• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Gejala Tipes yang Perlu Ditangani Dokter
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Gejala Tipes yang Perlu Ditangani Dokter

Kenali Gejala Tipes yang Perlu Ditangani Dokter

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 31 Januari 2022

“Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti demam, sakit kepala, dan tubuh lemas. Namun, gejala tipes biasanya akan muncul bertahap sehingga harus diwaspadai.”

Kenali Gejala Tipes yang Perlu Ditangani DokterKenali Gejala Tipes yang Perlu Ditangani Dokter

Halodoc, Jakarta – Gejala tipes biasanya akan muncul secara bertahap. Perkembangan gejala penyakit ini terjadi dalam kurun waktu beberapa minggu. Maka dari itu, penting untuk melakukan penanganan medis yang tepat agar gejala penyakit yang muncul tidak semakin parah. Jika tidak ditangani dengan baik, tipes bahkan bisa meningkatkan risiko komplikasi serius. 

Tipes sendiri merupakan penyakit yang terjadi karena ada infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini bisa memicu gejala penyakit saat masuk ke dalam tubuh. Penularan bakteri Salmonella typhi bisa terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut. Biasanya makanan atau minuman yang tidak terjaga kebersihannya. 

Gejala Tipes yang Harus Diwaspadai 

Penting untuk mengetahui apa saja gejala penyakit tipes, sehingga penanganan yang tepat bisa segera dilakukan. Pada umumnya, gejala penyakit ini akan muncul secara bertahap dalam rentang waktu beberapa minggu. Hal ini disebabkan oleh masa inkubasi yang bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Masa inkubasi adalah waktu sejak infeksi bakteri terjadi sampai munculnya gejala. 

Gejala awal biasanya muncul pada 7–14 hari setelah bakteri menginfeksi. Namun, ada juga yang mengalami masa inkubasi lebih pendek atau lebih panjang, yaitu sekitar 3–30 hari. Gejala yang muncul bisa ringan hingga berat dan berkembang setiap minggunya. Gejala utama dari penyakit ini adalah demam yang cenderung meningkat setiap hari. 

Selain itu, pada awal terjadinya tipes, pengidapnya juga bisa mengalami gejala sakit kepala, nyeri tubuh, batuk, mudah merasa lelah, sembelit, hingga penurunan nafsu makan yang berujung pada penurunan berat badan. Kabar buruknya, kondisi pengidap tipes bisa menjadi lebih buruk setelah beberapa hari atau minggu karena gejala umumnya muncul secara bertahap. 

Saat infeksi berlanjut, pengidap penyakit ini akan mengalami gejala penyakit yang lebih parah, seperti nyeri yang tidak tertahankan, sakit perut, mual dan muntah, serta diare. Kondisi ini harus segera diobati. Jika tidak, gejala yang terus memburuk selama berminggu-minggu bisa meningkatkan risiko komplikasi yang berdampak fatal pada kondisi kesehatan tubuh. 

Kapan Harus Menemui Dokter? 

Jika muncul gejala penyakit, terutama yang menyerupai gejala tipes, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan apakah gejala yang muncul merupakan tanda penyakit tipes atau gangguan kesehatan lainnya. Apalagi, kalau gejala penyakit yang muncul tidak membaik atau bahkan cenderung memburuk setelah beberapa saat. 

Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika muncul gejala seperti demam tinggi, tubuh lemas, mual muntah, dan buang air besar parah. Pemeriksaan medis juga penting dilakukan jika kamu baru saja bepergian ke daerah yang memiliki sanitasi buruk dan daerah yang memiliki tingkat penyebaran penyakit tipes cukup tinggi. 

Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mencari daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi segera. Semakin cepat ditangani oleh tenaga medis, risiko terjadinya komplikasi parah akan semakin rendah. Kamu juga bisa membuat janji temu dengan dokter hanya dalam satu aplikasi. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Oleh karena gejala tipes seringkali mirip dengan gejala penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, pemeriksaan media sebaiknya segera dilakukan. Saat melakukan pemeriksaan ke dokter, jangan lupa untuk menyampaikan apa saja keluhan yang dialami, durasi gejala penyakit muncul, dan riwayat bepergian serta makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2022. Typhoid fever.
Kids Health. Diakses pada 2022. Typhoid Fever.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Typhoid fever.