu, rilekskan bahu. 

Saat posisi tubuh sudah terasa nyaman, letakkan tangan di atas perut. Bernapaslah melalui hidung selama kurang lebih dua detik. Pastikan udara bergerak melalui lubang hidung ke perut, sehingga membuat perut mengembang. Saat melakukan pernapasan ini, pastikan perut bergerak ke arah luar sementara dada tetap diam. 

Bentuk bibir maju seperti akan minum dari sedotan, kemudian tekan lembut area perut. Setelah itu, embuskan napas perlahan selama beberapa detik. Rasakan napas memenuhi rongga perut, kemudian ulangi langkah-langkah di atas beberapa kali. 

Baca juga: Sesak Napas Tiba-Tiba? Ini 7 Cara Mengatasinya

Jika memiliki masalah pada pernapasan atau gejala penyakit parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk mencari daftar rumah sakit terdekat. Atur lokasi untuk menemukan daftar rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Diaphragmatic Breathing?
Harvard university. Diakses pada 2021. Learning diaphragmatic breathing.