• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh

Kenali 8 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Mei 2022

“Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang punya banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Manfaat alpukat tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya.”

Kenali 8 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tubuh yang sehat erat kaitannya dengan pola makan seseorang. Pola makan sehat meliputi buah-buahan di dalamnya, jadi kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari.

Berbicara mengenai buah, alpukat menjadi salah satu buah yang dikenal banyak memberi manfaat untuk tubuh. Kalau ada anggapan mengonsumsi alpukat dapat membuat gemuk karena tinggi lemak, ini tentu persepsi yang salah. Alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang justru baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, apa lagi manfaat alpukat untuk tubuh? Simak ulasan selengkapnya di sini.

Menilik Manfaat Alpukat untuk Tubuh

Tidak hanya punya rasa yang enak, alpukat juga kaya akan beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat alpukat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi buah tersebut secara rutin:

1.  Antikanker

Tahukah kamu, salah satu manfaat alpukat untuk tubuh adalah bisa mencegah kanker? Alpukat mengandung antioksidan dan polynutrients yang merupakan zat antikanker. Zat tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita untuk melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel yang dapat menyebabkan kanker. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengenai hal tersebut. 

2.  Menjaga Tekanan Darah

Mengonsumsi alpukat juga baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, karena kandungan kaliumnya. Kalium berfungsi menurunkan tekanan darah agar terhindar dari penyakit darah tinggi yang menyebabkan bahkan stroke.

3.  Kaya Serat

Manfaat alpukat untuk tubuh yang kaya akan serat juga dapat membantu penurunan berat badan dan mengurangi lonjakan gula darah. Serat dalam alpukat pun mampu menjaga saluran pencernaan, sehingga kamu terbebas dari masalah sulit buang air besar (BAB). Jadi, pastikan kamu menyertakan buah sehat ini dalam pola makan kamu sehari-hari ya.

4.  Menyehatkan Tulang

Menyehatkan tulang adalah salah satu manfaat alpukat untuk tubuh yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Ya, alpukat dapat meredakan nyeri arthritis. Sebuah studi mengungkapkan bahwa senyawa dari alpukat dapat membantu mendapatkan bantuan dari arthritis dan mengurangi kekakuan tulang.

5.  Sumber Zat Besi

Sedang mencari sumber zat besi terbaik? Alpukat jawabannya. Alpukat memiliki sumber zat besi nabati yang bisa meningkatkan aliran oksigen untuk menjaga tingkat energi dan kulit kamu tetap cerah. Tidak heran alpukat juga dipercaya mampu memelihara kecantikan wanita.

6.  Menurunkan Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dibuktikan oleh para ilmuwan melalui riset terhadap 45 orang dengan jumlah LDL tinggi. Mereka yang mengidap kolesterol tinggi tersebut diperintahkan untuk mengonsumsi alpukat selama satu minggu. Hasilnya, kolesterol pun turun sebesar 17 persen!

7.  Asupan Vitamin dan Mineral

Mau tahu manfaat alpukat untuk tubuh lainnya? Alpukat kaya akan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan penyembuhan setelah cedera. Buah bertekstur lembut ini juga mengandung vitamin B-kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme kamu dan mendukung aliran darah yang sehat. Kamu pun akan mendapatkan banyak vitamin C yang akan membuat kulit halus, tulang yang sehat dan sistem kekebalan yang kuat.

8. Baik untuk Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel saja yang baik untuk kesehatan mata, alpukat juga kaya akan nutrisi penting untuk mata. Manfaat alpukat untuk kesehatan mata tidak terlepas dari kandungan lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia yang ada di jaringan mata. Mereka memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV. 

Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga membantu penyerapan beta karoten. Dengan begitu, mengonsumsi alpukat bisa membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

Itulah manfaat alpukat untuk tubuh yang sayang untuk dilewatkan. Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen. Cek kebutuhan obat dan vitamin kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc saja. Yuk, download Halodoc di Google Play atau App Store!

Referensi:
BBC Good Food. Diakses pada 2022. Top 5 health benefits of avocado.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Why is avocado good for you?