• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Berbagai Jenis Retainer Gigi

Kenali Berbagai Jenis Retainer Gigi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar tentang retainer gigi? Alat ini perlu digunakan setelah menjalani perawatan kawat gigi atau behel. Fungsinya untuk membuat gigi yang sudah rapi, tidak kembali berantakan. 

Pasalnya, gigi yang sudah rapi setelah pemakaian kawat gigi sehingga memerlukan waktu untuk benar-benar menetap di posisi barunya. Jadi, selama proses penyesuaian itu, retainer gigi berfungsi untuk “memagari” gigi agar bisa tetap rapi. Simak lebih lanjut tentang retainer gigi dalam pembahasan berikut ini!

Baca juga: Mitos dan Fakta Retainer Gigi yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Retainer Gigi

Setelah kawat gigi dilepas, penggunaan retainer gigi perlu dilakukan selama beberapa bulan. Adapun lama penggunaan retainer gigi dapat berbeda-beda tergantung kondisi gigi masing-masing. 

Beberapa orang perlu memakai retainer gigi sepanjang hari, lalu hanya saat malam hari di 3 bulan berikutnya. Sementara itu, beberapa orang ada yang hanya perlu menggunakan retainer gigi selama 3 bulan, tetapi tidak boleh dilepas sepanjang hari. 

Berdasarkan bahan dan durasi pemakaiannya, retainer gigi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1.Retainer Hawley

Ini adalah jenis retainer gigi paling klasik dan cukup banyak digunakan. Retainer gigi ini memiliki kawat yang tertanam di dalam plat berbahan akrilik, yang nantinya berperan sebagai dasar dan ditempatkan di langit-langit atau dasar mulut. 

Lalu, kawat yang ada berfungsi untuk menahan susunan gigi dari depan, layaknya kawat gigi tanpa bracket. Retainer gigi jenis ini biasanya lebih awet dan dapat digunakan saat makan, selama kamu selalu menjaga kebersihannya. 

Namun, kekurangan retainer gigi ini adalah ukurannya yang cukup besar. Hal ini dapat mengganggu saat berbicara, karena mulut akan terkesan penuh. Selain itu, kawat yang digunakan juga berisiko membuat pipi bagian dalam dan gusi rentan sariawan. 

Baca juga: 6 Masalah Gigi yang Bisa Diatasi dengan Penggunaan Kawat Gigi

2.Retainer Plastik

Disebut juga clear plastic retainer, jenis ini memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan retainer gigi hawley. Bentuk dari retainer gigi plastik ini mirip seperti pelindung gigi yang sering digunakan atlet saat bertanding, tetapi lebih tipis, sehingga mulut tidak terlihat penuh. 

Retainer gigi ini cukup banyak dipilih karena lebih estetis. Selain itu, retainer gigi jenis ini juga dibuat khusus untuk masing-masing orang, karena harus disesuaikan dengan bentuk dan susunan gigi yang ada. 

Kelebihan lain dari retainer gigi jenis ini adalah tidak memengaruhi pengucapan saat sedang berbicara. Hal ini juga menjadi nilai plus yang membuat retainer gigi plastik lebih nyaman digunakan. 

Namun, kekurangan dari retainer plastik adalah lebih mudah patah dan rusak. Tak hanya itu, retainer gigi jenis ini juga mudah berubah warna jadi kuning, sehingga perlu benar-benar dijaga kebersihannya. 

3.Retainer Cekat

Berbeda dengan dua jenis retainer gigi lainnya, retainer cekat bersifat permanen karena dipasang di gigi, tidak bisa dilepas dan pasang sendiri. Retainer gigi ini biasanya dipasang di bagian belakang gigi yang menghadap lidah, sehingga tidak akan terlihat jika sedang menggunakan retainer. 

Selain itu, retainer gigi jenis ini juga tidak memengaruhi pengucapan saat sedang berbicara. Namun, kekurangannya adalah kamu akan kesulitan untuk menjaga kebersihan gigi secara maksimal, karena adanya kawat yang menempel permanen di gigi. Selain itu, kawat juga berisiko mengiritasi lidah.

Baca juga: Pakai Kawat Gigi, Ini Perawatan yang Perlu Dilakukan

Itulah beberapa jenis retainer gigi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan preferensi kamu. Untuk memilih jenis retainer gigi yang paling tepat, dokter akan menjelaskan lebih rinci kelebihan dan kekurangan masing-masing jenisnya pada kamu lebih lanjut.

Jadi, jika kamu sedang memakai kawat gigi dan dalam waktu dekat akan melepasnya, gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit. Lalu, kamu bisa bicara lebih lanjut dengan dokter untuk memilih jenis retainer gigi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Braces.
Healthline. Diakses pada 2021. What to Know Before You Get a Retainer.