• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Skincare yang Mengandung Spirulina
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Skincare yang Mengandung Spirulina

Kenali 5 Manfaat Skincare yang Mengandung Spirulina

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Oktober 2022

“Spirulina dalam skincare dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit. Nah, beberapa manfaatnya, antara lain meningkatkan kesehatan kulit dan mengencangkan kulit.”

Kenali 5 Manfaat Skincare yang Mengandung SpirulinaKenali 5 Manfaat Skincare yang Mengandung Spirulina

Halodoc, Jakarta – Skincare telah menjadi kebutuhan harian bagi banyak orang, guna menjaga kesehatan kulit dan menjaga kecantikan. Salah satu kandungan skincare yang sedang populer belakangan ini adalah spirulina.

Bahan ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi perawatan kulit, terutama wajah. Bahkan, spirulina merupakan salah satu makanan dengan nutrisi yang sangat baik. Maka dari itu, perlu tahu berbagai manfaat spirulina pada skincare.

Manfaat Spirulina yang Terkandung pada Skincare

Spirulina merupakan salah satu suplemen yang terkenal karena manfaat yang ditawarkannya. Ada banyak sekali penelitian dari ilmuwan yang menjelaskan manfaat yang bisa diberikan saat mengonsumsi zat ini untuk kesehatan kulit.

Spirulina yang digunakan secara topikal mampu memberikan manfaat konkret. Selain itu, spesies ganggang ini kaya akan sumber nutrisi yang menyehatkan, seperti protein, karbohidrat kompleks, lipid, vitamin A, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa manfaat spirulina yang terkandung pada skincare:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Spirulina dapat meningkatkan kesehatan kulit, sebab mengandung sifat antioksidan yang kuat. Kandungannya mampu membantu detoksifikasi tubuh dan melindunginya dari dampak radikal bebas, serta memperbaiki kondisi kulit secara keseluruhan.

Perlu tahu jika kulit yang terpapar radikal bebas terlalu sering, risiko untuk alami gangguan kulit lebih tinggi. Beberapa gangguan yang bisa terjadi, antara lain hiperpigmentasi, bintik hitam, kerutan, hingga kulit yang mengendur.

2. Mengencangkan Kulit

Kulit yang lebih kencang juga bisa dihasilkan oleh penggunaan skincare dengan kandungan ini secara rutin. Spirulina dapat meningkatkan jumlah sel fibrolas dermal, sel yang menghasilkan kolagen.

Dengan begitu, peningkatan produksi kolagen membuat kulit terlihat lebih awet muda. Bukan hanya itu, tindakan ini dapat mencegah kulit kendur dan kerutan sebelum waktunya.

3. Kulit Lebih Lembap

Spirulina kaya akan kandungan vitamin A dan E yang mampu memberikan efek lembap pada kulit. Sehingga, kulit menjadi lebih sehat dan cerah, serta lebih kencang. Kandungan pada skincare ini juga dapat menghilangkan sisa metabolisme dari sel agar tetap bersih terawat.

4. Memberikan Efek Anti-Penuaan

Kamu juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan dengan penggunaan skincare yang memiliki kandungan ini. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif.

Memang seperti yang diketahui, tanda-tanda penuaan layaknya kerutan dan garis-garis halus paling sering terjadi karena paparan radikal bebas. Maka dari itu, cobalah gunakan skincare dengan kandungan spirulina secara rutin.

5. Mengatasi Jerawat

Spirulina juga dapat membantu dalam penyembuhan kulit dan memerangi jerawat agar tumbuh kembali. Dengan kandungan antioksidan dan antibakteri, jerawat dapat diobati dengan sangat efektif.

Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan metabolisme sel, sehingga mendorong penyembuhan dan mencegah bakteri tumbuh di kulit secara tidak terkendali. Spirulina juga sangat baik untuk menjaga kulit terhidrasi sehingga kelembapannya terjaga dengan baik.

Itulah berbagai manfaat spirulina yang terkandung dalam skincare. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih produk kecantikan yang mengandung spirulina di dalamnya. Sehingga, kulit terawat dengan baik dan wajah menjadi cantik bercahaya sebagai efek positifnya.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait kandungan spirulina pada skincare, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Ful Company. Diakses pada 2022. Spirulina For Skin: Benefits And Uses.Dermstore. Diakses pada 2022. Spirulina for Your Skin: How This Superfood Can Help You Achieve Your Best Skin Yet.