• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Infundibulum, Bagian dari Sistem Reproduksi Wanita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Infundibulum, Bagian dari Sistem Reproduksi Wanita

Kenali Infundibulum, Bagian dari Sistem Reproduksi Wanita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Agustus 2022

“Infundibulum adalah bagian dari tuba falopi. Saluran ini berperan menangkap telur yang sudah matang agar bisa menuju tuba falopi.”

Kenali Infundibulum, Bagian dari Sistem Reproduksi WanitaKenali Infundibulum, Bagian dari Sistem Reproduksi Wanita

Halodoc, Jakarta – Infundibulum adalah sebuah saluran yang masih bagian dari tuba falopi, yaitu saluran yang menghubungkan antara indung telur (ovarium) dengan rahim. Letaknya ada di tengah-tengah antara tuba fallopi dan ovarium, lebih tepatnya berada di saluran paling ujung dekat dengan ovarium. 

Infundibulum berbentuk seperti corong yang lebar. Panjangnya kira-kira 10 sampai 13 sentimeter dan berdiameter sekitar 0,5 sampai 1,2 sentimeter. Di bagian ujungnya terdapat lipatan-lipatan mirip seperti serabut yang disebut fimbrae. 

Fungsi utama saluran ini adalah menangkap telur hasil dari proses ovulasi, yakni proses pelepasan telur yang telah matang dari dalam rahim. Ketika telur bertemu sperma, proses fertilisasi pada infundibulum terjadi. Sebelum melekat ke dalam rahim, embrio hasil fertilisasi berkembang di dalam saluran ini. 

Kenali Struktur Tuba Fallopi Lainnya

Infundibulum adalah salah satu bagian dari tuba falopi, yaitu saluran yang bertugas mengangkut sel-sel telur yang telah matang dari rahim. 

Selain infundibulum, tuba falopi juga terdiri dari bagian lain, yaitu ampulla, isthmus, dan intramural.

1. Ampulla

Ampulla adalah bagian terpanjang dan terluas dari saluran tuba falopi. Mereka punya dinding yang sangat tipis dan saluran yang lebar. Bagian ini menjadi tempat bertemunya sel telur dan sel sperma. 

2. Isthmus

Saluran ini punya diameter yang lebih kecil jika dibandingkan dengan infundibulum. Namun, dinding-dindingnya dilapisi oleh otot yang cukup tebal. Tujuannya agar pembuahan pada sistem reproduksi berjalan dengan baik sampai embrio tertanam ke dalam rahim. 

4. Intramural

Mirip dengan isthmus, intramural memiliki saluran yang sempit. Tetapi, saluran ini mampu menembus dinding uterus, yaitu tempat untuk menampung sel telur yang sudah dibuahi sampai berkembang menjadi janin. 

Masalah Reproduksi yang Berkaitan dengan Tuba Falopi

Tuba falopi punya peranan penting dalam mengangkut sel telur yang sudah dibuahi ke dalam rahim. Ketika ada masalah pada saluran ini, seorang wanita bisa kesulitan hamil. Pasalnya, hampir 30 persen masalah pembuahan terjadi di tuba falopi. Masalah reproduksi yang bisa terjadi di saluran ini, antara lain:

  • Kehamilan ektopik, di mana embrio tidak berkembang di rahim, melainkan di tuba falopi. Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani, kondisi ini justru bisa mengancam nyawa pengidapnya. 
  • Endometriosis, yaitu tumbuhnya sebuah jaringan di luar lapisan rahim. Jaringan ini bisa menyumbat tuba falopi dan menyulitkan wanita untuk hamil. 
  • Menurut penelitian baru, kanker rahim kemungkinan besar berawal dari saluran tuba falopi, bukan indung telur (ovarium).
  • Fibroid atau daging tumbuh di dalam rahim. Kondisi ini bersifat non kanker alias tidak ganas. Meski begitu, daging tumbuh ini bisa menyumbat saluran tuba.
  • Hidrosalping yaitu saluran tuba karena penumpukan cairan setelah mengalami cedera atau infeksi. Penyumbatan ini juga bisa membuat wanita lebih sulit untuk hamil.
  • Kista paratubal ditandai dengan tumbuhnya sebuah massa yang berisi cairan. Jenis kista tersebut biasanya terbentuk di dekat ovarium dan saluran tuba . Kista paratubal bersifat jinak (bukan kanker) dan biasanya sembuh tanpa pengobatan.
  • Salpingitis atau penyakit radang panggul akibat infeksi. Jika tidak diobati, hal ini bisa menyebabkan infertilitas alias kemandulan dan meningkatkan risiko kehamilan ektopik. 
  • Terbentuknya jaringan parut setelah operasi juga dapat menyebabkan masalah kesuburan di saluran tuba.

Konsumsi vitamin dan suplemen agar daya tahan lebih terjaga dan terhindar dari masalah-masalah di atas. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc sekarang juga. Jangan tunggu sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Fallopian Tubes.
Merriam Webster. Diakses pada 2022. infundibulum.
Cambridge Dictionary. Diakses pada 2022. infundibulum.