• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Bagian Struktur Ginjal serta Peran Pentingnya dalam Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Bagian Struktur Ginjal serta Peran Pentingnya dalam Tubuh

Kenali Bagian Struktur Ginjal serta Peran Pentingnya dalam Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Januari 2022

“Ginjal memiliki banyak fungsi yang sangat penting untuk membersihkan darah agar limbah dan kotoran hilang, lalu keluar melalui urine. Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai bagian dari ginjal sekaligus fungsinya. Karena setiap bagian dari ginjal memiliki fungsi yang berbeda-beda satu sama lain.”

Kenali Bagian Struktur Ginjal serta Peran Pentingnya dalam Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ginjal adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang memiliki fungsi cukup vital, yaitu membuang semua sampah yang ada di dalam tubuh lewat urine. Perlu diketahui, ternyata setiap bagian struktur dari ginjal memiliki peranan yang penting pada tubuh. Untuk mengetahui fungsi dari berbagai bagian dari ginjal, kamu bisa membaca ulasan struktur ginjal berikut!

Berbagai Bagian dari Struktur Ginjal dan Fungsinya

Ginjal adalah sepasang organ tubuh yang bentuknya menyerupai kacang dengan ukuran sebesar kepalan tangan. Organ ini memiliki sesuatu yang keras dan berserat pada tiap ginjalnya guna mendukung atau melindungi jaringan lunak yang ada di dalamnya. Di bagian luar, terdapat dua lapisan lemak yang berguna untuk memberikan perlindungan lebih lanjut.

Ginjal pada orang dewasa berukuran dengan panjang sekitar 10-12 cm dengan lebar 5-7 cm yang beratnya sekitar 150 gram. Jika ginjal dipotong menjadi dua, terlihat jika ginjal terbagi menjadi beberapa bagian dengan bagian luar yang gelap (korteks) dan bagian dalamnya lebih terang (medula).

Selain itu, kamu juga perlu tahu berbagai bagian dari struktur ginjal beserta fungsinya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nefron

Nefron adalah salah satu bagian penting pada ginjal. Bagian ini dapat mengambil darah, memetabolisme nutrisi, dan membantu untuk mengeluarkan produk limbah dari darah yang telah disaring. Pada tiap ginjal memiliki sekitar 1 juta nefron dengan berbagai kumpulan struktur internalnya, seperti:

2. Renal Corpuscle (Sel Darah Ginjal)

Setelah darah masuk ke sel ginjal melalui nefron, yang disebut juga dengan badan Malpighian. Sel ginjal ini memiliki dua struktur tambahan, seperti:

  • Glomerulus: Sekelompok kapiler ini dapat menyerap protein dari darah yang berjalan melalui sel darah ginjal.
  • Kapsul Bowman: Cairan yang tersisa, disebut dengan urin kapsuler, akan dialirkan ke dalam tubulus ginjal.

3. Renal Tubules (Tubulus Ginjal)

Tubulus ginjal adalah serangkaian tabung yang dimulai setelah kapsul Bowman dan berakhir di saluran pengumpul. Setiap tubulus tersebut memiliki beberapa bagian, yaitu:

  • Tubulus kontortus proksimal: Bagian ini berguna menyerap air, natrium, dan glukosa kembali ke dalam darah.
  • Lingkaran Henle: Bagian ini berfungsi untuk menyerap kalium, klorida, dan natrium ke dalam darah.
  • Distal convoluted tubule: Bagian ginjal ini mampu menyerap lebih banyak natrium ke dalam darah dan menyerap kalium serta asam.

Pada saat cairan mencapai ujung tubulus, semua zat tersebut diencerkan dan diisi dengan urea. Nah, urea sendiri adalah produk sampingan dari metabolisme protein yang dilepaskan di dalam urin.

3. Renal Cortex

Renal cortex, atau korteks ginjal, adalah bagian terluar dari ginjal yang berisi glomerulus dan convoluted tubules. Bagian ini dikelilingi di tepi luarnya dengan kapsul ginjal, merupakan lapisan jaringan lemak. Bagian tersebut dilindungi dengan korteks ginjal dan kapsul rumah yang mampu melindungi struktur bagian dalam ginjal.

4. Piramida Ginjal

Piramida ginjal adalah struktur kecil yang berisi rangkaian nefron dan tubulus. Tubulus ini berguna untuk mengangkut cairan ke ginjal. Setelah ini, cairan tersebut dapat bergerak menjauh dari nefron menuju struktur dalam yang berguna mengumpulkan dan mengangkut urine keluar dari ginjal.

5. Pelvis Ginjal

Pelvis ginjal adalah salah satu bagian struktur ginjal yang merupakan ruang berbentuk corong di bagian terdalam ginjal. Ini berfungsi sebagai jalur untuk cairan dalam perjalanannya ke kandung kemih. 

6. Calyces

Bagian pertama dari pelvis ginjal berisi calyces (kaliks). Salah satu bagian ginjal ini adalah ruang berbentuk cangkir kecil yang mengumpulkan cairan sebelum pindah ke kandung kemih. Selain itu, bagian ini juga tempat cairan dan limbah ekstra menjadi urine.

7. Hilum

Hilum adalah lubang kecil yang terletak di tepi bagian dalam ginjal dengan bentuk melengkung ke dalam yang menyerupai kacang. Beberapa bagian dari hilum, antara lain:

  • Arteri ginjal: bagian ini berguna untuk membawa darah beroksigen dari jantung ke ginjal untuk disaring.
  • Vena ginjal: ini berguna untuk membawa darah yang disaring dari ginjal kembali ke jantung.

8. Ureter

Ureter, atau saluran kencing, adalah tabung otot yang berguna untuk mendorong urin ke dalam kandung kemih, guna mengumpulkan cairan tersebut dan mengeluarkannya dari tubuh.

Nah, itulah beberapa bagian dari ginjal beserta dengan fungsinya secara lengkap. Dengan mengetahui hal ini, kamu jadi sangat paham jika ginjal memiliki banyak fungsi yang dapat membuat tubuh tetap sehat. Maka dari itu, penting untuk menjaga organ ini agar tetap sehat, sehingga mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Apabila kamu memiliki pertanyaan terkait ginjal dan organ lainnya di dalam tubuh, kamu bisa bertanya pada dokter dari Halodoc. Untuk dapat berinteraksi dengan ahli medis ini, kamu bisa download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Kidney Overview.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Where are the kidneys located, what do they do, and what do they look like?