• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Berbagai Manfaat Essence dalam Rangkaian Skincare
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Berbagai Manfaat Essence dalam Rangkaian Skincare

Kenali Berbagai Manfaat Essence dalam Rangkaian Skincare

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 September 2022

“Essence adalah produk perawatan kulit yang merupakan bagian dari skincare. Ia berbahan dasar air dan berfungsi untuk melembapkan, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.”

Kenali Berbagai Manfaat Essence dalam Rangkaian SkincareKenali Berbagai Manfaat Essence dalam Rangkaian Skincare

Halodoc, Jakarta –   Skincare adalah rangkaian perawatan penting supaya menjaga kulit tetap sehat dan glowing. Penerapan skincare yang tepat dapat membantu mengembalikan kesegaran kulit setelah seharian beraktivitas. Skincare jenis essence juga dapat membantu mencegah jerawat, mengobati kerutan, dan menjaga elastisitas kulit. 

Essence adalah adalah produk perawatan kulit yang merupakan bagian dari skincare. Ia berbahan dasar air dan berfungsi untuk melembapkan, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan menggunakan essence, maka kamu bisa membersihkan kulit secara maksimal. Informasi selengkapnya mengenai manfaat essence dalam rangkaian skincare bisa dibaca di sini!

Mengenal Manfaat Essence dalam Skincare

Essence dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja produk skincare lain dengan mempersiapkan kulit untuk lebih mudah menyerap produk lainnya. Kulit yang sudah dipersiapkan sebelumnya dengan nutrisi dari essence akan lebih mudah menerima pengaplikasian skincare yang akan digunakan selanjutnya. 

Pengaplikasian essence menjadi sangat penting, karena essence juga menjaga kelembapan kulit dan menahan hidrasi. Selain memberikan kelembapan, sebagian besar produk essence mengandung bahan aktif yang dapat membantu: 

  • Rehidrasi sel-sel kulit.
  • Melindungi penghalang kulit.
  • Meningkatkan kesehatan kulit.
  • Menyeimbangkan pH kulit.
  • Melembutkan dan menghaluskan kulit ari.

Tergantung pada bahan aktif lainnya, essence bisa saja mengandung bahan tambahan lain, anti-penuaan, anti-jerawat, ataupun antioksidan tinggi.

Selain itu, tidak seperti beberapa toner dan serum yang mengandung bahan keras contohnya retinol atau asam salisilat, essence mengandung bahan-bahan alami yang sangat jarang menimbulkan efek buruk pada kulit.

Itulah sebabnya mengapa essence disebut-sebut sebagai produk skincare yang aman untuk semua jenis kulit. 

Cara Menggunakan Essence untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal

Cara menggunakan essence untuk mendapatkan manfaat maksimal adalah dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Setelah wajah dicuci bersih, ingatlah untuk mengoleskan produk perawatan kulit sesuai urutan dan tipis-tipis saja. 

Diawali dengan membersihkan wajah dengan toner, baru kemudian dilanjutkan dengan essence, serum, baru kemudian pelembap. Pada dasarnya tujuan utama essence adalah menghidrasi, sehingga essence bisa diterapkan kapan saja. 

Essence bisa diterapkan di atas riasan untuk menyegarkan dan menghidrasi kulit setelah seharian bekerja.  Cara mengaplikasikan produk essence akan tergantung dari fungsional produk itu sendiri. Bisa dioleskan dulu ke kapas dan kemudian diusapkan ke wajah atau disemprotkan ke seluruh wajah. 

Untuk benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan essence, pastikan kamu membersihkan wajah dengan benar sebelum menggunakan produk skincare. Soalnya, bila kulit masih kotor, ini bisa memicu infeksi. Jangan meremehkan penggunaan tabir surya juga, sebab paparan sinar matahari dapat menyebabkan peradangan kulit. 

Mencuci muka di malam hari dan mengoleskan tabir surya di pagi hari sebenarnya sudah menjadi bagian dari perawatan wajah. Tetapi, menambahkan essence sebagai bagian dari rangkaian skincare dapat memberikan hidrasi ke kulit sehingga kulit nantinya akan mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga penampilannya akan tampak sehat bercahaya. 

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat essence sebagai rangkaian skincare, kamu bisa tanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya, yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. About Essence for Skin Care: How to Use & How It Differs from Toners and Serums.
BareMinerals.co.uk. Diakses pada 2022. What Is a Facial Essence & When Do I Use It?
SokoGlam.com. Diakses pada 2022. Essence vs Serum: What is Essence in Skin Care Anyway?