• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Gejala Trisomy 13 Pada Bayi

Kenali Gejala Trisomy 13 Pada Bayi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta — Gejala penyakit trisomy 13 pada bayi setelah bayi dilahirkan bisa dikenali dari tanda-tanda berikut ini.

  1. Penyakit Jantung Bawaan

Masalah cacat jantung bawaan yang bisa terjadi seperti atrial atau ventricular septal defects dan patent ductus arteriosus (PDA) yang terjadi ketika saluran pada bagian arteri pulmonalis dan aorta selama masa perkembangan gagal ditutup.

  1. Kelainan Otak

Pengidap trisomy 13 sering mengalami tidak adanya pita saraf yang menggabungkan dua bagian otak (agenesis corpus callosum) yang bisa menyebabkan anak menderita cacat otak permanen dan memiliki kecerdasan yang buruk.

  1. Kelainan Sumsum Tulang Belakang

Kelainan sumsum tulang belakang ini menyebabkan anak berpotensi mengalami spina bifida, yakni cacat tabung saraf yang terhubung dengan sistem tulang belakang.

  1. Mata Terlalu Kecil (Mikroftalalmia)

Bayi dengan trisomy 13 memiliki bentuk mata yang terlalu sempit. Bayi akan terlihat seperti tidur tapi sebenarnya tidak.

  1. Cacat Bibir Sumbing

Beberapa bayi pengidap trisomy 13 mengalami cacat bibir sumbing. Jenis cacat ini menyebabkan mulut bayi tidak sempurna, bisa saja hanya bagian mulut atau terhubung hingga langit-langit.

  1. Kegagalan Pertumbuhan

Bayi dengan penyakit trisomy 13 juga biasanya mengalami kegagalan pertumbuhan yang menyebabkan bayi memiliki berat badan yang rendah, kemampuan fungsi tubuh tidak normal, dan perkembangan yang sangat lambat.

  1. Berhenti Bernafas Mendadak

Serangan apnea bisa terjadi pada bayi dengan penyakit trisomy 13. Serangan apnea menyebabkan bayi berhenti bernafas dalam waktu tertentu. Ini kondisi yang sangat berbahaya, sehingga membuat bayi perlu menerima alat bantu nafas sejak lahir dan terapi alat bantu nafas hingga dewasa.

Merawat anak pengidap penyakit trisomy 13 membutuhkan kehati-hatian dan kewaspadaan. Kamu bisa menjadikan aplikasi Halodoc sebagai sahabat buat bertanya tentang merawat bayi pengidap penyakit trisomy 13. Kamu bisa bertanya kepada dokter ahli melalui layanan voice/video call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, ada menu Pharmacy Delivery yang membantu kamu membeli vitamin dan obat-obatan. Selain itu, kamu juga bisa cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.