Kenali Lebih Dekat dengan Layanan Home Care

Layanan home care

Halodoc, Jakarta - Urusan kesehatan yang seharusnya menjadi perhatian pertama biasanya terabaikan begitu saja. Orang-orang biasanya baru memperhatikan kesehatan jika mereka sudah jatuh sakit. Cara yang dilakukan guna mendapatkan pelayanan pun berbeda-beda, ada yang datang ke rumah sakit, dan ada pula yang lebih memilih untuk menggunakan layanan home care. Nah, jika kamu masih asing dengan nama home care, yuk kenali lebih dekat di sini.

Baca juga: Begini Prosedur Rawat Jalan dengan BPJS

  • Waktu Bisa Ditentukan Sendiri

Jika berobat ke rumah sakit kamu harus repot-repot bangun pagi agar antrian tidak penuh, dengan layanan home care kamu hanya perlu berdiam diri dirumah. Kamu enggak perlu repot untuk mengejar waktu, jadi lebih mudah untuk kamu yang memiliki lebih banyak kesibukan yang tidak sempat untuk memberikan perawatan kepada salah satu anggota keluarga yang sedang mengalami sakit.

  • Proses Penyembuhan Lebih Terkontrol

Dengan perawat yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu, sudah pasti perawatan yang dilakukan akan mempercepat proses penyembuhan yang tengah kamu jalani.

  • Biaya Perawatan yang Lebih Terjangkau

Pelayanan home care tidak bisa kamu bandingkan dengan biaya perawatan yang kamu lakukan sendiri. Namun, bandingkan dengan perawatan medis yang dilakukan di rumah sakit berikut ongkos pulang dan pergi. Tentunya dengan home care akan meminimalisir biaya-biaya yang tidak diperlukan, karena biaya akan terfokus pada penanganan medis yang dilakukan perawat.

Baca juga: Rawat Inap di Rumah Sakit Bisa Pakai BPJS

  • Mempererat Ikatan Kekeluargaan

Hubungan tali kekeluargaan bisa saja merenggang ketika salah satu anggota keluarga sakit. Renggangnya ikatan kekeluargaan juga disebabkan oleh beberapa macam faktor, termasuk kesibukan masing-masing anggota keluarga.

Nah, dengan adanya layanan home care maka hubungan antar keluarga bisa menjadi lebih erat. Hal ini dikarenakan perawat akan memberikan informasi mengenai perkembangan peserta home care kepada keluarga secara teratur dengan mengumpulkan seluruh anggota keluarga dan saling berdiskusi.

  • Tanggungan untuk Merawat Teratasi

Nah, ini menjadi salah satu manfaat yang paling banyak dirasakan oleh keluarga peserta. Terutama jika seluruh anggota keluarga memiliki kesibukan yang berbeda-beda, seperti bersekolah atau bekerja. Tentunya pikiran mereka akan tersita dengan hal ini. Dengan adanya home care, peserta tetap diawasi, diperhatikan, dan diberikan perawatan intensif yang dibutuhkan. Selain itu, keluarga dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan atau kendala.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Layanan Home Care

Nah, sebelum menggunakan layanan ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  1. Diskusikan dengan dokter. Pastikan dokter menyetujui dan memberikan instruksi apa yang harus dilakukan.
  2. Jelaskan kebutuhan apa yang kamu perlukan terkait dengan pelayanan home care.
  3. Perawat harus memberikan informasi terbaru tentang perkembangan kesehatan peserta home care secara berkala kepala keluarga

Jika melihat tugas dan peran dari perawat home care yang berkaitan dengan kondisi peserta, kamu harus teliti untuk memilih jasa perawat. Pendamping khusus untuk peserta yang membutuhkan alat bantu medis tertentu harus berasal dari perawat berpengalaman yang memiliki izin praktek, sehingga keamanan dan kenyamanan peserta layanan home care dapat terjamin.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Terapi Wicara Dilakukan?

Untuk layanan home care, kamu bisa diskusikan terlebih dulu dengan dokter di rumah sakit yang kamu inginkan di Halodoc. Karena memilih perawat yang sesuai dengan kebutuhan akan sangat penting dilakukan guna membantu mempercepat proses penyembuhan yang kamu jalani. Ayo, download aplikasinya sekarang!