• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Gejala Kanker Lidah pada Stadium Awal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Gejala Kanker Lidah pada Stadium Awal

Kenali Gejala Kanker Lidah pada Stadium Awal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 Desember 2021
Kenali Gejala Kanker Lidah pada Stadium Awal

“Terdapat beberapa gejala kanker lidah stadium awal yang perlu kamu waspadai. Mulai dari sariawan yang tak kunjung membaik hingga timbulnya benjolan pada lidah. Jika kamu mengalami salah satu atau sejumlah gejalanya, segeralah memeriksakan diri ke dokter.”

Halodoc, Jakarta – Kanker lidah merupakan penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali pada lidah. Layaknya setiap jenis kanker, kanker lidah juga memiliki empat tahapan stadium untuk menentukan seberapa parah gejala dan penyakitnya. Jika kanker lidah sudah mencapai stadium empat tanpa penanganan, kondisi ini akan berdampak fatal pada pengidapnya.

Berita baiknya, peluang kesembuhan pengidap kanker lidah akan lebih besar jika diobati sejak stadium awal. Oleh karena itu, sebaiknya ketahuilah beberapa gejala kanker lidah stadium awal. Tujuannya agar penanganan dapat dilakukan sedari dini. Penasaran apa saja gejalanya? Yuk simak informasinya di sini!

Mulai dari Sariawan hingga Benjolan pada Lidah

Berikut adalah beberapa gejala kanker lidah pada stadium awal yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Timbulnya lesi atau sariawan pada mulut sebenarnya normal dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Namun, jika sariawan tak kunjung membaik dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter. 

Sebab, tergantung dari stadium perkembangannya, gejala kanker lidah yang paling umum adalah luka yang tak kunjung sembuh di rongga mulut. Di samping itu, kanker lidah stadium awal juga biasanya menimbulkan gejala seperti berdarahnya lidah tanpa alasan yang jelas.

2. Kesulitan Menelan

Kesulitan menelan atau disfagia, merupakan salah satu gejala kanker lidah stadium awal yang perlu diketahui. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 silam, disfagia pada kanker mulut seperti kanker lidah disebabkan oleh hilangnya jaringan yang luas. Selain itu, disfagia sebagai gejala awal kanker juga disebabkan oleh ekskursi terbatas dari jaringan yang tersisa serta kelumpuhan sensorik lidah.

3. Adanya Perubahan Suara dan Cara Bicara

Jika secara tiba-tiba kamu merasakan adanya perubahan cara bicara, seperti tiba-tiba menjadi cadel atau suara menjadi serak, sebaiknya periksakan dirimu ke dokter. Sebab, kedua hal tersebut merupakan salah satu gejala dari kanker lidah stadium awal.

4. Adanya Benjolan pada Lidah

Dilansir dari NHS, adanya benjolan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya pada sisi lidah juga menjadi salah satu gejala awal kanker lidah. Terutama jika benjolan tersebut tidak kunjung membaik dalam jangka waktu yang lama. Nah, perlu diketahui bahwa umumnya kanker lidah menimbulkan benjolan yang berwarna merah muda atau murah. Benjolan tersebut akan berdarah jika kamu menyentuh atau menggigitnya.

Bisakah Kanker Lidah Dicegah?

Faktor risiko terbesar pemicu kanker lidah adalah penggunaan tembakau dan alkohol dalam jangka waktu lama, infeksi virus papiloma hingga faktor kebersihan gigi serta mulut. Kamu dapat mengurangi risiko kanker lidah dengan merawat mulut dan menghindari faktor risiko pemicunya. Nah, berikut adalah beberapa cara yang perlu kamu lakukan, antara lain:

  1. Berhenti merokok atau mengunyah tembakau.
  2. Membatasi konsumsi minuman beralkohol.
  3. Menjalani vaksinasi lengkap HPV.
  4. Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran dalam pola makan sehari-hari.
  5. Pastikan untuk selalu menyikat gigi setiap hari dan flossing secara teratur agar kebersihan mulut terjaga.
  6. Jika memungkinkan, temuilah dokter gigi setiap enam bulan sekali secara rutin.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa gejala kanker lidah stadium awal yang perlu diwaspadai sedari dini. Mulai dari sariawan yang tak kunjung sembuh hingga terdapat benjolan pada lidah yang tak kunjung hilang dalam jangka waktu yang lama. Penting untuk selalu memastikan beberapa gejala-gejala tersebut. Sebab, kanker lidah perlu ditangani sedari dini agar dapat meningkatkan peluang kesembuhan pengidapnya. 

Maka dari itu, segeralah memeriksakan diri ke dokter jika merasakan salah satu atau sejumlah gejala kanker lidah stadium awal tersebut. Terutama jika kamu memiliki sariawan yang tak kunjung membaik dan selalu keluar darah saat disentuh.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji dengan dokter spesialis onkologi di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Tongue Cancer.
Cancer Research UK. Diakses pada 2021. What is tongue cancer?
NHS. Diakses pada 2021. Mouth cancer.
NCBI. Diakses pada 2021. Dysphagia in Tongue Cancer Patients.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Tongue cancer.