• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Beragam Obat Sariawan untuk Orang Dewasa dan Anak-Anak

Kenali Beragam Obat Sariawan untuk Orang Dewasa dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali Beragam Obat Sariawan untuk Orang Dewasa dan Anak-Anak

Halodoc, Jakarta – Munculnya sariawan di mulut pastinya bikin kamu tidak nyaman saat menyantap makanan maupun berbicara. Masalah mulut yang satu ini bukan hanya bisa dialami orang dewasa saja, anak-anak bahkan bayi pun bisa mengalami sariawan. Anak atau bayi yang mengalami sariawan tentunya bisa membuat mereka lebih rewel akibat ketidaknyamanannya. 

Meskipun bisa hilang dengan sendirinya, sariawan perlu segera ditangani untuk menghilangkan ketidaknyamanan tersebut. Penanganan sariawan pada orang dewasa dan anak-anak pun bisa berbeda. Nah, berikut beragam obat sariawan untuk orang dewasa dan anak-anak yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Bebas Perih dengan Obat Sariawan Alami

Beragam Obat Sariawan

Sariawan bukanlah penyakit serius dan bisa sembuh tanpa pengobatan. Namun, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk meredakan ketidaknyamanannya. Beberapa obat sariawan dijual bebas yang mengandung benzokain, hidrogen peroksida dan fluocinonide dapat membantu meredakan dan menyembuhkan luka. Apabila kamu mengunjungi dokter, biasanya dokter akan meresepkan obat kumur antimikroba atau obat kumur yang mengandung klorheksidin.

Dokter juga dapat meresepkan antibiotik dalam bentuk obat kumur atau pil yang mengandung doksisiklin. Selain obat kumur, dokter terkadang meresepkan salep kortikosteroid, seperti hidrokortison hemisuccinate atau beclomethasone untuk meredakan nyeri sariawan. Pereda nyeri juga terdapat dalam bentuk obat kumur yang mengandung deksametason atau lidokain.

Selain menggunakan obat-obatan, sariawan juga dapat diringankan dengan tips rumahan berikut ini: 

  • Bilas mulut menggunakan air garam atau soda kue. Untuk membuatnya, larutkan 1 sendok teh soda kue dalam 1/2 cangkir air hangat.
  • Hindari mengonsumsi makanan abrasif, seperti asam atau pedas yang dapat menyebabkan iritasi dan nyeri lebih lanjut.
  • Oleskan es ke sariawan dengan membiarkan serpihan es perlahan larut di atas luka.
  • Sikat gigi dengan lembut menggunakan sikat lembut dan pasta gigi bebas bahan berbusa secara rutin.

Kalau cara tersebut belum cukup efektif untuk meredakan nyeri sariawan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot ke rumah sakit, lewat Halodoc kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Perlukah ke Dokter untuk Mengobati Sariawan?

Tips Mencegah Sariawan

Sariawan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti, makanan, tidak sengaja menggigit bagian mulut, atau menyikat gigi terlalu cepat. Nah, berikut beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mencegah timbulnya sariawan:

  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya menghindari makanan yang dapat mengiritasi mulut seperti kerupuk, kacang-kacangan, rempah-rempah tertentu, makanan asin, dan buah-buahan asam, seperti nanas, dan jeruk. Ikuti kebiasaan kebersihan mulut yang baik. 
  • Sikat gigi secara teratur. Menyikat gigi secara teratur setelah makan dan membersihkan gigi dengan benang sekali sehari dapat menjaga kebersihan mulut dan menghindari sisa makanan yang dapat memicu sakit. Gunakan sikat lembut untuk membantu mencegah iritasi pada jaringan halus mulut, dan hindari pasta gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate.
  • Kurangi stres. Jika sariawan yang kamu alami tampaknya terkait dengan stres, pelajari dan gunakan teknik pengurangan stres, seperti meditasi dan teknik pernapasan.

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Sariawan pada Anak

Kamu juga wajib memilih makanan sehat. Untuk membantu mencegah kekurangan nutrisi, perbanyak konsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Canker sore.
Healthline. Diakses pada 2021. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores.