• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Ciri-Ciri Awal Seseorang Mengidap Kanker Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Ciri-Ciri Awal Seseorang Mengidap Kanker Kulit

Kenali Ciri-Ciri Awal Seseorang Mengidap Kanker Kulit

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Januari 2022

“Kanker kulit terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Ketiganya bisa jadi memiliki ciri-ciri yang berbeda pada kulit. Meski begitu, ketiga jenis kanker kulit tersebut memiliki satu gejala yang sama, yaitu timbulnya bintik atau benjolan.”

Kenali Ciri-Ciri Awal Seseorang Mengidap Kanker Kulit

Halodoc, Jakarta – Kanker kulit merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit secara abnormal. Penyakit tersebut sebenarnya dapat disembuhkan jika terdeteksi sedari awal. Sayangnya, kanker kulit sering kali sulit terdeteksi pada tahap awal karena gejalanya tidak disadari pengidapnya atau mirip dengan penyakit kulit lainnya. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala atau ciri-ciri awal yang muncul, jika seseorang mengidap kanker kulit. Kira-kira apa saja ya ciri-cirinya? Yuk simak informasinya di sini!

Ciri-Ciri Awal Kanker Kulit yang Perlu Diwaspadai

Ada tiga jenis utama kanker kulit, yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Ketiganya memiliki gejala atau ciri awal yang berbeda. Nah, berikut adalah penjabaran akan ciri atau gejala awal dari ketiganya, yaitu: 

1. Karsinoma Sel Basal

Dilansir dari Cleveland Clinic, karsinoma sel basal biasanya berkembang pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, terutama kepala dan leher. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa kanker kulit yang satu ini dapat berkembang pada bagian tubuh yang tertutup, seperti area kelamin.

Karsinoma sel basal biasanya menimbulkan gejala awal seperti benjolan merah muda atau kemerahan pada kulit. Sayangnya, benjolan tersebut sering kali disalahartikan sebagai jerawat atau cedera kulit. Selain itu, luka yang tidak kunjung sembuh (atau sembuh dan kembali lagi) dan mungkin berdarah, mengeluarkan cairan, atau mengeras juga dapat menjadi gejala awalnya. 

2. Karsinoma Sel Skuamosa

Layaknya kanker kulit jenis lainnya, karsinoma sel skuamosa umum terjadi  pada area yang kerap terpapar sinar matahari. Contohnya seperti wajah, telinga, dan tangan. Meski begitu, seseorang yang berkulit gelap akan lebih mungkin untuk mengembangkan karsinoma sel skuamosa pada area yang tidak sering terkena matahari.

Terdapat beberapa ciri atau gejala awal dari karsinoma sel skuamosa yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Adanya nodul atau pertumbuhan jaringan berbentuk benjolan yang tidak normal berwarna merah.
  • Terdapat luka datar dengan kerak yang bersisik.
  • Munculnya luka baru atau area kulit yang terangkat pada bekas luka atau bisul.
  • Munculnya bercak kasar dan bersisik pada bibir yang dapat berkembang menjadi luka terbuka.
  • Adanya luka pada mulut.
  • Timbulnya bercak merah yang menonjol seperti kutil pada anus atau alat kelamin.

3. Kanker Kulit Melanoma

Ciri awal dari kanker melanoma yang paling penting adalah munculnya bintik baru pada kulit. Bintik tersebut perlu diwaspadai terutama jika mengalami perubahan ukuran, bentuk,  warna bintik yang sudah terlebih dahulu muncul. Ketika penyakitnya berkembang, melanoma juga akan menimbulkan gejala seperti:

  • Munculnya bintik kecoklatan yang besar disertai bintik-bintik berwarna gelap.
  • Terjadinya perubahan warna dan ukuran pada tahi lalat. Terkadang, tahi lalat juga dapat berdarah.
  • Munculnya lesi kecil yang dapat disertai dengan rasa gatal atau terbakar dengan batas tidak teratur berwarna merah, putih, atau bahkan biru kehitaman. 
  • Munculnya lesi gelap pada telapak tangan, telapak kaki, ujung jari atau jari kaki. 

Nah, itulah penjelasan mengenai ciri awal kanker kulit yang perlu diketahui. Kanker kulit terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Ketiganya bisa jadi memiliki ciri-ciri yang berbeda pada kulit. Meski begitu, ketiga jenis kanker kulit tersebut memiliki satu gejala yang sama, yaitu timbulnya benjolan.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kanker kulit, kamu bisa menghubungi dokter spesialis untuk bertanya melalui aplikasi Halodoc. Berikut adalah rekomendasi dokter spesialis yang siap menjawab semua pertanyaan kamu:

1. dr. Wimpie Florentinus Panggarbesi, Sp.B(K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Dharma Nugraha, RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, RS Mitra Keluarga Bekasi Barat. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

2. dr. Denni Joko Purwanto, Sp.B (K) Onk, MM

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan RS Omni Alam Sutera. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia, dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

Segeralah menghubungi dokter agar kamu dapat mengurangi risiko gejala yang semakin memburuk. Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Skin Cancer
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Skin Cancer 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Basal cell carcinoma
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. SKIN CANCER TYPES: BASAL CELL CARCINOMA SIGNS AND SYMPTOMS
American Academy of Dermatology Association. SKIN CANCER TYPES: SQUAMOUS CELL CARCINOMA SYMPTOMS ]
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Signs and Symptoms of Melanoma Skin Cancer