• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Kenali Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Januari 2022

“Jika kamu punya cuka apel di rumah, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Manfaat cuka apel untuk wajah ini sangat banyak, karena pada dasarnya cuka bisa membunuh bakteri dan kuman yang ada di wajah. Namun, kamu harus menggunakannya dengan hati-hati karena bahan ini tergolong cukup keras.”

Kenali Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Halodoc, Jakarta – Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang punya banyak manfaat. Bahkan manfaat cuka apel untuk wajah juga sangat banyak, sehingga banyak orang yang membelinya untuk mengatasi berbagai masalah kulit

Cuka sari apel atau yang juga dikenal sebagai cider vinegar atau ACV adalah sejenis cuka yang terbuat dari sari apel dan ia memiliki warna yang sedikit pucat. Layaknya jus apel, cuka apel ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Mulai dari pektin, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6, biotin, asam folat, asam pantotenat niasin, dan vitamin C.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat cuka apel untuk wajah, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Berikut ini beberapa manfaat cuka apel untuk wajah yang sayang untuk dilewatkan:

  • Mengatasi Hiperpigmentasi
mengatasi hiperpigmentasi

Jika kamu mengalami hiperpigmentasi atau kondisi kulit belang akibat produk melanin berlebih, maka kamu bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasinya. Ini karena kandungan asam asetat pada cuka apel bisa membantu meratakan warna kulit secara alami.

Kamu bisa menggunakan bahan alami dengan  sangat mudah, yakni dengan mencampurkan saja cuka apel dengan air. Perbandingannya adalah 1:1, dan kamu bisa segera oleskan pada area kulit yang belang dan diamkan saja selama tiga menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini beberapa kali seminggu dan kamu akan melihat sendiri perubahannya.

  • Mengatasi Jerawat
mengatasi jerawat

Sebetulnya semua jenis cuka, termasuk cuka apel bisa membunuh bakteri dan virus.  Beberapa studi juga telah membuktikan bahwa cuka apel bisa menurunkan jumlah bakteri hingga 90 persen, untuk beberapa kasus malah hingga 95 persen.

Oleh karena ini, pengaplikasian cuka apel yang asam ini bisa menghilangkan jerawat. Hebatnya lagi, cuka apel juga bisa mengembalikan pH kulit dan meningkatkan perlindungan kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak akan mudah datang kembali.

Untuk menggunakannya, kamu bisa coba campur cuka apel mentah dengan air ke dalam mangkuk. Setelah itu, coba rendam bola kapas dalam larutan dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Kamu bisa membiarkannya dahulu selama 10 menit dan setelah itu bersihkan dengan air hangat. Kamu bisa mengoleskannya beberapa kali sehari selama beberapa hari untuk merasakan perubahannya. 

  • Mengangkat Sel Kulit Mati
mengangkat sel kulit mati

Jika digunakan dengan rutin, maka kamu bisa mendapatkan kulit yang lembut dan kenyal. Ini karena kandungan asam alfa hidroksilnya bisa mengangkat sel kulit mati dan membuka sel kulit baru yang lebih sehat. Alhasil, kamu bisa mendapatkan tampilan kulit yang cerah dan sehat.

Untuk menggunakannya, kamu bisa tuangkan saja sedikit cuka apel ke dalam bak mandi berisi air hangat. Kamu bisa berendamlah selama 15 hingga 20 menit dan biarkan zat asam pelindung meresap ke dalam kulit. Ini akan menjaga tingkat pH kulit dan akan membantu mengelupaskan kulit mati.

Jika kamu hanya ingin mengeksfoliasi area wajah, kamu bisa menggunakan bola kapas dan membiarkan cuka apel yang dicampur air ini meresap ke dalam wajah, Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat.

  • Mengatasi Kutil
mengatasi kutil

Kutil atau daging tumbuh pada kulit kadang mengganggu, apalagi jika ia tumbuh di sekitar wajah atau leher. Kutil juga ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak. Untungnya cuka apel ini bisa membuat kutil mengelupas dengan sendirinya. Kamu bisa mengoleskan campuran cuka apel dengan air menggunakan bola kapas langsung ke area kutil. Biarkan hingga mengering dan lakukan lebih rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk wajah. Namun, kamu juga bisa cek kebutuhan kesehatan kulit di Halodoc untuk mengatasi setiap permasalahan kulit yang kamu alami. Kamu pun tak perlu lagi keluar rumah dan pesanan bisa tiba kurang dari satu jam ke tempatmu. Praktis bukan? Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Apple Cider Vinegar: For Face, Cleanser, and Spot Treatment.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Apple Cider Vinegar for Face: Benefits and Does It Work?
Men’s Health. Diakses pada 2022. Can Apple Cider Vinegar Really Cure Your Acne? It’s Complicated.