• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Macam-macam Penyakit Jantung dan Pencegahannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Macam-macam Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Kenali Macam-macam Penyakit Jantung dan Pencegahannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 November 2022

“Ada macam-macam penyakit jantung, seperti serangan jantung hingga endokarditis. Kamu pun bisa menjaga kesehatan jantung dengan olahraga dan menjaga kebersihan mulut serta gigi.”

Kenali Macam-macam Penyakit Jantung dan PencegahannyaKenali Macam-macam Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Halodoc, Jakarta – Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital untuk kesehatan. Ketika jantung mengalami gangguan, kondisi ini dapat menyebabkan tubuh tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

Menjalani gaya hidup sehat menjadi cara untuk menjaga kesehatan jantung dengan baik. Yuk, ketahui macam-macam penyakit jantung dan pencegahannya berikut ini! 

Macam-macam Penyakit Jantung

Berikut ini jenis penyakit jantung yang perlu kamu ketahui, seperti:

1. Serangan Jantung

Serangan Jantung

Kondisi ini terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan asupan darah sesuai dengan kebutuhan. Hipertensi, kolesterol, dan diabetes menjadi penyakit yang meningkatkan risiko serangan jantung.

Kamu bisa mencegah penyakit ini dengan membatasi asupan makanan yang berlemak dan mengandung gula tambahan. Olahraga dan aktif secara fisik menjadi cara pencegahan serangan jantung.

2. Aritmia

Aritmia

Aritmia menjadi salah satu gangguan yang terjadi pada irama jantung. Pengidap aritmia dapat merasakan jantungnya berdetak lebih cepat, lebih lambat, atau tidak teratur sehingga menyebabkan beberapa keluhan kesehatan, seperti kelelahan.

Jika tidak diatasi, aritmia dapat menyebabkan stroke, gagal jantung, hingga henti jantung mendadak. Untuk itu, lakukan pencegahan dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat, berhenti merokok, olahraga secara teratur, serta membatasi asupan minuman alkohol dan kafein.

3. Endokarditis

Endokarditis

Endokarditis merupakan kondisi peradangan pada bagian dalam jantung. Penyakit ini terjadi akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur. Pengidapnya dapat mengalami beberapa gejala, seperti demam, detak jantung cepat, nyeri dada, dan bunyi jantung yang tidak normal.

Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya selalu jaga kebersihan mulut dan gigi. Selain itu, hindari berbagai tindakan yang dapat memicu infeksi pada tubuh.

Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter jika mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan kondisi jantung menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Endocarditis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Heart Attack.
NHS. Diakses pada 2022. Arrhythmia.