• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Ciri-Ciri Tidak Cocok KB serta Penjelasannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Ciri-Ciri Tidak Cocok KB serta Penjelasannya

Kenali Ciri-Ciri Tidak Cocok KB serta Penjelasannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Februari 2022

“Setiap tubuh wanita akan merespon KB dengan cara yang berbeda. Tidak perlu heran jika kamu tidak cocok dengan salah satu atau beberapa jenis KB. Untuk itu penting untuk mengenali ciri-ciri tidak cocok KB. Contohnya menstruasi berlebihan, mood tidak stabil, hingga nyeri dada.”

Kenali Ciri-Ciri Tidak Cocok KB serta Penjelasannya

Halodoc, Jakarta – Setiap tubuh wanita berbeda dalam merespons alat kontrasepsi (KB). KB sendiri dapat memengaruhi tubuh dengan beberapa cara berbeda pula. Ada beberapa ciri-ciri tidak cocok KB yang perlu diwaspadai oleh setiap wanita. Jika ciri-ciri tidak cocok KB ini terjadi, sebaiknya segera hubungi dokter. 

Perlu diketahui, ada beberapa jenis KB yang saat ini umum digunakan. Contohnya saja pil KB, IUD (intrauterine device) atau spiral, hingga implan. Setiap jenis KB memiliki efek samping yang berbeda. Ada yang efek samping yang masih bisa diterima oleh tubuh, ada juga efek samping yang menjadi ciri-ciri tidak cocok dengan jenis KB tertentu. 

Lantas, apa saja ciri-ciri tidak cocok KB yang perlu diwaspadai?

  1. Menstruasi atau Pendarahan yang Berlebihan

Ketika KB pertama kali dipasang, ia mengandung dosis hormon yang sangat tinggi. Sehingga menciptakan efek samping tertentu, seperti penambahan berat badan hingga menstruasi yang berlebihan atau tidak teratur. Sering kali menstruasi berlebihan bisa sembuh seiring berjalannya waktu dan penyesuaian KB di dalam tubuh. Namun, jika terus berlanjut bisa jadi itu menjadi ciri-ciri tidak cocok KB, dan sebaiknya segera beri tahu dokter.

  1. Merasa Mual atau Kembung Terus-terusan

Hal ini mungkin gejala pra-menstruasi yang khas untuk beberapa orang. Namun, jika gejala ini terlalu berlebihan dan terjadi terus menerus, kemungkinan bisa saja mengindikasikan ciri-ciri tidak cocok KB. 

  1. Mood Naik Turun

Kamu bisa saja tiba-tiba kesal tanpa alasan, kehilangan libido, hingga merasa tertekan. Jika kamu menyadari hari demi hari dan minggu demi minggu mood sangat naik turun, bisa saja kondisi tersebut menandakan ciri-ciri tidak cocok KB. 

  1. Sakit Kepala Tanpa Sebab

Penggunaan KB dapat menyebabkan perubahan hormon estrogen, sehingga menyebabkan sakit kepala yang terus menerus. Biasanya sakit kepala akan hilang beberapa waktu seiring dengan penyesuaian. Namun, jika sakit kepala parah seharian dan berlangsung selama berhari-hari, kemungkinan itu ciri-ciri tidak cocok KB.

  1. Nyeri Dada atau Kaki Bengkak

Salah satu komplikasi besar dari penggunaan KB adalah pembentukan deep vein thrombosis, atau pembekuan darah yang cenderung dimulai di kaki dan bisa naik ke paru-paru. Salah satu gejala pertama bisa berupa satu kaki terasa sakit, bengkak, dan memerah. 

Jika bekuan darah pecah dan naik ke paru-paru, hal itu dapat menyebabkan nyeri dada hebat yang semakin parah saat menarik napas. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera temui dokter. 

Itulah beberapa ciri-ciri tidak cocok KB yang perlu diwaspadai. Kapan pun kamu merasa gejala yang mengkhawatirkan setelah pemasangan KB, sebaiknya segera tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mind Body Green. Diakses pada 2022. 6 Red Flags Your Birth Control Might Not Be Working For You
Simple Health. Diakses pada 2022. Signs You Should Switch Birth Control
Self. Diakses pada 2022. 9 Signs You Need To Switch Your Birth Control