• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Buah Ciplukan untuk Diet

Kenali Manfaat Buah Ciplukan untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernah makan buah ciplukan? Meski agak langka, buah yang juga dikenal dengan nama golden berries ini punya segudang manfaat istimewa yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu manfaat buah ciplukan adalah untuk membantu diet. Buah ini terkenal tinggi serat dan rendah kalori. 

Buah ciplukan juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena selain tinggi serat, buah ciplukan juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal penyakit. 

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

Ragam Manfaat Buah Ciplukan

Seperti dibahas tadi, buah ciplukan memiliki manfaat untuk menunjang keberhasilan diet. Sebab, salah satu kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori harian.

Itulah sebabnya, orang yang sedang diet disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Nah, buah ciplukan bisa jadi solusi, karena buah ini rendah kalori dan tinggi serat.

Selain bagus untuk yang sedang diet, manfaat buah ciplukan sebenarnya masih banyak lagi. Berikut beberapa di antaranya:

1.Menangkal Bahaya Radikal Bebas

Buah ciplukan kaya akan kandungan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas berlebih. Perlu diketahui bahwa paparan radikal bebas berlebih kerap dikaitkan dengan penuaan dini serta kanker.

2.Mengurangi Peradangan

Masih soal antioksidan yang terkandung dalam buah ciplukan. Selain bisa membantu mencegah kerusakan sel, kandungan antioksidan itu juga bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Buah ciplukan baik dikonsumsi orang-orang yang memiliki kondisi peradangan seperti asam urat, nyeri otot, hingga nyeri kronis.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

3.Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah ciplukan dinilai dapat memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh. Jadi, dengan mengonsumsi buah ciplukan, kadar gula darah di dalam tubuh bisa lebih terkontrol.

4.Memelihara Kesehatan Tulang

Buah ciplukan juga kaya akan vitamin K. Vitamin ini tak hanya bermanfaat dalam proses pembekuan darah, tetapi juga memiliki peran penting dalam proses metabolisme tulang.

5.Menjaga Kesehatan Mata

Buah ciplukan memiliki kandungan beta karoten dan lutein yang baik untuk kesehatan mata. Seperti diketahui, mengonsumsi makanan yang kaya akan lutein, dipercaya membantu mengurangi risiko terserang kerusakan mata, terutama degenerasi makula, penyakit mata yang paling umum menyebabkan kebutaan. 

Baca juga: 8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

6.Menurunkan Risiko Kanker

Selain serat dan antioksidan, buah ciplukan juga mengandung withanolides dan fenolik, yang dinilai dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan khasiat ini secara langsung bagi manusia.

Itulah beberapa manfaat buah ciplukan bagi kesehatan tubuh. Meski banyak manfaat yang ditawarkan, bukan berarti dengan hanya mengonsumsi buah ini kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut, ya. Tetap saja kamu harus menjaga pola makan sehat bergizi seimbang dan menerapkan gaya hidup sehat lainnya.

Meski tergolong makanan yang sehat, buah ciplukan juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Jadikanlah buah ini sebagai salah satu variasi makanan sehat yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, segera download aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter, ya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Are Golden Berries? Everything You Need to Know.
Organic Facts. Diakses pada 2020. 8 Wonderful Benefits Of Golden Berries.
Livestrong. Diakses pada 2020. The Nutritional Value of Goldenberries.