• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 6 Makanan untuk Payudara Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 6 Makanan untuk Payudara Sehat

Kenali 6 Makanan untuk Payudara Sehat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Payudara yang sehat tidak memiliki benjolan, tidak terasa sakit, tidak mengeluarkan cairan, dan tidak mengalami perubahan kulit. Untuk menunjang kesehatan payudara, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.”

Kenali 6 Makanan untuk Payudara Sehat

Halodoc, Jakarta – Selain indah, payudara pun harus memiliki kesehatan yang baik. Salah satu langkah menjaga kesehatan payudara dapat dilakukan dengan menutrisi dari dalam. Ada beberapa jenis makanan untuk payudara sehat yang dapat kamu konsumsi agar organ tersebut terhindar dari gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa makanan untuk payudara sehat:

1.  Kedelai

Rutin mengonsumsi kedelai atau olahannya dapat menurunkan risiko pembengkakan payudara akibat PMS. Kedelai juga bisa menurunkan  efek samping akibat menopause. Makanan untuk payudara sehat ini juga dapat mencegah kekambuhan sel kanker pasca pengobatan.

2. Gandum Utuh

Melansir dari Whole Grain Consumption for the Prevention and Treatment of Breast Cancer, konsumsi gandum utuh lebih dari 7 kali per minggu dapat menurunkan risiko kanker payudara. Mengonsumsi banyak gandum utuh dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara yang lebih rendah sebelum menopause.

3.  Bluberi

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Massey pada hewan menemukan bahwa bluberi dapat menurunkan risiko tumor payudara sebanyak 50 persen. Untuk menikmatinya, kamu bisa membeli bubuk bluberi untuk dicampurkan ke makanan dan minuman favorit seperti smoothies, oatmeal, cake, atau yoghurt.

4.  Labu

Makanan untuk payudara sehat selanjutnya adalah labu. Buat ini mengandung tinggi beta karoten yang dapat mencegah pembengkakan payudara akibat pengaruh hormon. Selain labu, ubi juga mengandung tinggi beta karoten yang baik untuk menunjang kesehatan payudara.

5. Teh Sage

Teh sage mengandung tinggi antioksidan yang mampu menunjang kesehatan payudara. Kandungan di dalamnya juga dapat mengatasi keringat berlebih yang menjadi penyebab penurunan rasa percaya diri. Meski menyehatkan, teh sage ini tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena memicu timbulnya kontraksi.

6. Brokoli dan Sayuran Lain

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kangkung, dan kubis mengandung tinggi vitamin A dan C. Keduanya adalah antioksidan yang dapat membantu mengimbangi racun dan karsinogen yang dapat memicu kanker payudara. Kamu bisa menumis atau merebusnya untuk mendapatkan nutrisi maksimal.

Itulah sejumlah makanan untuk payudara sehat. Selain itu, kamu juga dapat menunjang kesehatan payudara dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang dibutuhkan tubuh. Download Halodoc segera dan cek kebutuhan suplemen di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2022. Best Foods for Healthy Breasts.
Eating Well. Diakses pada 2022. 9 foods to eat for better breast health.
Nutrients. 2019 Aug; 11(8): 1769. Diakses pada 2022. Whole Grain Consumption for the Prevention and Treatment of Breast Cancer.
Nutrition Insight. Diakses pada 2022. Blueberry Diet Linked to 50% Lower Breast Cancer Risk.