• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut dan Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut dan Gigi

Kenali 5 Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut dan Gigi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 November 2022

“Ada cukup banyak manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut. Manfaat ini datang berkat efek antibakteri sehingga gigi terlindungi dari plak dan karang gigi.”

Kenali 5 Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut dan GigiKenali 5 Manfaat Siwak bagi Kesehatan Mulut dan Gigi

Halodoc, Jakarta –  Sebelum ada pasta gigi seperti yang dikenal sekarang ini, orang zaman dulu membersihkan mulut dan gigi dengan menggunakan bahan alami. Salah satu bahan yang hingga kini masih sering digunakan adalah siwak. Ranting siwak tidak hanya berfungsi sebagai pembersih tetapi juga sebagai sikat gigi yang efektif.

Jika kamu mengalami sakit gigi dan gusi berdarah, siwak dapat membantu menyehatkan mulut dan gigi. Penggunaan siwak secara teratur memiliki efek terapeutik pada penyakit gusi. Siwak juga dapat menurunkan pertumbuhan plak. Simak selengkapnya manfaat siwak bagi kesehatan mulut dan gigi di sini!

Manfaat Siwak untuk Gigi dan Mulut

Siwak memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri, anti-virus, anti-plak, dan anti-kariogenik. Bahan alami ini juga memiliki efek analgesik, anti-oksidan dan anti-inflamasi. 

Berikut manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut: 

1. Melawan Gigi Berlubang dan Kerusakan Gigi

Ekstrak siwak memiliki efek antibakteri sehingga berperan aktif melindungi gigi dari plak dan karang gigi. Bakteri dan karang gigi adalah penyebab dari gigi berlubang yang membuat gigi cepat rapuh dan rusak.

2. Melawan Kuman dan Bakteri Berbahaya

Siwak mengandung bahan-bahan bermanfaat seperti  alkaloid yang memiliki efek antibakteri. Dengan begini, siwak bisa secara maksimal melawan kuman dan bakteri berbahaya di mulut.

3. Membersihkan dan Melindungi Gigi 

Siwak mengandung silika yang merupakan penghilang noda alami. Membersihkan gigi dengan siwak dapat membantu membuat gigi bersih, memudarkan noda akibat nikotin dan kopi. Kandungan kalsium, klorida, dan fluorida pada siwak juga berperan aktif untuk memperkuat gigi. 

4. Menghilangkan Bau Tak Sedap dan Menyegarkan Napas

Napas bau bisa disebabkan karena menurunnya produksi air liur. Tanin pada siwak berfungsi sebagai zat alami untuk merangsang produksi air liur premolar. Minyak atsiri pada siwak juga dapat memberikan rasa dan aroma yang lembut, merangsang produksi air liur, dan membuat napas lebih segar.

5. Memperkuat Gusi

Gusi adalah jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan membantu serta menjaga gigi tetap dalam kondisi prima. Dengan demikian, setiap kondisi yang memengaruhi gusi juga dapat berpengaruh pada gigi.

Penumpukan plak memengaruhi gusi, sama seperti memengaruhi gigi. Perkembangan plak menjadi karang gigi dapat memengaruhi gusi dan gigi dengan tiga cara yang berbeda, yaitu gingivitis, periodontitis, dan periodontitis lanjut. Siwak pun secara signifikan mengurangi kemungkinan gingivitis dan periodontitis menjaga gusi tetap sehat.

Cara Menggunakan Siwak

Dewasa ini, ada banyak produk kesehatan mulut dan gigi yang menggunakan siwak sebagai bahan pasta gigi ataupun obat kumur. Jika kamu ingin mencoba siwak secara alami, kamu bisa menggunakannya secara langsung. 

Begini caranya:

1. Potong atau kunyah salah satu ujung ranting siwak. 

2. Lanjutkan mengunyah dari ujung ini sampai ranting menjadi lunak dan membentuk bulu di tengahnya. Kamu juga  bisa membasahi ranting dengan mencelupkannya ke dalam air.

3. Setelah melihat serat siwak menyerupai ‘bulu’, kamu bisa menyikatkannya ke gigi. Ingatlah untuk tidak menambahkan pasta gigi apapun.

4. Potong siwak atau kunyah lagi untuk mendapatkan bulu baru setiap kali bulu yang sudah ada habis.

Sakit gigi dan gusi adalah kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Jika kamu mengalaminya, jangan tunda lagi. Segera  buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Marham.pk. Diakses pada 2022. Miswak: The First Toothbrush in History.
Stylecraze. Diakses pada 2022. 7 Amazing Health Benefits Of Miswak.