• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Gejala Alzheimer di Usia Muda

Kenali Gejala Alzheimer di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali Gejala Alzheimer di Usia Muda

“Tahukah kamu jika penyakit Alzheimer yang umumnya menyerang orang tua dapat terjadi di usia muda? Pada beberapa kasus, gejala penyakit yang menurunkan fungsi otak ini dapat dilihat sejak seseorang beranjak remaja. Lantas, apa saja gejala Alzheimer yang bisa dialami di usia muda?”

Halodoc, Jakarta – Secara umum, penyakit Alzheimer memang akan menyebabkan pengidapnya kehilangan fungsi kognitif dan keterampilan fisik lainnya. Kondisi tersebut tentu dapat membuat aktivitas harian menjadi terganggu, serta menurunkan kualitas hidup pengidap. Hal yang perlu ditegaskan, masalah kesehatan yang satu ini bukan hanya dialami oleh orang tua saja, tapi juga bisa menyerang mereka di usia muda.  

Nah, Alzheimer di usia remaja atau muda ditandai dengan beberapa gejala berikut ini:

Baca juga: Penyakit Alzheimer Bisa Dicegah dengan Lakukan 6 Cara Ini

1. Sering Lupa

Merupakan hal yang wajar jika hanya lupa sesekali saja. Namun, gejala Alzheimer yang satu ini terlihat di luar batas normal. Bukan hanya lupa akan tanggal atau acara penting saja. Pengidap seringkali menanyakan pertanyaan secara berulang, serta harus diingatkan berkali-kali tentang suatu hal.

2. Kesulitan Memecahkan Masalah

Pengidap Alzheimer bukan hanya terlihat kesulitan untuk menyusun dan menjalankan rencana kerja. Ia juga cenderung mengalami penurunan kemampuan dalam memecahkan masalah. 

3. Kesulitan Mengerjakan Hal yang Rutin Dilakukan

Kesulitan mengerjakan hal yang rutin dilakukan bisa saja terjadi akibat penurunan kemampuan berkonsentrasi. Seiring dengan perkembangan penyakit, hal-hal yang rutin dilakukan justru semakin sulit dilakukan, seperti lupa jalan menuju rumah atau tempat kerja.

4. Kesulitan Menyadari Waktu dan Tempat

Lupa jam, tanggal, bahkan tempat yang saat ini ia pijaki menjadi gejala Alzheimer selanjutnya. Pengidap bahkan seringkali lupa saat merencanakan kegiatan atau memiliki janji pertemuan penting.

Baca juga: Sering Pelupa, Waspadai 7 Gejala Alzheimer

5. Mengalami Masalah Penglihatan

Gangguan penglihatan pada pengidap Alzheimer ditandai dengan kesulitan membaca, menentukan jarak, dan menentukan warna atau kontras warna. Gejala yang satu ini sangat berbahaya jika ia harus bepergian seorang diri.

6. Kesulitan Menemukan Kata yang Tepat saat Berbicara

Gejala yang satu ini akan terlihat saat mengobrol dengan pengidapnya. Biasanya, ia mendadak menghentikan pembicaraan, atau tidak mampu menyelesaikan kalimat karena lupa. Pengidap juga kerap mengulang cerita atau kata-kata yang dibicarakan.

7. Menarik Diri dari Pergaulan Sosial

Kondisi ini biasanya terjadi saat semakin banyak gejala yang dirasakan. Pengidap cenderung menarik diri dari pergaulan sosial, termasuk lingkup pekerjaannya. Bahkan, pengidap tidak lagi menjalankan hobi yang sebelumnya sering dilakukan.

8. Mengalami Perubahan Emosi dan Kepribadian

Selain penurunan kognitif, pengidap akan mengalami perubahan kepribadian. Mereka cenderung sering mengalami perubahan suasana hati dalam waktu singkat. Contohnya saja, pengidap mudah marah jika melakukan aktivitas di luar rutinitas. Hal tersebut membuat pengidap sering merasa cemas, kebingungan, bahkan ketakutan dengan hal baru tersebut.

Baca juga: Sering Begadang? Waspada Risiko Alzheimer

Sejumlah gejala Alzheimer yang dialami oleh anak muda memang tidak jauh berbeda dari gejala Alzheimer pada orang tua. Meski demikian, kamu bisa mengambil langkah tepat saat menemukan sejumlah gejala tersebut di usia muda. Diskusikan segera dengan dokter di aplikasi Halodoc jika mengalami sejumlah gejala tersebut, dan temukan langkah tepat untuk mengatasinya. Segera download aplikasinya di sini.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Signs of Early Onset Alzheimer’s Disease (AD)?
Alzheimer’s Association. Diakses pada 2021. 10 Early Signs and Symptoms of Alzheimer’s.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Early-Onset Alzheimer’s Disease.
Healthline. Diakses pada 2021. Complications of Alzheimer’s Disease (AD).