• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Beragam Alat Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

Kenali Beragam Alat Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan seperti diabetes atau hipertensi, penting untuk memeriksakan diri ke dokter secara teratur untuk memantau kondisi kamu tersebut dan mengevaluasi obat-obatan yang dikonsumsi. Namun, di saat pandemi seperti sekarang ini, pergi ke rumah sakit mungkin menjadi hal terakhir yang ingin kamu lakukan, karena khawatir akan penularan virus corona yang bisa terjadi di tempat berisiko tinggi, seperti rumah sakit.

Tidak heran bila banyak orang memilih untuk menunda jadwal kunjungan mereka ke rumah sakit selama masa pandemi. Namun, alih-alih melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit, kamu juga bisa mengontrol kondisi kesehatan kamu tersebut dengan melakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah. Penting memiliki beragam alat kesehatan di rumah agar dapat mengontrol kondisi kesehatan dan berjaga-jaga bila keadaan darurat medis terjadi. 

Alat Kesehatan yang Wajib Ada di Rumah

Berikut ini beberapa alat kesehatan yang wajib kamu miliki di rumah:

1.Termometer

Salah satu alat kesehatan yang penting untuk dimiliki di rumah adalah termometer. Fungsi termometer untuk mengukur suhu tubuh ketika kamu atau ada anggota keluarga yang sedang mengalami demam. 

Demam bisa disebabkan oleh berbagai hal dan biasanya tidak serius. Namun, saat demam, kamu dianjurkan untuk memantau suhu tubuh secara teratur dengan menggunakan termometer.

Dengan begitu, ketika suhu tubuh mencapai angka yang cukup tinggi, kamu bisa segera mencari pertolongan medis untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Pilihlah termometer yang berkualitas baik untuk disimpan di rumah.

Baca juga: Inilah Cara Mengukur Suhu Tubuh yang Tepat

2.Tensimeter

Bagi kamu yang mengidap hipertensi atau berisiko mengalaminya, tensimeter menjadi alat yang penting yang harus ada di rumah. Tensimeter berfungsi untuk mengukur tekanan darah, sehingga membantu memantau tekanan darah dengan baik dan mengantisipasi dini bila angka tekanan darah berada di luar batas normal. 

Baik tekanan darah yang terlalu tinggi maupun rendah bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya, seperti hipertensi dan penyakit jantung.

3.Timbangan

Jangan kira bahwa timbangan berat badan hanya untuk orang yang sedang menjalani diet atau menjaga berat badan saja. Alat kesehatan ini wajib ada di rumah meskipun kamu tidak sedang diet. Menyadari perubahan berat badan bisa membantu kamu untuk mendeteksi kondisi kesehatan tertentu sebelum berkembang semakin parah.

Kenaikan berat badan yang tiba-tiba bisa mengindikasikan kondisi kesehatan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Selain itu, baik kenaikan dan penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa mengindikasikan ketidakseimbangan hormon yang tidak boleh disepelekan. Sediakan timbangan di rumah dan ukurlah berat badan kamu secara berkala.

4.Alat Tes Gula Darah

Diabetes adalah salah satu konsekuensi dari obesitas dan bisa menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya bila tidak dikendalikan. Itulah mengapa penting bagi pengidap diabetes untuk mengontrol kadar gula darah secara teratur yang bisa dilakukan dengan menggunakan alat tes gula darah atau glucose meter

Alat kesehatan ini memiliki slot di mana strip sekali pakai ditempatkan dan layar yang menunjukkan glikemia (pengukuran glukosa). Dilengkapi dengan semacam ‘pulpen’ berisi jarum yang akan ditusukkan ke jari, lalu darah yang keluar akan ditempatkan pada strip tes.

Baca juga: Tips Mengecek Gula Darah dan Kolesterol di Rumah

5.Inhaler dan Nebulizer

Pengidap asma dianjurkan untuk menyediakan inhaler dan nebulizer di rumah serta menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau. Alat yang digunakan dengan cara dihisap ini bisa mengantarkan obat langsung ke paru-paru, sehingga bisa membantu meredakan gejala yang dialami pengidap bila asma kambuh.

6.Tabung Oksigen

Tabung oksigen adalah alat yang penting untuk disediakan di rumah bagi orang yang mengidap penyakit tertentu, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), stroke, dan gagal jantung.

Pasalnya, orang dengan penyakit tersebut rentan mengalami kekurangan oksigen yang bisa ditandai dengan sesak napas, bengek, napas terengah-engah, dan warna kulit berubah menjadi ungu. Kondisi tersebut merupakan kondisi darurat yang perlu segera mendapatkan pertolongan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki tabung oksigen di rumah untuk berjaga-jaga bila situasi tersebut terjadi.

Baca juga: Kenali Terapi Oksigen untuk Pengidap Penyakit Paru Obstruktif Kronis

7.Pulse Oximeter

Pulse oximeter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam darah dan detak jantung. Alat ini juga wajib dimiliki di rumah bila kamu memiliki penyakit, seperti asma, penyakit paru menahun, dan atau penyakit jantung. 

Itulah beragam alat kesehatan yang harus ada di rumah untuk membantu kamu mengontrol kondisi kesehatan. Kamu juga bisa membeli alat kesehatan, seperti inhaler atau termometer melalui aplikasi Halodoc. Caranya, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Healthcare Insight. Diakses pada 2021. Essential Medical Devices That Should Be Available At Your Home
India Today. Diakses pada 2021. Air purifier to BP monitors, 6 basic healthcare devices you MUST have at home