• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Manfaat Cengkih untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Manfaat Cengkih untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 8 Manfaat Cengkih untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2021
Kenali 8 Manfaat Cengkih untuk Kesehatan Tubuh

“Kandungan antioksidan pada cengkih dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat cengkih mulai dari menjaga kesehatan mata, mengurangi peradangan, menghambat radikal bebas, mencegah bisul dalam perut, serta meningkatkan kesehatan tulang. Cengkih juga bisa melindungi gigi dan gusi pun mengurangi pertumbuhan plak dan karang gigi.”

Halodoc, Jakarta – Cengkih sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk penguat rasa ataupun penambah aroma. Di balik rasa dan aromanya yang khas, cengkih memiliki manfaat untuk kesehatan.

Cengkih adalah rempah yang kaya akan antioksidan. Senyawa antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang bekerja merusak sel-sel yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit. Mengonsumsi cengkih dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu. Yuk, kenali manfaat cengkih untuk kesehatan tubuh dalam ulasan berikut!

1. Menjaga Kesehatan Mata

Cengkih adalah sumber beta-karoten yang baik untuk tubuh. Pigmen karoten pada cengkih adalah antioksidan dan provitamin yang penting. Pigmen karoten dapat diubah menjadi vitamin A, nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Cengkeh Dapat Meredakan Gejala Campak, Benarkah?

2. Mengurangi Peradangan

Cengkih termasuk senyawa yang terkait dengan sifat anti-inflamasi. Eugenol adalah kandungan senyawa yang terbukti mengurangi respons peradangan dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi dan membantu mengelola gejala peradangan.

3. Menghambat Radikal Bebas 

Eugenol pada cengkih juga merupakan sumber antioksidan yang kuat. Senyawa antioksidan membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, yang merusak sel-sel dan dapat menyebabkan penyakit. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Resep Rempah Bantu Kuatkan Imun

4. Mencegah Bisul dalam Perut

Cengkih dapat membantu melindungi perut dari bisul. Sebagian besar bisul disebabkan oleh penipisan lapisan lendir yang melindungi lapisan perut. Studi yang pernah dilakukan sebelumnya menunjukkan cengkih dapat mengentalkan lendir pada lapisan perut yang pada akhirnya membantu menurunkan risiko terkena bisul serta menyembuhkan bisul yang ada.

5. Peningkatan Fungsi Hati

Cengkih juga dapat meningkatkan fungsi hati. Eugenol yang ditemukan dalam cengkih dapat membantu mengurangi tanda-tanda sirosis hati dan penyakit hati berlemak. Tidak hanya itu, cengkih juga dapat meningkatkan fungsi hati sehingga bekerja lebih baik.

Baca juga: Rempah – Rempah yang Bisa Jadi Obat Diet Alami

6. Membunuh Bakteri

Cengkih terbukti memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Minyak esensial cengkih dapat membunuh tiga jenis bakteri umum, termasuk E. coli, yang merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Berkumur dengan obat kumur herbal yang mengandung cengkih juga dapat meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi jumlah bakteri penyebab plak dalam mulut. 

7. Meningkatkan Kesehatan Hati

Kandungan pada cengkih dapat meningkatkan fungsi hati serta mengurangi stres oksidatif. Namun, konsumsi minyak cengkih yang berlebihan juga tidak direkomendasikan karena dapat memberikan efek yang kurang baik terhadap kesehatan. Untuk informasi selengkapnya bisa tanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc, ya! 

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Massa tulang rendah dapat menyebabkan masalah osteoporosis yang dapat memicu risiko patah tulang. Beberapa senyawa dalam cengkih telah terbukti membantu menjaga massa tulang. Itulah manfaat cengkih untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Cloves.
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Surprising Health Benefits of Cloves.