• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 7 Gejala Kanker Paru di Stadium 4

Kenali 7 Gejala Kanker Paru di Stadium 4

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali 7 Gejala Kanker Paru di Stadium 4

“Kanker paru tidak menimbulkan gejala yang jelas pada awalnya. Itulah mengapa kanker ini biasanya baru terdiagnosis ketika sudah stadium lanjut. Ketika kanker paru sudah berada pada stadium 4, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan pengidap. Meskipun kanker stadium lanjut sulit diobati, tetapi beberapa perawatan bisa meredakan gejala dan memperpanjang hidup pengidap.”

Halodoc, Jakarta – Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang paling sering menyebabkan kematian di seluruh dunia. Sayangnya, kanker ini tidak menimbulkan gejala atau tanda yang signifikan pada awalnya, sehingga pengidapnya biasanya baru menyadari penyakit tersebut ketika sudah berada pada stadium lanjut.

Kanker paru stadium 4 adalah stadium paling lanjut dari kanker paru-paru. Pada stadium 4, kanker sudah menyebar (bermetatasis) ke kedua paru-paru, area di sekitar paru-paru atau organ yang jauh. Ketika sudah berkembang sampai tahap ini, kanker biasanya akan menimbulkan sejumlah gejala yang bisa dirasakan pengidap. Ketahui apa saja gejala kanker paru stadium 4 di sini agar kamu bisa segera mencari pengobatan medis.

Baca juga: Selain Rokok, Inilah Penyebab Lain Kanker Paru

Memahami Kanker Paru Stadium 4

Kanker terjadi ketika sel-sel di bagian tubuh tertentu tumbuh dan bereproduksi secara tidak terkendali. Pada kasus kanker paru-paru, kanker berkembang di sel-sel paru-paru. Menurut American Cancer Society, sekitar 13 persen kanker paru-paru adalah kanker paru-paru sel kecil, yang lebih agresif dan bisa menyebar dengan cepat. National Cancer Institute mengungkapkan bahwa 57 persen kanker paru-paru dan bronkus didiagnosis pada stadium 4.

Prognosis untuk kanker paru-paru stadium 4 tergantung pada sejumlah faktor, seperti ukuran dan lokasi tumor. Kanker paru stadium 4 dibagi menjadi dua subtahap:

  • Stadium 4a, kanker sudah menyebar di dalam paru-paru atau ke satu area di luar paru-paru
  • Stadium 4b, kanker sudah menyebar ke beberapa tempat di satu atau lebih organ yang tidak dekat dengan paru-paru, seperti otak, hati, atau tulang.

Gejala yang Bisa Terjadi

Gejala kanker paru stadium 4 yang umumnya muncul, antara lain:

  1. Sakit dada;
  2. Sesak napas;
  3. Batuk darah atau dahak berwarna karat;
  4. Batuk terus-menerus;
  5. Suara serak;
  6. Kehilangan nafsu makan;
  7. Penurunan berat badan tanpa sebab.

Kanker paru-paru stadium 4 sudah menyebar ke paru-paru lain atau ke bagian tubuh lainnya, sehingga bisa menyebabkan gejala sekunder. Misalnya, bila kanker menyebar ke hati, pengidap mungkin bisa mengalami penyakit kuning yang membuat mata, kulit, dan kuku menguning.

Selain itu, beberapa jenis kanker paru-paru menginduksi sindrom, masalah kesehatan yang ditandai dengan banyak gejala.

Bila kamu atau orang terkasih mengalami gejala atau tanda kanker paru stadium 4 seperti di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan diagnosis. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Benarkah Menggabungkan 2 Jari bisa Deteksi Kanker Paru?

Pengobatan Kanker Paru Stadium 4

Kanker paru-paru stadium akhir sulit diobati. Meski begitu, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala dan memperpanjang hidup pengidap.

Pilihan pengobatan untuk kanker paru stadium akhir 4a atau 4b bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti seberapa jauh kanker sudah menyebar, apakah ada mutasi gen yang terjadi, dan kesehatan pengidap secara umum.

Sebelum pengobatan dimulai, tumor mungkin akan diuji terlebih dahulu untuk mendeteksi mutasi genetik, seperti pada gen reseptor faktor pertumbuhan epidermal (EGFR). Bila gen bermutasi dalam sel kanker kamu, kamu mungkin akan menerima obat terapi yang ditargetkan.

Berikut ini perawatan untuk kanker paru stadium 4:

  • Kemoterapi, perawatan ini bisa diberikan sendiri atau dikombinasikan dengan pengobatan lain, seperti terapi radiasi atau imunoterapi.
  • Terapi Radiasi. Ini bisa digunakan untuk mengecilkan tumor. Terapi radiasi bisa digunakan untuk mengobati kanker paru stadium 4 pada pengidap yang tidak bisa mentolerir kemoterapi.
  • Terapi yang ditargetkan. Obat-obatan seperti penghambat EGFR dan penghambat ALK yang menargetkan mutasi gen tertentu dalam sel kanker paru-paru, bisa membantu memperlambat pertumbuhan tumor.
  • Imunoterapi. Obat-obatan yang disebut checkpoint inhibitors bisa diberikan untuk membantu sistem kekebalan pengidap mengenali dan menyerang sel-sel kanker paru-paru.
  • Terapi fotodinamik. Agen cahaya dan peka cahaya bisa digunakan untuk mengecilkan tumor yang belum menyebar ke luar paru-paru.
  • Operasi. Kanker di paru-paru atau rongga dada dan kelenjar getah bening yang terkena bisa diangkat melalui operasi jika menimbulkan rasa sakit.

Baca juga: Terdiagnosis Kanker Ganas Saluran Pernapasan, Harus Apa?

Itulah gejala atau tanda kanker paru stadium 4 yang perlu diwaspadai. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga agar kamu bisa mendapatkan solusi kesehatan terlengkap dengan mudah untuk kamu dan orang terkasih.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Stage 4 Lung Cancer: What to Expect.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is the prognosis for stage 4 lung cancer?.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Lung cancer.