• Home
  • /
  • Kenali Aroma Miss V Tanda Gangguan Kesehatan

Kenali Aroma Miss V Tanda Gangguan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali Aroma Miss V Tanda Gangguan Kesehatan

Halodoc, Jakarta -  Tidak hanya payudara, vagina menjadi salah satu bagian tubuh wanita yang cukup penting. Kondisi ini membuat wanita kerap khawatir ketika mengalami gangguan kesehatan pada bagian vagina, salah satunya mengenai aroma yang kerap muncul dari vagina. Vagina yang sehat pun memiliki aroma khas yang berbeda pada tiap wanita. 

Baca juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Miss V Sehat

Melansir Mayo Clinic, aroma vagina semakin kuat ketika seorang wanita memasuki siklus menstruasi dan juga mengalami peningkatan gairah seksual. Selain itu, munculnya keringat pada area vagina juga dapat menyebabkan vagina mengeluarkan aroma khas. Namun, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami perubahan aroma pada vagina yang berbeda.

Perubahan Aroma Miss V Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan

Tidak ada salahnya mengenali setiap bagian tubuh dengan baik, termasuk mengenal aroma khas vagina. Vagina yang sehat dapat mengeluarkan aroma khas yang tentunya tidak terlalu kuat. Melansir Healthline, aroma khas vagina umumnya mengeluarkan sedikit aroma logam khususnya saat kamu sedang memasuki masa siklus menstruasi. Tidak hanya itu, setelah melakukan hubungan intim pun dapat mengubah aroma vagina namun sementara.

Namun, jangan sepelekan perubahan aroma vagina yang menjadi cukup kuat dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini menjadi tanda adanya perubahan pada kesehatan. Tidak hanya itu, kondisi ini meningkatkan rasa khawatir pada wanita dan menurunkan rasa percaya diri. 

Baca juga: Cara Merawat Miss V Sesuai Usia

Kenali beberapa aroma yang menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada vagina, seperti:

1. Asam

Aroma asam menjadi aroma yang cukup normal. Melansir dari Healthline, hal ini sangat normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Kadar pH wanita yang sehat memang sedikit asam dengan kadar 3,8 hingga 4,5. Bakteri lactobacillus menjaga vagina tetap asam untuk menghindari pertumbuhan bakteri jahat pada vagina yang menyebabkan gangguan kesehatan.

2. Berbau Tembaga

Aroma vagina yang berbau tembaga umumnya dialami oleh wanita yang baru saja memasuki siklus menstruasi. Namun, kondisi ini perlu pemeriksaan lebih lanjut ketika aroma ini tidak menghilang setelah kamu selesai menjalani siklus menstruasi. Perdarahan yang terjadi pada area vagina dapat menyebabkan aroma logam pada vagina, apalagi jika kondisi ini disertai rasa gatal.

3. Amis

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab aroma vagina berbau amis. Kondisi ini dapat menjadi tanda adanya penyakit vaginitis dan juga trichomoniasis. Melansir Mayo Clinic, tidak hanya perubahan aroma pada vagina, kedua penyakit ini dapat menyebabkan rasa gatal pada vagina. Trichomoniasis dapat menyebabkan pengidap alami nyeri saat melakukan buang air kecil.

4. Bau Pemutih

Vagina dengan aroma bahan kimia atau cairan pemutih juga perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Kondisi ini dapat disebabkan penumpukan urine pada area vulva sehingga aroma amonia tidak dapat dihindari. Dehidrasi bisa menjadi pemicu vagina mengeluarkan aroma ini. Tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc tentang penanganan yang tepat ketika aroma vagina seperti cairan pemutih.

Itulah beberapa aroma vagina yang sebaiknya ketahui untuk memastikan kesehatan vagina. Segera kunjungi ke rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami perubahan pada vagina yang disertai dengan rasa gatal, iritasi, nyeri saat melakukan hubungan intim, keputihan yang cukup banyak, dan perdarahan dari vagina meskipun kamu tidak sedang menstruasi.

Namun, jika kamu tidak mengalami gejala di atas, lakukan perawatan kesehatan untuk vagina agar kamu dapat mengatasi aroma vagina yang cukup kuat. Menjaga kebersihan vagina menjadi hal yang cukup penting untuk meredakan aroma vagina yang cukup kuat. Ganti celana secara teratur agar vagina terhindar dari keringat dan kotoran yang menempel pada celana.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Aroma Miss V Tetap Wangi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik juga dapat menghindari kamu dari gangguan kesehatan yang menyebabkan perubahan aroma vagina. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah yang memengaruhi kesehatan vagina.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Vaginal Odor
Healthline. Diakses pada 2020. Molasses to Pennies: All The Smells a Healthy Vagina Can Be
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Tips When Dealing with Vaginal Odor
Women's Health. Diakses pada 2020. What Your Vaginal Odor Means About Your Health