• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Karakter Anjing Siberian Husky

Kenali Karakter Anjing Siberian Husky

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Anjing jenis Siberian Husky dikenal luas sebagai anjing yang tinggal di iklim dingin. Anjing jenis ini merupakan anjing kereta luncur milik orang-orang Chukchi di Asia Timur Laut. Anjing Husky diandalkan untuk membantu manusia dalam memperluas tempat berburu, karena mereka mampu berlari jarak jauh dengan kecepatan sedang. Selain itu, anjing jenis ini dapat membawa beban ringan dalam suhu yang sangat rendah tanpa menghabiskan banyak energi. 

Siberian Husky biasanya sangat menyenangkan jika dijadikan peliharaan. Mereka ramah, ceria, dan memiliki penampilan yang mencolok. Meskipun Husky memiliki banyak ciri yang menarik, mereka mungkin bukan pilihan paling ideal untuk dipelihara. Ini karena mereka memiliki karakteristik tertentu.

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Ramah Anak

Temperamen dan Kepribadian Anjing Siberian Husky

Anjing Husky berjiwa bebas dan biasanya ramah kepada manusia. Mereka atletis, suka bermain, dan lincah. Mereka suka berada di luar ruangan dan membutuhkan olahraga harian yang signifikan, terutama dalam cuaca dingin. Husky harus dibawa jalan-jalan, berlari, atau mendaki setiap hari.

Ketika mereka pergi ke luar rumah, mereka harus diikat sepanjang waktu, karena mereka adalah makhluk yang sangat mandiri dan terlahir untuk berlari. Jika ada sesuatu yang menarik minat mereka dan mereka tidak terikat pada tali, mereka pasti akan kabur.

Keramahan dan kasih sayang dari kepribadian Siberian Husky membuat mereka menjadi sahabat yang baik untuk orang-orang dari segala usia. Selain anggota keluarga, keramahan ini sering kali juga ia berikan kepada orang asing dan anjing lain. Karena itu, mereka tidak bukanlah pengawas terbaik.

Kebanyakan Anjing Siberian Husky adalah:

  • Senang bermain dengan anak-anak.
  • Kompatibel dengan hewan peliharaan lainnya.
  • Mudah dilatih.
  • Berjiwa bebas dan menyenangkan.
  • Atletis dan gesit.
  • Baik dengan orang asing dan anjing lain.

Baca juga: 5 Jenis Anjing yang Mudah untuk Dilatih 

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Memelihara Siberian Husky

Anjing Husky mudah dilatih dan sangat cocok untuk rumah dengan anak-anak. Sebagai anjing kawanan alami, mereka suka menjadi bagian dari sebuah keluarga dan tidak suka ditinggalkan sendirian untuk waktu yang lama. Karena Siberian Husky adalah jenis anjing yang ramah dan suka bertemu orang baru, mereka tidak bisa dijadikan anjing pengawas. 

Mereka adalah anjing yang sangat energik dan tidak bisa menahan diri untuk tidak mengejar hewan yang lebih kecil. Oleh karena itu, mereka membutuhkan tempat yang aman untuk berlarian, seperti halaman berpagar atau taman anjing.

Sebagian besar husky rukun dengan anjing lain, tetapi mereka memiliki naluri predator alami dan dapat mengejar atau menyakiti kucing peliharaan. Selain itu, mereka tidak boleh ditempatkan di sekitar kelinci atau burung peliharaan.

Penting agar pagar halaman tinggi dan aman, karena Husky dapat melompat tinggi dan menggali di bawah pagar untuk melarikan diri. Untuk memeliharanya, pagar rumah harus terbuat dari kayu solid dan tingginya minimal 3 meter. Kawat juga harus dibenamkan ke dalam tanah di sepanjang garis pagar untuk mencegah mereka menggali. Selain itu, Husky juga tidak boleh ditinggalkan di luar di halaman tanpa pengawasan. 

Jika hendak memelihara Siberian Husky, sangat tepat jika kamu memelihara dua ekor anjing ini. Dengan dua anjing, mereka akan bisa menghibur satu sama lain. Namun, kamu tidak perlu memiliki dua husky, tetapi memiliki anjing lain yang suka bercanda akan sangat membantu. Tanpa anjing lain di rumah, pemilik husky harus cepat berdiri dan siap bermain setiap hari.

Sangat disarankan juga untuk mengadopsi anjing yang lebih tua. Anjing yang lebih tua akan tetap sangat ramah dan memiliki kepribadian yang kuat, dan mereka tidak memiliki tingkat energi yang sama dengan anak anjing husky yang sangat gesit.

Baca juga: Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Jika kamu memiliki anjing di rumah dan sedang kehabisan makanan untuk mereka, jangan panik. Kini kamu juga bisa beli makanan anjing atau kucing melalui toko kesehatan di Halodoc. Dengan layanan antar, kamu jadi tak perlu lagi keluar rumah dan pesanan kamu akan tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Canna-Pet. Diakses pada 2021. Husky Temperament & Personality.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Amazing Facts About Siberian Huskies.
Your Pure Breed Puppy by Michele Welton. Diakses pada 2021. Siberian Huskies: What's Good About 'Em, What's Bad About 'Em.